Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hewan Favorit Pengunjung Kebun Binatang Ragunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata. Di Jakarta, tempat wisata yang ramai pengunjung saat musim libur adalah Kebun Binatang Ragunan.

Biasanya, pengunjung kebun binatang yang ramai dengan wisatawan keluarga punya hewan favorit masing-masing. 

“Penangkaran gorilla paling favorit. Kemudian ada penangkaran gajah. (Penangkaran) jerapah juga sangat ramai. Biasanya orang Indonesia (yang berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan) lebih senang melihat hewan yang besar,” kata Staf Pelayanan Informasi, Wahyudi Bambang yang akrab disapa Bambang, ketika ditemui Kompas.com di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Berbeda dengan para wisatawan asing, mereka cenderung lebih senang melihat hewan-hewan unik seperti komodo. Sementara wisatawan lokal terlihat kurang tertarik dengan komodo.

Bambang mengatakan bahwa hal tersebut mungkin karena komodo terlihat seperti hewan yang biasa orang Indonesia lihat di kehidupan sehari-hari seperti kadal dan biawak.

Menurut Bambang, penangkaran komodo dan orangutan cenderung lebih sering diramaikan oleh wisatawan asing ketimbang wisatawan lokal.

“Biasanya wisatawan lokal lebih memilih berkunjung ke penangkaran hewan besar karena (hal tersebut) akan memudahkan untuk selfie. Hewannya pasti kelihatan, berbeda dengan hewan kecil. Makanya kurang diminati,” kata Bambang.

Dengan demikian, maka tidak heran jika terdapat beberapa penangkaran hewan yang terlihat sepi pengunjung.

Bambang mengatakan bahwa dari pihak kebun binatang sendiri sebenarnya sudah ada upaya untuk mengajak pengunjung melihat penangkaran hewan lain yang masih sepi.

Salah satunya adalah dengan mengadakan atraksi pemberian makanan. Akan tetapi, hal tersebut ternyata masih kurang untuk menarik minat pengunjung.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/28/130800427/hewan-favorit-pengunjung-kebun-binatang-ragunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke