Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masak Ikan Kerapu, Ini Cara Terbaik Mengolahnya

Cara pengolahan ikan kerapu bermacam-macam. Mulai dari digoreng, dibakar, dimasak kuah, hingga dikukus. Berikut ini beberapa cara terbaik untuk mengolah ikan kerapu termasuk tips saat membersihkannya.

Bersihkan menggunakan lap

Ikan kerapu merupakan salah satu ikan yang mengeluarkan cairan berlendir yang licin. Cairan tersebut membuat proses membersihkan ikan menjadi agak sulit.

Selain licin, ikan kerapu juga memiliki sirip yang agak tajam sehingga bisa membuat tangan terluka.

“Kalau saya selalu bilang untuk pakai lap ketika membersihkan kerapu. Lap kering gitu sambil dipegang ikannya, lalu dibersihkan sisiknya,” ujar Executive Chef Suasana Restoran Chef Hendra Kurniawan kepada Kompas.com.

Lap kering dan bersih akan membuat kamu lebih mudah untuk menahan ikan kerapu ketika kamu sedang membersihkannya.

Sehingga ikan kerapu tidak akan meluncur begitu saja dari tangan karena cairan lendir yang licin.

Kerapu Steam

Menurut Hendra, salah satu cara terbaik untuk mengolah kerapu adalah mengolahnya dengan cara sederhana yaitu dikukus atau di-steam.

Menurutnya, ikan kerapu sudah memiliki rasa yang cukup kaya dan khas sehingga tidak diperlukan banyak bumbu untuk membuatnya jadi enak.

“Steam tinggal kasih bumbu seperti jahe, daun bawang, kecap asin, lalu dikukus saja hingga matang,” jelas Hendra.


Kerapu Asin Brebes dan Gemah Ripah

Resep olahan ikan kerapu di Suasana Restoran ada bermacam-macam. Namun ketika ditanya yang paling favorit, resep kerapu gemah ripah dan kerapu asin Brebes jadi yang paling populer.

“Kalau kerapu gemah ripah itu mirip bumbu Thailand. Pakai nanas, timun, campuran saus Thailand. Rasanya segar, mirip rujak. Makanya dibilang juga bumbu rujak,” jelasnya.

Ikan kerapu yang sudah dibersihkan kemudian digoreng hingga matang. Sebelumnya kerapu dipotong sedemikian rupa.

Jadi, dipotong dengan memisahkan daging dari tulangnya hingga membentuk layaknya sayap kupu-kupu. Lalu ikan kerapu yang sudah digoreng disiram dengan bumbu gemah ripah.

Selain kerapu gemah ripah, ada juga kerapu bumbu asin Brebes. Bumbu asin brebes ini menggunakan campuran telur asin khas Brebes untuk sausnya.

Bisa dibilang, dalam bahasa populernya ini merupakan ikan kerapu dengan saus salted egg.

Kerapu Bakar

Olahan populer selanjutnya adalah ikan kerapu bakar. Menurut Hendra, olahan ini juga jadi favorit para tamu di Suasana Restoran.

Namun di luar itu, ikan kerapu bakar juga digemari masyarakat karena dianggap mudah dan bisa menghasilkan rasa sedap yang berbeda.

Bumbu bakar yang digunakan untuk ikan kerapu bakar bermacam-macam. Ada yang menggunakan bumbu sederhana seperti mentega, air jeruk nipis, dan kecap asin saja.

Ada juga yang menambahkan kecap manis.

“Saya sukanya pakai bumbu kuning. Pakai bumbu kuning jadi bikin lebih sedap rasanya. Bumbu kuningnya yang biasa saja untuk ayam goreng gitu,” jelas Hendra.

Caranya setelah dibersihkan, ikan kerapu kemudian dipotong hingga membentuk sayap kupu-kupu. Lalu dilumuri bumbu kuning dan langsung dibakar.

Tak perlu waktu lama, sekitar 10 menit saja ikan sudah matang. Menurut Hendra, penggunaan bumbu kuning selain membuat ikan lebih sedap juga memperlambat proses masak sehingga membuat bumbu lebih menyerap.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/15/100000427/masak-ikan-kerapu-ini-cara-terbaik-mengolahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke