Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Saat Memasak Ikan Air Tawar

Ikan air tawar ada berbagai jenis, mulai dari ikan patin, lele, mas, dan gurame. Cara pengolahannya juga beragam bisa digoreng, dikukus, dan dibakar.

Namun, ikan air tawar bisa mengeluarkan rasa dan bau lumpur atau tanah yang tidak sedap, bisa jadi kamu mengolahnya dengan cara yang salah.

Berikut ini tips menghilangkan bau lumpur ikan air tawar menurut Executive Chef Suasana Restaurant Hendra Kurniawan:

1. Membeli ikan air tawar yang masih hidup

Kamu bisa membeli ikan air tawar yang masih hidup atau sudah mati. Cara pengolahannya agak berbeda.

Menurut Hendra jika kamu membeli ikan yang masih hidup dan akan menyimpannya untuk beberapa lama sebelum dimasak, lebih baik kamu tidak memberi makan ikan tersebut.

“Di Suasana kami ada akuarium. Jadi ikannya tidak diberi makan. Itu bisa mengurangi bau lumpurnya. Kalau mau dimasak baru langsung diambil dan dibersihkan jadi masih segar sekali,” ujar Hendra ketika ditemui Kompas.com pada Jumat (10/1/2020).

2. Bersihkan insang dan isi perut

Jika kamu membeli ikan air tawar yang sudah mati dari pasar atau supermarket, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan insang dan isi perut ikan hingga bersih. Jika sudah, cuci ikan dengan air mengalir dan pastikan sudah bersih.

Kamu bisa menyimpan ikan di dalam lemari pembeku atau freezer dengan kondisi seperti ini.

Ikan yang sudah bersih akan membuatnya lebih awet. Namun lebih baik untuk menjaga kesegaran, ikan langsung dimasak.


3. Hati-hati dengan empedu

Satu hal yang harus kamu perhatikan, selain insang dan isi perut yang bisa menyebabkan ikan bau lumpur atau bau tanah ada juga empedu ikan. Empedu ikan terletak di sekitar insang dan perut bagian bawah ikan.

Bentuknya bulat kecil berwarna hitam. Ketika membersihkan insang dan isi perut ikan, jangan sampai kamu menggores dan memecahkan empedu.

“Kalau pecah dia bisa bikin bau. Rasanya juga sangat pahit. Makanya harus hati-hati saat membersihkan insang dan isi perut, lalu langsung buang bagian empedu,” jelas Hendra.

4. Rendam ikan dengan bumbu

Cara terakhir adalah dengan marinasi ikan atau merendam dengan bumbu. Resep yang biasa digunakan oleh Hendra adalah menggunakan campuran tepung maizena, putih telur, minyak wijen, bawang putih, dan minyak bawang.

“Bumbu marinasi simple saja. Tepung maizena sedikit dikasih putih telur untuk mengikat bumbu lainnya. Kalau sesame oil (minyak wijen) biar harum,” jelas Hendra

“Minyak bawang itu bawang putih yang sudah dipotong ditumis minyak panas. Sudah harum, ambil bawangnya nah minyaknya itu siram ke marinasi. Tidak usah lama dimarinasi, 5-10 menit saja lalu langsung dimasak,” lanjutnya.

Menurut Hendra, cara memasak ikan air tawar bermacam-macam. Namun yang paling jadi favorit adalah dengan cara dibakar. Selain dibakar, bisa juga digoreng yang cukup sederhana.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/11/072014927/4-cara-hilangkan-bau-lumpur-saat-memasak-ikan-air-tawar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke