Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Orangtua, Jangan Sibuk dengan Gadget Saat di Kebun Binatang Ragunan!

Salah satunya adalah Taman Margasatwa Ragunan atau kerap dikenal sebagai Kebun Binatang Ragunan yang berlokasi di Jakarta Selatan. Biasanya pada musim liburan, banyak orangtua yang berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan bersama anak-anak.

Saat musim liburan, Kebun Binatang Ragunan dipadati pengunjung. Saking ramainya, kerap kali terjadi laporan kehilangan anak.

Sebagai gambaran, pada hari Natal tahun 2019, layanan informasi Ragunan menerima empat laporan anak yang terpisah dari rombongan. Sementara pada H+1 Natal yaitu Kamis (26/12/2019), terdapat tiga anak yang terpisah.

“Biasanya laporan anak yang terpisah dari rombongan selalu masuk sekitar pukul 11.00 – 14.00 WIB,” kata Staf Pelayanan Informasi, Wahyudi Bambang, ketika ditemui Kompas.com di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Berdasarkan pengalaman terdahulu, Bambang menuturkan bahwa laporan anak yang terpisah dari rombongan ramai terjadi pada saat hari libur nasional seperti perayaan lebaran, Natal, tahun baru, dan libur sekolah.

Bambang membagikan beberapa tips agar anak selalu aman dan tidak terpisah selama bertamasya ke Kebun Binatang Ragunan.

Tidak sibuk dengan gadget

Bambang mengimbau orangtua untuk tidak sibuk dengan gadget selama berada di Kebun Binatang Ragunan.

“Gadget terkadang membuat lalai. Terlebih saat di keramaian. Karena biasanya orangtua terpisah dengan anaknya karena mereka asyik main gadget sendiri,” kata Bambang.

Berdasarkan pengamatan Bambang, saat anak dilepas untuk bermain sendiri, biasanya orangtua akan beralih ke gadget sehingga mereka tidak memantau anak.

“Biasanya anak-anak usia 5–9 tahun. Mereka cukup aktif sehingga mereka ingin tahu apa saja (yang terdapat di Kebun Binatang Ragunan). Jadi kalau bisa orangtua jangan asyik sendiri,” kata Bambang.

Bambang mengatakan banyak orangtua yang terpisah dengan anaknya malah menyalahkan pihak anak. Menurutnya, anak tidak bisa disalahkan sepenuhnya jika dari awal orangtua selalu memperhatikan keberadaan mereka dan tidak lalai.

Bambang juga menyarankan meski orangtua membawa penjaga anak atau bersama dengan rombongan, mereka tetap harus saling menjaga.

“Tetap perhatikan posisi anak di mana. Kalau perlu selalu diikuti. Terlebih ketika kondisi ramai, anak terkadang bingung mana orangtuanya dan mana yang bukan,” kata Bambang.

Bambang menambahkan bahwa terkadang anak yang terpisah dari orang tuanya karena mereka dilepas dan secara tidak sengaja berjalan dengan rombongan lain. Dengan begitu, mereka terbawa dengan sendirinya dan hilang dari pandangan orang tua.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/29/091200727/orangtua-jangan-sibuk-dengan-gadget-saat-di-kebun-binatang-ragunan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke