Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Weekend di Jogja, 1 Hari Sekitar Keraton Yogyakarta

KOMPAS.com - Yogyakarta, kota yang tidak pernah lelah menyajikan beragam tempat wisata bagi pelancong. Tak pelak ia menjadi tujuan weekend getaway demi menghilangkan penat.

Waktu liburan terbatas bukan penghalang menikmati destinasi di Kota Gudeg. Berikut inspirasi itinerary weekend di Jogja, seharian keliling di sekitar Keraton Yogyakarta.

Keduanya mempunyai konsep berbeda. Sante Commune, hostel instagenic cocok buat backpacker milenial.

“Sante Commune mengusung konsep desain interior industrial dengan sedikit aksen chic,” jelas Mariza Melia co-owner Sante Commune saat dihubungi Kompas.com, Kamis (09/01/2020).

Tarif per malam mulai dari Rp90.000 untuk tipe dorm. Tersedia pula private room dengan kipas angin Rp220.000, untuk kamar ber-AC budget Rp 260.000.

Harga yang dibayarkan sudah termasuk sarapan jajanan pasar.

Sante Commune berlokasi di Jalan Nyai Ahmad Dahlan Nomor 17, Ngampilan. Sekitar 15 menit berjalan kaki dari Keraton Yogyakarta.

Bila menghabiskan weekend bersama keluarga atau pasangan, Omah Gerjen 29 adalah pilihan tepat. Mengusung konsep homestay, Omah Gerjen 29 punya atmosfer layaknya rumah nenek.

Tarif per malam mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 325.000, untuk musim liburan tarifnya tidak sampai Rp 600.000. Biaya sudah termasuk sarapan dengan menu yang dapat diminta kepada pengelola.

Omah Gerjen 29 beralamat di Jalan Nyai Ahmad Dahlan Nomor 29, Ngampilan. Cukup jalan kaki kira-kira 10 menit menuju Keraton Yogyakarta.

Itinerary weekend di Yogyakarta lebih afdal bila berkunjung ke keraton. Inilah tempat untuk menelusuri sejarah Kraton Jogja yang berjalan hingga kini.

Terdapat artefak, benda pusaka, kendaraan tradisional, dan berbagai aset tak ternilai harganya. Pertunjukan gamelan, wayang, dan tari pun dapat disaksikan di sini.

Tiket masuk Kraton Jogja bagian depan Rp5.000, izin memotret Rp2.000. Sedangkan bagian belakang Rp7.500 dan izin memotret Rp1.000. Untuk wisatawan mancanegara tarif masuk Rp15.000.

Keraton Yogyakarta buka Selasa-Minggu pukul 08.30-15.00 WIB. Terhitung mulai 13 Januari 2020, setiap Senin keraton tutup untuk kunjungan wisata.

Kamu akan menemukan banyak penjual gudeg di Yogyakarta, salah satunya Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Berlokasi di Jalan Wijilan Nomor 167, Panembahan. Kurang lebih 10 menit jalan kaki dari Keraton Yogyakarta.

Cukup merogoh kocek mulai dari Rp15.000, kamu dapat menjajal nasi, gudeg, sambal krecek, dan telur.

Membawa gudeg untuk oleh-oleh pun bisa, harganya mulai Rp 65.000 untuk kemasan besek dan kendil. Sedangkan gudeg kaleng mulai dari Rp 40.000.

Lepas dahaga di Es Buah Gerjen

Menghalau panas Yogyakarta, kamu dapat mencicip Es Buah Gerjen yang berada di Jalan Nyai Ahmad Dahlan. Kurang lebih 10 menit berjalan kaki dari Keraton Yogyakarta.

Cukup membayar Rp8.000, kamu dapat menikmati semangkuk es serut berisi kelapa muda, kolang-kaling, cincau, sawo, tape singkong, nangka, melon, dan alpukat.

Kampung Kauman

Masukkan juga Kampung Kauman ke dalam itinerary weekend di Yogyakarta. Tempat wisata di Jogja ini berada sekitar 5 menit berjalan kaki dari Es Buah Gerjen.

Atau bila kamu berada di kawasan 0 Kilometer, arahkan kaki menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan. Sekitar 500 meter, kamu akan menemukan gapura Kampung Kauman di sebelah kiri jalan.

Rumah lawas nan indah dapat kamu lihat di sepanjang Kampung Kauman. Berlakukan sopan dan sapa warga setempat, apalagi kalau hendak berfoto di depan rumah warga.

Kemudian, kamu bisa singgah juga ke Masjid Gedhe. Berfoto-foto boleh saja, asal tak mengganggu kegiatan ibadah dan taati aturan di sini.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/09/154236127/itinerary-weekend-di-jogja-1-hari-sekitar-keraton-yogyakarta

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+