Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jajanan Terkenal di Surabaya, Bisa Jadi Oleh-oleh

Ada jajanan dengan rasa manis, gurih, dan pedas, hanya perlu disesuaikan dengan selera. Jajanan ini terbilang mudah ditemuka di jalanan Surabaya.

Untuk harga makanan-makanan ini terbilang murah, mulai Rp 5.000 saja. Berikut tujuh jajanan khas Surabaya :

Pentol adalah jajanan yang terbuat dari campuran daging sapi giling, dengan tepung kanji, bumbu seperi bawang merah dan putih serta masih banyak lagi.

Pentol Goli memiliki tekstur yang empuk dan kenyal, rasa khas dari daging sapi yang gurih sangat terasa saat dikunyah. Pentol memiliki dua varian ada yang kasar dan halus. Untuk pentol yang kasar terdapat campuran urat dan lemak sapi, sehingga teksturnya lebih kenyal dan berserat.

Penjaja pentol terkenal di Surabay adalah Pentol Goli. Di sini juga ditawarkan jajanan lainnya, ada pangsit goreng, tahu baso, siomai. Kamu bisa memilih varian apa yang ingin kamu nikmati. Harga setiap butirnya berkisar Rp 500.

Jika ingin mencoba semua varian kamu bisa memilih untuk mencampur semuanya dan dipadukan dengan saus tomat, kecap dan sambal.

Rasa gurih dari pentol ditambah pedas dari sambal, sedikit asam dari saus tomat dan manis dari kecap menambah ramai cita rasa.

Kamu bisa merapat ke Jalan Cempaka Surabaya di depan Sekolah Mawar Sharon Christian School untuk mencoba pentol nikmat satu ini. Dari kejauhan pengunjung terlihat mengerumuni gerobak Pentol Goli.

Pentol Goli buka dari pukul 8.00-17.00. Disarankan untuk datang lebih pagi agar tidak kehabisan pentolnya.

Cakue Peneleh buka sejak 30 tahun lalu, awalnya menawarkan cakwe biasa. Cakue dari toko ini memiliki tekstur yang garing di luar tetapi lembut di dalam. Selain cakue polos, pengunjung juga ditawarkan cakue isi udang yang khas dari Cakue Peneleh.

Cakue isi udanya tidak panjang, namun hanya seukuran jari telunjuk orang dewasa. Cakue dibelah menjadi dua dan ditengahnya diberi adonana udang, tepung, dan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil.

Cakue isi disajikan dengan saus tomat bening yang memiliki rasa, asam, sedikit pedas dan segar. Selain cakue pengunjung juga bisa menikmati jajanan lainnya seperti roti manis, ote-ote, aneka kompiang dan masih banyak lagi.

Satu cakue polos dihargai sebesar Rp 5.000 rupiah sedangkan cakue isi Rp 6.000. Cakue Peneleh terletak di Pasar Atum lantai dasar Tahap 3 dan Pakuwon Trade Center lantai UG stand E1-21.

Sampai di depan toko Cakue Peneleh di Pasar Atom kamu harus cekatan untuk memesan cakue atau jajanan. Sebab pengunjung akan terus datang dan mengantre di belakanmu.

Toko cakue ini memperlihatkan proses memasak cakuenya secara langsung. Dapurnya dibatasi dengan kaca sehingga pengunjung bisa melihat bagaimana adonan cakue dibuat hingga digoreng.

Daging ayam dipipihkan sehingga menjadi sangat tipis lalu dilumuri dengan tepung terigu. Setelah itu dimasak dengan teknik deep fried hingga warnanya menjadi cokelat keemasan.

Setelah itu ayam akan terlihat sangat garing, lalu dipotong-potong dan diberi taburan bumbu perasa. Terdapat rasa bbq, bawang putih, keju, pedas, rumput laut dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dada, pengunjung bisa mencoba varian dari cumi, kentang goreng, ayam karage, dan kulit ayam. Pok-pok juga menghadirkan onion ring, mi kremes dan tahu goreng krispi. Untuk harganya dimulai dari Rp 10.000.

Saat ini Pok-pok memiliki banyak cabang di Surabaya, antara lain Food Court Tunjungan Plaza 1 Lt. 5, Surabaya, Pakuwon Trade Center Lt. LG, Surabaya Food Junction Grand Pakuwon, Surabaya, Royal Plaza Lt. 3, Surabaya, Food Court City of Tomorrow, Surabaya dan masih banyak lagi. Jam buka sesuai dengan jam operasional mall.


Kue lapis Spikoe Resep Kuno Surabaya sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Jajanan satu ini merupakan jajanan legendaris yang juga cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sejak awal berdiri Spikoe Resep Kuno mempertahankan resep kue lapisnya.

Proses pembuatannya menggunakan telur yang sangat banyak sehingga teksturnya sangat lembut.

Terdapat dua lapis dalam satu spikoe, kue rasa coklat dan original. Kue lapis resep kuno menghadirkan rasa manis dari roti, sedikit asam dari selai dan kismis. Bagian coklatnya memiliki cita rasa yang manis, sedikit pahit dari coklat.

Kue dari Spikoe Resep Kuno Surabaya terdiri dari beberapa varian yang terdiri dari spikoe lapis raisin, spikoe tanpa kismis, spikoe prunes, spikoe speculaas.

Kamu bisa mendapatkan lapis Spikoe di Jalan Rungkut Madya Nomor 41. Harga dari Spikoe Resep Kuno Surabaya mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 290.000.

Porsi yang tebal dan besar cukup untuk membuat perutmu kenyang. Waffle dipanggang di atas penggorengan khusus sehingga matang bulat sempurna. Setelah itu diolesi dengan aneka selai sesuai selera.

Ada selai coklat, ovomaltine, krim keju, nuttela, green tea, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa menambahkan oreo, atau keju lapis di sela-sela waffle. Selain varian manis, waffle juga ada yang diberi toping kornet, keju dan saus sambal.

Rasa dari waffelnya pun juga beraneka ragam, terdapat original, pandan, coklat, red velvet dan lain-lain.

Pocoyo kini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Medan Batam, Lombok, hingga Timika. Jika di Surabaya Pocoyo dapat ditemui di Delta Plaza lantai 1, Pakuwon Trade Center UG Floor FK2-33 (Seberang INDEX).

Seporsi waffle dihargai mulai dari Rp 21.000. Selain wafel Pocoyo juga menawarkan hotdog.

Satu jajanan ini memiliki rasa yang manis dari toping dan gurih dari donat. Toping yang dihadirkan beraneka rasa dari coklat, ice sugar, oreo, keju dan masih banyak lagi.

Donatnya memiliki ukuran yang cukup besar dan topingnya yang tebal. Gerai Donat Ivy berada di Delta Plaza, Rotal Plaza, Ciputra World, PTC Mall dan masih banyak lagi.

Donat dihargai sesuai dengan toping yang dipilih. Satu buah donat dihargai Rp 6.000 dan untuk 6 buah donat dihargai dengan harga Rp 31.000. Jika 12 buah donat dihargai Rp 54.000.

Isian cincau yang ditawarkan sama dengan cincau yang dikenal di tengah masyarakat. Namun, Cincau Station memberi varian rasa yang berbeda, seperti cincau kelapa yang dicampur dengan daging kelapa, cincau sirup, cincau sari kedelai dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada gurin. Gurin adalah minuman dari olahan santan dan cincau yang masih cair. Rasanya manis, gurih dan creamy. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10.000.

Selain cincau, di Cincau Station juga ada sinom, saridele, honey lime, dan marbling sirsak. Untuk mendapatkan Cincau Station kamu bisa datang ke Cincau Station Tunjungan Plaza, Cincau Station Grand City, Cincau Station Galaxy Mall, Cincau Station Ciputra World.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/16/100900127/7-jajanan-terkenal-di-surabaya-bisa-jadi-oleh-oleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke