Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 Aktivitas Liburan di Singapura dan Pilihan Tempat Wisata

KOMPAS.com - Singapura memang terkenal dengan patung Merlion yang terletak di Taman Merlion. Kepopuleran patung tersebut menjadikannya sebagai sebuah simbol yang khas untuk Singapura.

Dengan begitu, tentu bukanlah sesuatu yang mengherankan jika wisatawan yang berkunjung ke Singapura untuk pertama kali umumnya berfoto dengan patung Merlion.

Akan tetapi ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Singapura selain befoto dengan patung Merlion. Berikut daftar kegiatan liburan dan tempat wisata di Singapura yang telah dirangkum oleh Kompas.com:

1. Menyatu dengan Alam

Berlibur tidak hanya identik dengan mengunjungi tempat-tempat wisata terkini. Kamu juga bisa melakukan perjalanan yang dapat mempersatukanmu dengan alam.

Di Singapura, kamu bisa mengunjungi The Southern Ridges untuk melakukan hal tersebut.

The Southern Ridges adalah sebuah puncak bukit sepanjang 10 kilometer yang dilengkapi dengan jalur kecil dan jembatan yang ditinggikan sehingga membentuk sebuah jaringan jalan tepat di atas kaki langit.

Rute pendakian ini sangat populer di kalangan pengamat burung dan pecinta alam.

Jika kamu berkunjung ke The Southern Ridges, kamu akan mendapat kesempatan untuk melihat sekitar 43 spesies burung yang berbeda.

2. Melihat flora dan fauna lokal

Untuk melihat flora dan fauna lokal milik Singapura, kamu bisa berkunjung ke Pulau Ubin.

Terletak di timur laut Singapura dekat dengan Pulau Tekong, Pulau Ubin merupakan sebuah pulau kecil yang masyarakatnya tidak tersentuh oleh pembangunan kota.

Sehingga saat kamu berkunjung ke sana, kamu masih akan merasakan keasrian alami dari Singapura kuno ini. Untuk mengunjunginya, kamu bisa menggunakan sebuah kapal kecil bernama bumboat dari Changi Point Jetty.

3. Manjakan mata dengan kesenian

National Gallery Singapore, yang tadinya merupakan Gedung Mahkaman Agung dan Balai Kota Singapura, adalah sebuah institusi kesenian visual yang memiliki berbagai jenis kesenian modern dari Singapura dan Asia Tenggara.

Apabila kamu adalah pecinta seni, atau mungkin penggiat seni kreatif, maka National Gallery Singapore merupakan tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

4. Tantang adrenalin saat liburan

Ketika berlibur ke luar negeri, tentunya kamu harus coba melakukan kegiatan anti-mainstream. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Sentosa Island yang memiliki berbagai macam kegiatan luar ruangan yang memacu adrenalin.

Sentosa Island merupakan rumah dari iFly Singapore, sebuah terowongan angin vertikal terbesar di dunia untuk terjun payung. Tidak hanya itu, di Sentosa Island juga terdapat Mega Adventure Park dengan zipline di atas ketinggian 75 meter.

Kamu juga bisa bermain di Bungy Tower AJ Hackett setinggi 47 meter untuk melakukan skywalk vertikal, dan bermain go-kart di Skyline Luge.

Namun jika kamu ingin bersantai, maka kamu bisa mengunjungi Adventure Cove WaterPark untuk bermain perosotan air, mengarungi kolam panjang menggunakan ban besar, bahkan menyelam untuk melihat ikan-ikan tropikal.


5. Berteman dengan warga lokal

Holland Village adalah rumah dari para orang-orang dengan semangat yang tinggi, dan juga berbagai macam bisnis baru. Mulai dari bisnis jilid buku Bynd Artisan di Chip Bee Gardens, hingga para musisi lokal di Wala Wala.

Kamu dapat berjalan-jalan mengelilingi perumahaan tersebut dan mengobrol dengan para masyarakat lokal di sana. Siapa tahu kamu akan mendapatkan banyak cerita yang ditawarkan dari para individual artistik ini.

6. Cicipi kuliner campuran dari berbagai budaya

Singapura memiliki tradisi kuliner yang berfokus pada paduan dan harmoni dari budaya-budaya yang berbeda.

Jika kamu berkunjung ke pusat jajanan setempat seperti Lau Pa Sat dan Amoy Street Food Centre, kamu dapat memperluas pengetahuan kulinermu dengan mencicipi berbagai hidangan yang disajikan.

Untuk Amoy Street Food Centre sendiri, kamu dapat mengunjungi A Noodle Story yang merupakan restoran yang terdaftar dalam daftar Michelin Bib Gourmand.

Jika sebuah restoran masuk dalam daftar Michelin Bib Gourmand, maka restoran tersebut sudah pasti memiliki makanan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.


7. Bermain di tempat wisata keluarga

Bagi para keluarga yang ingin mengekspolor batasan untuk berpetualang, maka Universal Studios Singapore wajib dikunjungi.

Memiliki 24 wahan bertemakan berbagai macam film, Universal Studios Singapore juga terkenal akan kegiatan ramah anak. Dengan begitu, sudah dipastikan pengalaman berkunjung ke Singapura akan sangat menyenangkan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke Singapore Zoo. Sebuah kebun binatang seluar 26 hektar yang memiliki lebih dari 2.800 hewan.

Di Singapore Zoo, kamu bisa mengunjungi beberapa zona seperti Wild Africa, Primate Kingdom, Reptile Garden, dan beberapa zona menarik lainnya seperti Rainforest Kidzworld.

Rainforest Kidzworld merupakan area bermain anak kecil dengan wahana menarik seperti wahana air. Para anak kecil yang berkunjung juga dapat menonton pertunjukan Animal Friends.

Jika kamu ingin kegiatan yang sedikit menantang, kamu juga bisa berpartisipasi dalam Night Safari. Di sana kamu akan berinteraksi dengan lebih dari 2.500 hewan nokturnal dengan mengendarai sebuah trem selama 40 menit.

Ketika berada dalam Night Safari, kamu akan dibawa ke 7 zona geografi seperti Himalayan Foothills dan Indian Subcontinent. Kamu juga akan melihat hewan-hewan yang sedang terancam punah seperti gajah Asia dan harimau Malaya.

8. Berburu harta karun di Kampong Glam

Jika kamu ingin mendapatkan beberapa barang menarik dan unik, maka kamu perlu mengunjungi Kampong Glam.

Kampong Glam merupakan sebuah distrik perpaduan dari warisan Melayu dan beberapa perusahaan baru yang tentunya inovatif. Salah satunya adalah Haji Lane.

Apabila kamu mengunjungi Haji Lane, maka kamu akan menemukan banyak butik yang menjual barang-barang tradisional seperti karpet Persia dan kebaya.

9. Berjalan-jalan di Gardens by the Bay

Kamu bisa menghabiskan waktumu di siang hari dengan berjalan-jalan di Gardens by the Bay.
Pemandangan yang ditawarkan oleh taman alami ini sangat unik dan berbeda dari yang lain. Sebab, kamu akan dikelilingi oleh pohon raksasa yang terlihat futuristik yang tersebar di seluruh tempat di taman tersebut.

Kamu juga bisa berjalan melewati konservatori yang telah didinginkan dan rumah kaca yang di dalamnya terdapat berbagai macam tumbuhan. Beberapa di antaranya merupakan tumbuhan langka.

Jika kamu merasa lapar, kamu bisa mengunjungi Supertree Dining untuk makan siang.

Apabila kamu khawatir akan kehalalan makanan yang disajikan, kamu tidak perlu takut. Sebab, mereka memiliki Texas Chicken bersertifikasi halal.

Selain itu, mereka juga memiliki Hill Street Coffee Shop yang memiliki roti bakar andalan yang dilapisi oleh kaya. Kaya adalah sebuah selai tradisional yang dibuat dari kelapa dan telur.

Di sana juga terdapat Oriental Western and Bistro, sebuah rumah makan keluarga yang menghidangkan makanan fusion.

10. Kunjungi Bay Area untuk melihat matahari tenggelam

Kamu dapat berkunjung ke Marina Bay Sands yang memiliki beberapa restoran yang dimiliki oleh chef terkenal. Jika kamu bingung, kamu bisa coba kunjungi RISE, sebuah restoran buffet yang menawarkan berbagai macam makanan internasional.

Setelah perut penuh, kamu bisa berjalan-jalan di Merlion Park dan berfoto bersama patung Merlion.

11. Melihat Singapura dari ketinggian

Meliat seluruh Singapura dari Singapore Flyer merupakan sebuah pengalaman yang menarik.

Kamu bisa mengajak seluruh keluargamu untuk naik wahana kincir setinggi 165 meter tersebut untuk melihat pemandangan Singapura seluas 360 derajat. Bahkan, kamu bisa melihat sebagian Malaysia dan Indonesia jika langit sedang cerah.

12. Cicipi makanan Eropa kekinian

Jika kamu berkunjung ke PS.Cafe, kamu bisa mencicipi berbagai macam makanan Eropa kekinian yang telah diberi sedikit racikan khas Asia.

Outlet The Dempsey memiliki sebuah halaman luar ruangan dan taman yang dapat digunakan sebagai tempat bermain untuk anak-anak.

Sembari membiarkan anak-anak bermain, kamu bisa mencicipi makanan seperti steak sandwich dan Tiger Beer-battered Fish And Chips. Namun, kamu juga harus mencoba kue puding andalan milik PS.Cafe.

13. Berbelanja di Orchard Road

Orchard Road terkenal memiliki banyak sekali mall seperti Paragon dan Forum. Bagi para orang dewasa, mereka dapat berbelanja di Banana Republik dan Calvin Klein Platinum.

Sementara bagi anak-anak, mereka dapat bermain di berbagai tempat anak yang ada dalam kedua mall tersebut.

Orchard Road juga memiliki berbagai macam pilihan tempat makan seperti Swensen (ION Orchard), OverEasy (Liat Towers), Tony Roma’s (Orchard Central), dan sebuah restoran China Din Tai Fung (Paragon).

Seluruh restoran tersebut merupakan restoran keluarga yang menghidangkan makanan seperti ayam goreng, burger, dan sup pangsit.

Kamu juga bisa mencicipi es krim sandwich yang dijual oleh para pedagang es krim di sepanjang jalan Orchard Road.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/28/090600227/13-aktivitas-liburan-di-singapura-dan-pilihan-tempat-wisata

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke