Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Oleh-oleh Semarang yang Wajib Dibawa Pulang

Semarang punya banyak jajanan khas yang cocok untuk kamu bawa pulang. Apalagi rasa makanan khas Semarang terkenal lezat dan punya kualitas baik untuk bahan makanannya. 

Berikut lima rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang dapat dibeli saat mampir ke sana:

Bandeng presto merupakan ikan bandeng yang dipresto hingga lunak sampai ketulang-tulangnya.

Hidangan satu ini sangat nikmat jika disajikan dengan sambal bawang atau sambal goreng dengan nasi hangat. Jika ingin membawa pulang makanan ini, banyak toko yang sudah membungkus ikan dengan rapat melalui teknik vacuum. 

Saat bandeng presto sudah sampai rumah maka cepat-cepatlah untuk memasukannya kedalam kulkas, agar lebih tahan lama.

Bandeng yang dibawa pulang merupakan bandeng yang selesai dipresto dan belum digoreng. Kamu bisa menemui toko bandeng presto yang nikmat di Semarang.

Antara lain Bandeng Bonafide, Bandeng Juwana-Elrina, Bandeng Djoe, Bandeng Hj. Djum. Harga satu ekor bandeng prestro di bandrol mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah, tergantung bobot ikan. 

Lumpia khas Semarang  berbahan dasar rebung, daging ayam, udang ebi dan telur yang di bungkus dengan kulit lumpia.

Di Semarang kamu bisa menemui banyak sekali penjual lumpia yang tersebar di seluruh sudut kota. Tempat penjual lumpia yang terkenal seperti Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mataram, Lumpia Cik Me Me.

Ada pula Lumpia Mbak Lien, Lumpia Pak Sastro, Lumpia 57, Lumpia Sari Rasa, Lumpia Djoe dan masih banyak lagi. Harga rata-rata satu buah lumpia dihargai mulai dari Rp. 15.000.

Wingko sangat terkenal di pantai utara Pulau Jawa. Rasa manis bercampur legit membuat makanan ini selalu menjadi incaran wisatawan yang datang ke Semarang. Jajanan wingko babat sangat cocok untuk menemani minum teh di pagi hari.

Tenang saja di Semarang terdapat banyak produk makanan jenis wingko. Banyak produk makanan ini dari berbagai merek yang bisa kamu temukan.

Jajanan satu ini mirip onde-onde tapi lebih kecil, lembek dan kenyal. Umumnya terdapat taburan wijen di atas mochi khas Semarang. Salah satu merek mochi terkenal di Semarang adalah mochi atau moaci gemini. 

https://travel.kompas.com/read/2019/12/28/080150727/4-oleh-oleh-semarang-yang-wajib-dibawa-pulang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke