Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna yang Wajib Dikunjungi

Kendati wisata bahari yang menyuguhkan berbagai pantai cantik jadi kekuatan utama Kepulauan Natuna, daerah tersebut ternyata memiliki sejumlah tempat wisata lain yang menarik.

Dilansir situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, berikut ini tempat wisata di Natuna yang wajib kamu kunjungi.

Masjid ini terletak di Ranai, ibukota Natuna. Sekilas, kamu pasti akan merasa bahwa masjid ini punya kemiripan dengan Taj Mahal di India.

Didominasi warna hijau dan kuning telur, masjid ini punya empat menara dengan ketinggian masing-masing 17 meter. Selain itu, desain masjid ini juga cukup unik dengan adanya lubang angin yang membuat suhu udara tetap sejuk.

Pintu masuk ke masjid ini cukup besar, dibelah dengan taman dan sungai sepanjang 1,2 km.

2. Batu Madu

Terletak di desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, Batu Madu bisa ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Ranai yang merupakan ibukota Kabupaten Natuna.

Batu Madu memiliki pemandangan pantai yang indah dengan banyak pulau kecil yang terdiri dari bebatuan granit besar.

Lebih enak jika berkunjung ke Batu Madu kala air laut sedang surut. Pasalnya, kamu akan bisa melihat hamparan pantai yang luas juga bebatuan granit yang terlihat jelas.

Di tempat wisata ini, dilengkapi juga dengan berbagai warung yang menyediakan makanan khas Natuna, toilet, area parkir, serta tempat penyewaan berbagai macam wahana permainan air.

Tidak itu saja, airnya juga jernih dan perairan yang tenang bisa jadi tempat yang cocok untuk melakukan banyak aktivitas mulai dari berenang, snorkeling, dan lain-lain.

Jarak Pantai Cemaga dari Ranai adalah sekitar 23km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sayangnya, tidak ada penginapan yang tersedia di pantai ini sehingga bagi kamu yang ingin menginap harus tinggal di rumah warga sekitar.

Selain itu, tidak ada juga restoran tersedia sehingga lebih baik kamu membawa bekal makanan.

Tanjung Datuk terletak sekitar 60km atau satu jam waktu tempuh dari Ranai. Untuk mencapai tempat ini, kamu perlu melewati medan yang cukup terjal.

Setelah sampai di area parkir, kamu bisa menelusuri jalanan ke bawah untuk menuju pantai pasir putih.

Nantinya, kamu akan bisa menemukan deburan ombak yang menghantam tebing, juga kolam-kolam kecil yang terbentuk akibat kikisan deburan ombak.

Nama Tanjung Datuk berasal dari adanya susunan batu yang cukup aneh. Menurut masyarakat sekitar, susunan batu tersebut menyerupai wajah manusia yang sedang menggunakan tanjak atau topi khas Melayu.

Maka dari itu mereka menyebutnya Tanjung Datuk.

Selain itu, terdapat juga sebuah gua yang terbentuk dari susunan acak dari bebatuan yang terhampar di sana.

Tak itu saja, kamu juga bisa berjalan-jalan dan duduk di bagian atas batu granit.

Pemeliharaan tempat wisata ini juga sudah cukup baik. Karena kamu bisa menggunakan beberapa rangkaian jembatan kayu di antara batuan.

Kamu bisa berjalan dari satu batu ke batu yang lainnya. Bersantai sambil menikmati matahari terbenam bisa jadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Pulau Senua punya banyak atraksi yang menarik dan wajib kamu coba. Mulai dari pantai pasir putih, batuan granit raksasa, gua, dan terumbu karang indah.

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari berenang, snorkeling, memancing, bermain bola di pantai, hiking, dan penelusuran gua bisa kamu lakukan di sini.

Tak itu saja, Senua juga jadi salah satu habitat Kekah, primata langka yang hanya ada di Kabupaten Natuna.

8. Wisata Mangrove Semitan

Selain pantai dan batu granit, Natuna juga memiliki kawasan wisata hutan bakau yang indah.

Terletak di muara Sungai Semitan, kawasan mangrove ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini.

Mulai dari menyusuri sungai dengan perahu, menikmati hutan bakau, dan melihat aneka ragam fauna yang tampak di sepanjang kawasan hutan mangrove ini.

Kamu juga bisa mengunjungi Kampong Lama Semitan yang menawarkan beragam kekayaan budaya dan kuliner tradisional serta mencoba menginap di rumah warga lokal.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/06/073000127/8-tempat-wisata-di-kepulauan-natuna-yang-wajib-dikunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke