Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Mi Instan Terenak pada 2019, Salah Satunya Indomie Goreng


KOMPAS.com — Pada pengujung 2019, situs The Ramen Rater kembali mengeluarkan daftar 10 mi instan terenak sepanjang tahun 2019.

Pendiri website The Ramen Rater, Hans Lienesch, mengunggah tulisan dan video di kanal YouTube miliknya mengenai 10 mi instan paling top itu.

Hans Lienesch mengaku sebagai seseorang yang sangat mencintai mi instan. Ia telah mencicipi ratusan mi instan. Mi tersebut ia dapat dari orang-orang dan beberapa perusahaan besar mi instan yang mengirimkannya secara pribadi.

Pada tahun 2012 saja, Lienesch telah mengulas 715 jenis mi instan dari seluruh dunia.

Di situsnya, ia menulis Your Guide To The World Of Instan Noodles (Panduan Mi Instan Dunia). Berikut daftar mi instan ternikmat pada 2019 menurut The Ramen Rater:

1. Prima Taste Singapore Wholegrain Laksa La Mian, Singapura


Selama empat tahun berturut-turut, Prima Taste Singapore Wholegrain Laksa La Mian dari Singapura berada di urutan teratas daftar mi instan terenak. Mi yang berbahan dasar gandum ini disebutkan Lienesch memiliki rasa yang kuat dan sangat kaya.

Mi kari ini dilengkapi dengan bumbu yang tidak pelit. Terdapat satu kemasan besar dari bubuk santan dan saus kari yang melimpah. Kuah dari mi ini sangat kental sehingga akan membuat penikmatnya ketagihan.

Mi ini merupakan mi dengan kaldu rasa udang yang sedikit pedas, ditambah dengan rasa manis.

Red Chef Spicy Sakura Prawn Soup Noodles dilengkapi dengan bawang goreng yang renyah dan menambah rasa gurih. Tekstur dari mi juga tebal dan tidak terlalu lembek.

Hans menyarankan untuk menambahkan udang, telur rebus, dan taoge untuk pendamping makan mi. Rasa daging udang akan menyatu dengan kaldu yang terbuat dari udang pula. Jika kamu pencinta udang, wajib mencoba mi instan ini.


3. Liang Cheng Mei Biang Biang Men, China

Liang Cheng Mei Biang Biang Men merupakan mi instan vegetarian dari China yang memiliki ukuran mi lebar dan tidak begitu panjang. Lienesch menyatakan bahwa rasa dari saus tersebut sangat nikmat. Namun, saus tersebut bukan berasal dari bahan makanan hewani, melainkan protein dari sayur-sayuran serta kedelai.

Selain bumbu, mi instan ini juga dilengkapi dengan daging buatan yang terbuat dari sayuran. Tekstur daging buatan menyerupai tekstur daging ayam yang berserat tinggi.

Mi dibungkus dengan kardus boks dan terdapat daging sapi asli di dalamnya. Tekstur mi juga lebar dengan pinggiran yang sedikit keriting.

Sup kaya dengan rasa daging sapi yang kuat dan sedikit lada Sichuan. Terdapat variasi atau edisi unik yang dikeluarkan oleh mi instan ini. Jika memasuki Tahun Baru Imlek, daging sapi biasa akan digantikan dengan daging wagyu asli.

A-Sha Gourmet Braised Beef Noodle Soup yang ada daging wagyu dihargai sebesar 15 dollar AS. Harga tersebut setara dengan Rp 209.000 untuk semangkuk mi instan.


5. CarJEN Nyonya Curry Laksa, Malaysia


Mi instan berikutnya berasal dari negeri jiran Malaysia. Tekstur dari CarJEN Nyonya Curry Laksa lumayan tebal dan tidak begitu kenyal. Mi ini merupakan mi instan kari yang kaya rasa.

Kamu juga akan mendapatkan bumbu kari dan santan yang akan membaur bersama dalam kaldu.

Dalam semangkuk CarJEN Nyonya Curry Laksa juga terdapat udang yang akan membuat rasa dari mi tambah nikmat. Penikmatnya juga bisa menambahkan bahan-bahan pelengkap lainnya, seperti tahu goreng dan taoge.


6. Prima Taste Singapore Curry Wholegrain La Mian, Singapura


Mi instan asal Singapura ini memiliki tekstur yang tebal dan kenyal. Rasa dari Prima Taste Singapore Curry Wholegrain La Mian menonjolkan rasa otentik dari kaldunya.

Cita rasa dari bumbu dan kaldu akan terasa sangat kuat. Kaldu berasal dari satu sachet besar pasta kari dan bubuk santan yang banyak. Rasa kari yang sedikit pedas dan berpadu dari gurihnya santan akan menohok lidah penikmat mi instan satu ini.

Rasa gandum yang menjadi bahan baku utama dari mi ini sangat terasa. Mi yang satu ini sudah menduduki posisinya sejak lima tahun terakhir.

Mi ini memiliki rasa pedas yang pas, rasa dari Kaeng khiao wan (green curry) dan tomyum.

Kaeng khiao wan atau green curry merupakan hidangan khas dari Thailand bagian tengah. Hidangan ini berbahan dasar santan, bumbu kari hijau, gula aren, kecap ikan, daun jeruk purut, dan kemangi.

8. Mom’s Dry Noodle Dan Dan Noodle, Taiwan

Mi ramen instan yang satu ini pernah masuk daftar mi ramen instan terbaik sebelumnya. Mi instan ini merupakan mi kering yang dijemur di bawah terik matahari. Rasa dari mi ini juga beraneka macam.

Rasa manis, pedas, dan gurih tersajikan pada semangkuk mi instan ini. Mi goreng menyimpan saus khas Taiwan di dalamnya. Kamu dapat menemukan bawang putih goreng dan biji merica khas Sichuan.

Dengan rasa yang kuat tersebut menjadikan mi instan goreng dari Taiwan ini masuk daftar mi instan ramen yang nikmat.


9. Sau Tao Tom Yum Kung Flavour Ramen, Hong Kong

Awalnya Lienesch tidak menyangka jika mi instan tom yum dari Hong Kong ini memiliki rasa yang nikmat di lidah. Ia mengatakan, rasa dari mi instan tom yum sangat pas dengan rasa kuah yang segar dari serai.

Tekstur minya juga tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal sehingga sangat pas. Rasa asam dari lemon juga terasa pada hidangan satu ini. Ia menyarankan untuk menghidangkan panas-panas.

Kaldu mi memiliki rasa asam, pedas, dan padat dipadukan dengan udang agar menambah cita rasa.

Ia menjelaskan, dalam semangkuk Indomie Real Meat Mi Instan Goreng Rendang terdapat rasa pedas, manis, dan mengandung rasa rendang yang kuat. Ia terpukau dengan mi yang memiliki daging rendang asli walau sudah dikemas menjadi makanan instan.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/05/213100327/10-mi-instan-terenak-pada-2019-salah-satunya-indomie-goreng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke