Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lakukan Ini, 10 Hal yang Bisa Menyinggung Orang di Luar Negeri

Jangan sampai kamu melakukan hal yang menyinggung orang lokal di tempatmu berwisata.

Mulai dari gestur tangan sederhana hingga cara minum, kamu bisa menyinggung orang lokal.

Dilansir laman Smarter Travel, berikut 10 hal yang harus kamu perhatikan saat berwisata ke luar negeri.

1. Jangan mengisi gelas sendiri

Ketika kamu sedang minum-minum di Jepang, jangan pernah mengisi gelasmu sendiri. Di sana, kamu dianggap sopan ketika mengisi gelas-gelas orang lain yang sedang duduk bersama.

Jika gelasmu kosong, cobalah untuk mengisikan juga gelas teman di sebelahmu. Nantinya, orang lain akan mengisikan gelasmu juga.

2. Jangan duduk di belakang

Saat pergi naik taksi seorang diri di Australia atau Selandia Baru, jangan duduk di kursi belakang. Di sana, orang yang naik taksi sendirian akan duduk di depan bersama sang sopir.

Sopir taksi akan menganggap penumpang yang duduk di kursi belakang sebagai orang yang sombong.

3. Jangan acungkan ibu jari

Jangan acungkan jempolmu ketika berada di Iran, Afghanistan, Nigeria, Italia, atau Yunani.

Pasalnya, dengan mengacungkan ibu jari atau jempol, artinya kamu memberikan persetujuan bahwa kamu adalah milik mereka.

4. Jangan makan pakai tangan kiri

Banyak budaya makan dengan tangan yang menyimpan salah satu tangan, yaitu tangan kiri sebagai tangan "kotor" dan hanya digunakan di toilet.

Maka dari itu, jika kamu memakan makanan di negara-negara Timur Tengah, India, dan sebagian wilayah Afrika dengan menggunakan tangan kiri, pasti akan ada orang di sekitarmu yang kehilangan nafsu makannya.

Hindari kebingungan dengan membedakan sebutan USA atau Amerika Serikat dan Amerika Selatan.

6. Jangan mengirim bunga berjumlah genap

Jika kamu mengirim bunga dengan jumlah batang yang genap di Ukraina, maka pesan romantis atau baik yang coba kamu berikan pasti tidak akan diterima.

Bunga dengan jumlah genap hanya digunakan untuk buket pemakaman. Maka dari itu, kamu harus pastikan jumlah bunga yang kamu kirim berangka ganjil.

7. Hati-hati menggunakan tanda “V”

Jika kamu sedang memesan minuman di bar atau menunjukkan tanda "damai' pada seseorang di Inggris dan Republik Irlandia, jangan gunakan tanda "V" seperti biasa.

Pasalnya, jika kamu menunjukkan tanda "V" dengan telapak tangan menghadap ke depan, artinya kamu mencari keributan dengan orang tersebut.

Cobalah untuk membalikkan telapak tanganmu sehingga menghadap ke belakang. Arti yang dihasilkan akan jauh berbeda dan bisa diterima oleh mereka.

8. Jangan tunjukkan telapak kaki

Jangan tunjukkan telapak kakimu kepada orang lain, khususnya orang asing di sebagian wilayah Asia, India, dan Timur Tengah.

Pasalnya, kaki dianggap sebagai bagian tubuh paling rendah dan tidak bersih di banyak negara Muslim, Hindu, dan Buddha. Aksi tersebut juga dianggap tidak sopan.

9. Etika saat minum-minum

Jika kamu sedang bersama dengan sekelompok wisatawan asal Inggris atau Australia, kamu harus memperhatikan aturan ini.

Jangan membeli minuman terlalu sedikit atau terlalu banyak saat giliranmu membelinya. Jika kamu tidak membeli minuman saat giliranmu, kamu akan dianggap tidak sopan.

Sementara jika kamu membeli terlalu banyak minuman, kamu akan dianggap sombong. Selain itu, jangan memesan minuman paling mahal di bar ketika orang lain sedang membelikan.

Lalu, kamu hanya memesan air ketika kamu yang membayar tagihannya.

10. Etika memberikan uang tip

Jika kamu berada di Amerika Serikat, kamu akan menyinggung perasaan teman makanmu dan pelayan ketika kamu tidak memberikan uang tip.

Sementara itu, jika kamu memberikan uang tip ketika makan di Jepang dan Korea Selatan, kamu akan dianggap tidak sopan.

Sering kali di beberapa negara, biaya servis termasuk dalam pajak yang dibayar dalam tagihan. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan seperti apa budaya uang tip di tempatmu berada.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/10/072315527/jangan-lakukan-ini-10-hal-yang-bisa-menyinggung-orang-di-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke