Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Bakar Ikan dengan Mudah untuk Pesta Barbeque Tahun Baru

Terkadang proses pembakaran daging saat pesta barbeque menemui kendala. Mulai dari rasa yang tidak nikmat hingga prosesnya yang terlalu lama hingga menyebabkan daging menjadi gosong.

Kompas.com berkunjung ke Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (18/12/2019). 

Idris Marsuki yang berbisnis bakar ikan ini di Pasar Ikan Muara Baru Sejak 1992 memberi tips membakar ikan ala tanah kelahirannya Bugis, Sulawesi Selatan.

"Paling utama sih kalau kita bakar ikan itu gak boleh lebih dari 10-15 menitan lah. Kalau kelamaan itu ya ikan pertama jadi gosong, terus rasanya juga tidak nikmat sama sekali," kata Idris kepada Kompas.com.

Berikut tips membakar ikan dari penyedia jasa bakar-bakar di food court Pasar Ikan Modern Muara Baru:

1. Bolak-balik daging ikan sebanyak empat kali selama proses pemanggangan

Tips pertama dari Idris adalah selama memanggang kita perlu membolak-balikkan panggangan yang berisi daging ikan sebanyak empat kali.

Tahapan bolak-balik yang pertama yaitu bertujuan untuk melihat kematangan pada separuh daging.

"Kira-kira separuh udah mateng belum nih. Nah baru dibalik. Jadi perhitungannya matang separuh kita balik, lalu tungguin aja," kata Idris kepada Kompas.com.

Lanjutnya, memanggang ikan tidak perlu membolak-balik terlalu banyak karena jika separuh daging sudah matang, separuhnya lagi bisa dipastikan juga akan matang.

2. Masukkan bumbu

Usai tahapan bolak-balik panggangan, langkah berikutnya adalah memasukkan bumbu pada daging ikan.

Idris biasanya menggunakan bumbu kuning pada ikan yang dibakarnya.

"Kalau kami di sini pakai bumbu kuning itu sudah khas banget buat ikan bakar. Ini akan membuat ikan lebih gurih dan berwarna. Tinggal olesin aja," jelasnya.

Idris mengatakan bumbu kuning ini didapat dari berbagai bumbu dapur seperti bawang merah dan putih, kunyit, kemiri, jahe, lengkuas, merica, dan garam.

"Olesin saja ke semua badan ikan, dalamnya juga jangan lupa. Terus kita bakar kedua sisinya hingga matang, nanti rasa akan gurih. Sedap banget pokoknya. Nanti biasanya ditambahin jeruk nipis biar segar, kalau mau pedas tinggal tambah cabe merah," ujarnya.

3. Keringkan daging yang sudah dibakar

Proses akhir adalah mengeringkan daging ikan yang sudah dibakar. Ikan yang sudah dibolak-balik, dibumbui, dan dibalik kembali biasanya dikeringkan atau diangin-anginkan agar meresap semua bumbunya.

4. Beli arang dengan kualitas baik

Perlu diperhatikan, dalam proses memanggang atau membakar ikan, waktu yang diperlukan biasanya sekitar 10 hingga 15 menit. Hal ini untuk mencegah ikan menjadi gosong.

Namun menurut Idris hal ini tergantung dengan bara apinya.

"Ya kalau bara api bagus mah 10-15 menit sudah matang ikannya. Lebih lama karena kita pakai bumbu. Kalau tidak pakai bumbu mungkin kalau saya bisa dua kali balik sudah matang. Lebih lama karena kita ingin meresap itu bumbunya," tambahnya.

Selain itu, menurut Idris ikan yang cocok untuk dibakar ketika malam tahun baru adalah ikan bawal, ikan kue, ikan baronang, ikan kakap.

Namun, ia juga tak memungkiri bahwa banyak ikan dengan harga terjangkau dapat menjadi pilihan bakar-bakar.

"Kayak ikan kaci-kaci, itu kan kayak semacam kakap, tapi itu murah. Di bawah ini mungkin sekitaran Rp 30.000 paling tinggi, kalau masih sekarang ya, mungkin pas mau tahun baru itu bisa Rp 50.000. Itu ikan warnanya abu-abu. Terus juga ikan pecak kulit, nah itu juga mau diapain aja enak, mau digoreng, mau dibumbuin sambel, mantap," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/31/080600127/tips-bakar-ikan-dengan-mudah-untuk-pesta-barbeque-tahun-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke