Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cakue Ko Atek, Jajanan Terkenal di Gang Kelinci Pasar Baru

Susuri jalanan kecil bernama Gang Kelinci dan temukan toko yang menjual cakwe dan kue bantal Cakue Ko Atek.

Berdiri sejak tahun 1971, toko legendaris ini bernuansa warna hijau terang. Sejak pertama buka hingga ini, toko ini tidak pernah berpindah dari tempatnya yang berlokasi di Jalan Belakang Kongsi Nomor 31.

Beberapa pelanggan menyebutkan bahwa cakwe dan kue bantal dibeli akan tetap terasa renyah dan gurih walaupun sudah beberapa jam setelah digoreng.

Ko Atek berbagi rahasia bagaimana menjaga kerenyahan kue yang dibuatnya. Ia menuturkan rahasianya terletak dari minyak yang digunakan.

“(Gorengnya) pakai minyak kelapa murni, bukan pakai minyak kelapa sawit. Makanya hasil akhir jauh lebih renyah dan tidak berminyak,” kata Ko Atek saat ditemui Kompas.com di Gang Kelinci, Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Ko Atek, penggunaan minyak kelapa sawit dalam proses penggorengan cakwe dan kue bantal miliknya akan memengaruhi rasa dan tekstur. Oleh karena itu, Ko Atek lebih memilih minyak goreng berkualitas tinggi.

Ko Atek biasanya mulai menggoreng cakwe dan kue bantal setiap pukul 10:00 WIB bersamaan dengan jam buka tokonya. Sementara untuk pembuatan adonan, Ko Atek biasanya akan menghabiskan waktu selama satu jam pada malam sebelumnya.

Ko Atek selalu menyiapkan sekitar 20 kilogram adonan cakwe untuk digoreng di tokonya. Sementara untuk kue bantal, biasanya hanya menyediakan lebih sedikit.

Adonan-adonan ini sudah disiapkan di rumah, sehingga cukup digoreng saat di toko. Menurutnya, pembuatan adonan cakwe lebih mudah.

“Kue bantal saya bikin banyak, tapi saya taruh di kulkas. Untuk dibawanya (ke toko) tidak banyak. Saya stop di 7 kilogram karena capek (mengolah adonan sebelum digoreng) dan agak berat. (Pembuatannya) juga sedikit rumit, kalau cakwe kan tinggal tarik saja,” tutur Ko Atek.

Proses membentuk dan menggoreng adonan dilakukan Ko Atek di toko. Dia dibantu asisten yang bertugas untuk menggoreng adonan cakwe dan kue bantal tersebut.

Jadi, pengunjung bisa melihat langsung cara Ko Atek membentuk cakwe dan kue bantal. Kamu juga bisa melihat langsung cara mengorengnya. Harga satuan cakwe dan kue bantal Ko Atek berkisar Rp 5.000 saja.

Cakue Ko Atek buka setiap hari mulai dari pukul 10:00 WIB. Toko tersebut tidak memiliki jam tutup. Sebab, toko akan tutup tergantung dengan secepat apa cakwe dan kue bantal Ko Atek habis.

Terkadang belum pukul 16:00 WIB, Cakue Ko Atek sudah tutup karena warga sekitar ramai membeli kudapan saat jam makan siang. Oleh karena itu, jika kamu ingin berkunjung, sebaiknya datang pagi hari sebelum jam makan siang.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/12/210700527/cakue-ko-atek-jajanan-terkenal-di-gang-kelinci-pasar-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke