Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pesan Tiket Shuttle Bus Bandara Internasional Yogyakarta

Adapun dua shuttle bus yang bisa menjadi pilihan alternatif yaitu Satelqu dan Damri.

Pesan tiket Satelqu

Satelqu yang beroperasi di bandara YIA sejak Mei 2019, bisa kamu pesan tiketnya melalui beragam cara yaitu offine dan online.

Menurut Koordinator Lapangan Satelqu di bandara YIA, Rahardian Wicaksono tiket dapat dipesan dengan cara mendatangi counter yang ada di bandara atau titik poin terkait.

"Namun bisa juga langsung ke armada kami di area parkir," kata Rahardian ketika dihubungi Kompas.com, Senin (13/1/2020).

Untuk pemesanan online, bisa lewat WhatsApp, hotel yang ditunjuk sebagai mitra, dan titik poin. Lalu bisa juga lewat aplikasi online Traveloka atau Redbus.

Adapun titik poin dari kota Yogyakarta di antaranya Bandara Adisucipto, Hotel Grandkeisha, Hotel Pesonna Tugu, dan Hotel Amartya.

Untuk selanjutnya, Rahardian mengatakan akan ada titik poin baru yaitu di Hotel Eastparc, Hotel The Cube, Hotel Grand Mercure, dan Hotel Uc UGM.

Berikut cara pemesanan shuttle bus Satelqu untuk bandara YIA:

Satelqu via WhatsApp

1. Kamu bisa memesan tiket Satelqu melalui WhatsApp ke nomor 087877555545. Nomor tersebut juga bisa digunakan untuk menanyakan info lebih lanjut.

Satelqu via website

1. Kamu bisa memesan tiket Satelqu dengan mengunjungi situs www.satelqu.com.

2. Setelah masuk ke halaman tersebut, kamu akan mendapati informasi pemesanan tiket bus.

3. Isi daftar tersebut yaitu tempat keberangkatan, tujuan, tanggal perjalanan, dan tanggal pengembalian.

4. Setelah mengisi daftar pesan, kamu akan menuju halaman informasi jadwal keberangkatan dan jadwal tiba, serta harga tiket yang tertera.

5. Klik pilihan kursi yang tersedia, kemudian lanjut ke bagian pembayaran.

Satelqu via offline

1. Jika kamu baru tiba di bandara, kamu bisa pesan dengan mendatangi counter di area kedatangan sebelum pintu keluar sebelah kanan.

2. Selain itu bisa juga langsung ke armada Satelqu di area parkir

3. Untuk keberangkatan dari kota ke bandara, kamu bisa mendatangi hotel-hotel yang bermitra dengan Satelqu sebagai titik poin

Pesan tiket Damri

Sementara itu, Damri juga bisa dipesan melalui offline maupun online.

Titik poin keberangkatan dari Kota Yogyakarta ada di Galeria Mall Yogyakarta, Bandara Adisucipto, Pool Damri, Terminal Giwangan, Malioboro Hotel Grand Inna, dan Hotel Limaran.

"Langsung saja beli di titik keberangkatannya atau pesan di Damri apps juga bisa," kata Humas Damri, Ratna Riani Rahayu ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (14/1/2020).

Harganya Rp 70.000 untuk YIA ke Kota Yogyakarta, YIA ke Stasiun Wojo Rp 20.000, dan YIA ke Magelang Hotel Wisata Rp 70.000.

Berikut cara pemesanan shuttle bus Damri untuk bandara YIA:

Pesan tiket Damri via Damri Apps

1. Kamu bisa melakukan pemesanan tiket Damri dari dan ke bandara YIA melalui aplikasi Damri Apps.

2. Sebelum itu, kamu harus mengunduh aplikasi Damri Apps di Play Store atau Google Play.

3. Setelah mengunduh, kamu diminta untuk login pendaftaran aplikasi. Isilah sesuai nama dan informasi yang diminta.

4. Isi kolom di pesan tiket yaitu tanggal keberangkatan, rute asal, tujuan, dan jumlah penumpang. Lalu klik "Cari Tiket", maka kamu akan menemui informasi pilihan jadwal dan harga tiket Damri.


5. Klik pilih tiket yang ingin dibeli. Pada tahapan ini, perhatikan kembali harga tiket, jadwal keberangkatan, rute, dan nomor bus yang akan digunakan.

6. Setelah itu akan ada konfirmasi rute tujuan, tanggal keberangkatan, jam dan total yang harus dibayar untuk pemesanan tiket. Lalu klik setuju jika kamu ingin melanjutkan pemesanan tiket.

7. Isi form data penumpang seperti nama pemesan, nomor KTP, nomor telepon, email, alamat, nama penumpang, serta nomor KTP penumpang.

8. Selanjutnya ke tahap pembayaran. Cara pembayaran bisa dilakukan melalui Pool Damri, minimarket, Bank, dan lainnya. Kode booking harus tertaut dan sesuai.

9. Setelah melakukan pembayaran akan keluar invoice disertai kode pembayaran. Simpan baik-baik invoice tersebut agar tidak hilang.

Pemesanan tiket Damri via offline

1. Bagi kamu yang ingin naik Damri dari Kota Yogyakarta ke bandara YIA, bisa mendatangi beberapa titik poin keberangkatan.

2. Sementara untuk jadwal keberangkatan dari bandara YIA menuju Galeria Mall yaitu pukul 10.00, 14.00, dan 18.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/15/070700427/cara-pesan-tiket-shuttle-bus-bandara-internasional-yogyakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke