Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Tahun Baru, Nonton Pagelaran Wayang Kulit di TMII

Jadi, apabila kamu tidak bisa datang ke TMII untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit ini, kamu tidak perlu khawatir.

Pagelaran wayang kulit tersebut bercerita tentang "Bedah Lokapala". Kamu bisa menyaksikannya secara langsung melalui akun YouTube resmi milik Anjungan Jawa Timur dengan nama akun yang sama.

Pagelaran wayang tersebut dibawakan oleh dalang Ki Putut Puji Agusseno. Berdasarkan pantauan Kompas.com, pagelaran tersebut tidak hanya disaksikan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Salah satu pengunjung bernama Octavio sengaja membawa seluruh keluarga untuk melihat pertunjukan wayang tersebut. Pasalnya, sebagai orang Jawa Timur asli, dia merasa harus melihat pertunjukan tersebut.

"Saya datang bersama keluarga dan juga bawa anak-anak untuk mengedukasi mereka soal kesenian wayang kulit," kata Octavio saat ditemui Kompas.com di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (31/12/2019).

Octavio mengatakan bahwa selain menonton pertunjukan wayang kulit untuk mengedukasi anak-anak, tetapi juga sebagai bentuk rasa cintanya terhadap kesenian tersebut.

Pagelaran wayang kulit merupakan sebuah kesenian yang dapat dinikmati oleh semua umur. Tidak hanya sebagai sebuah kesenian semata, tetapi juga sebagai suatu hiburan tersendiri dengan berbagai macam cerita yang dipertontonkan melalui setiap wayang kulit yang digunakan.

Oleh karena itu, pagelaran wayang kulit juga dijadikan sebagai hiburan pengisi waktu luang di kala pengunjung TMII sedang menunggu pesta kembang api dimulai di Danau Arsipel Indonesia pukul 24:00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/31/215823427/jelang-tahun-baru-nonton-pagelaran-wayang-kulit-di-tmii

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke