Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat untuk Lihat Aurora Borealis seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

KOMPAS.com - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memamerkan foto liburannya di Islandia lewat Instagram. Pasangan selebriti ini berpose di bawah naungan cahaya utara atau Aurora Borelais, Kamis (9/1/2020). 

Tidak hanya di Islandia bisa melihat langsung pemandangan Aurora Borealis tidak. Dilansir dari Thrifty Nomads berikut adalah delapan tempat untuk melihat keindahan Aurora Borealis: 

Alaska adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menonton Aurora Borealis. Disini cuaca dingin, langit yang jernih, dan malam yang gelap membuat kondisi optimal untuk melihat Aurora Borealis langsung.

Kamu bahkan bisa menonton aurora dekat aliran gletser. Selain Aurora Borealis, Alaska juga terkenal dengan serangkaian kehidupan alam liar yang luar biasa. Di sana terdapat grizzly bear, moose, elang dan serangkaian es gunung yang memukau. 

Hampir seluruh Alaska adalah tempat terbaik untuk menonton Aurora Borealis. Pengunjung yang terbatas waktunya bisa melakukan perjalanan dari Vancouver.

Malam-malam musim dingin adalah waktu yang tepat karena durasi malam hari yang lebih panjang, tapi sepanjang malam biasa.

2. Kanada Utara

Kanada utara adalah tempat apik untuk mereka yang mencari suasana tenang sembari melihat Aurora Borealis.

Banyak penduduk Kanada Utara menyaksikan Aurora Borealis setiap hari. Daerah utara Kanada adalah spot yang terbaik.

Terlebih Yukon, Northwest territories dan Nunavut (walaupun ada lebih sedikit atraksi aurora. Akhir Agustus sampai pertengahan April adalah waktu yang tepat untuk melihat aurora.

Semua sudut Islandia menawarkan spot yang menarik. Beberapa pilihan tempat untuk melihat Aurora Borealis terbaik di Islandia adalah Seltjarnarnes di Reykjavik, Vik, L'atrabjarg/westfjords, Eldborgahraun, Djupavik.

Awal September sampai akhir April adalah waktu yang tepat untuk melihat Aurora Borealis di Islandia.

4. Norwegia

Terkenal dengan desa-desa nelayannya yang memiliki suasana hangat dan cerah, Norwegia juga menyimpan pemandangan Teluk Fjord yang mengagumkan.

Terletak di bagian bumi bagian atas, Norwegia merupakan tempat yang lebih nyaman untuk mengejar Aurora Borealis.

Di negara ini pengunjungnya bisa sangat mudah menemukan cayaha Aurora Borealis yang beragam.

Ada banyak spot yang ditawarkan di sini tetapi beberapa yang bagus termasuk Svalbard, Tromso, Kepulauan Lofoten, Harstad, Bodo, Alta, Andoya, dan Lakselv. Waktu yang tepat untuk melihat autora di bulan Oktober hingga Maret.

5. Finlandia

Di bagian utara Finlandia akan dihiasi Aurora Borealis yang bersinar hampir setiap malam dari September hingga Maret. Tempat tersebut akan menjadi spot terbaik untuk menyaksikan aurora.

Namun berhati-hatilah, karena suhu bisa menjadi sangat dingin. Solusinya adalah, menginap di Rumah Iglo kaca yang dibuat khusus. Hal ini memungkinkan untuk melihat aurora secara langsung dari kenyamanan tempat tidur yang hangat.

Kamu bisa melihat aurora di ujung utara negara Firlandia, seperti Kakslauttanen. Tempat ini populer dengan Rumah Iglo kaca cantik. Bulan September hingga Maret adalah waktu yang cocok untuk menyaksikan aurora di sana.

6. Rusia

Sebagian besar daerah di Rusia terletak di dalam Lingkaran Arktik. Menjadikan benua besar ini tambang emas bagi orang yang ingin melihat Aurora Borealis.

Semenanjung Kola adalah lokasi utama, dengan kota Murmansk menjadi pusat wisatawan yang ingin melihat Aurora Borealis.

Wilayah lain dari Rusia yang cocok untuk melihat Aurora Borealis adalah Murmansk, Arkhangelsk, Petrozavodsk.  Semuanya dapat diakses dari St. Petersburg. 

Waktu terbaik melihat aurora adalah September hingga Maret. Pada Januari dan Desember juga bisa melihat aurora, karena tidak adanya matahari selama 6 minggu di beberapa daerah utara.


7. Swedia

Berkat efek dari Gulf Stream, suhu Swedia tidak terlalu dingin dibandingkan dengan daerah menonton Aurora Borealis populer lainnya seperti Kanada dan Rusia.

Tempat ini juga mudah diakses oleh penerbangan di seluruh Eropa, menjadikannya perhentian yang layak pada setiap perjalanan di Eropa.

Tempat terbaik menemukan aurora biasanya dari perbatasan utara dengan Norwegia ke Jokkmokk. Beberapa tempat termasuk Abisko, Tärendö, Jukkasjärvi, dan Taman Nasional Farnebofjarden (hanya 140 kilometer dari Stockholm).

Kamu bisa menyaksikan Aurora Borealsi di bulan September hingga akhir Maret.

Untuk menuju Greenland dapat diakses melalui pesawat dan kapal. Di Greenland kamu bisa menyaksikan pemandangangGunung esnya dan Aurora Bborealis yang berpadu dengan apik.

Tempat yang tepat untuk melihat Aurora Borealis adalah di Ilulissat atau Nuuk. Di sana banyak tur aurora yang unik. Waktu terbaik melihat Auora Borealis di Greendlans adalah Agustus tengah sampai akhir april. 

https://travel.kompas.com/read/2020/01/09/184051127/8-tempat-untuk-lihat-aurora-borealis-seperti-raffi-ahmad-dan-nagita-slavina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke