Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Lombok, Contek Itinerary 1 Hari di Kota Tua Ampenan

Menjelajahi kawasan ini, kamu akan mendapatkan paket pariwisata lengkap. Mulai dari destinasi alam, sejarah, sampai kuliner.

Harus berkunjung ke mana saja? Kamu dapat menjadikan itinerary satu hari di Kota Tua Ampenan berikut sebagai referensi.

Itinerary ini cocok untuk kamu yang ada urusan pekerjaan di Mataram, ibu kota Nusa Tenggara Barat, dan punya luang satu hari untuk berjalan-jalan di sekitar Mataram.

Bila kamu berangkat dari pusat Kota Mataram, dapat mengendarai kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Namun, bila ingin menikmati perjalanan, bisa juga naik transportasi daring yang tergolong cukup mudah ditemukan di Mataram.

Perjalanan menuju Kota Tua Ampenan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Ampenan merupakan kecamatan di Mataram, dulunya pusat kota pelabuhan di Lombok saat zaman kolonialisme Belanda. Tak heran bila di sini terdapat bangunan-bangunan bergaya art deco ala Belanda.

Cobalah berkeliling di kawasan Jalan Pabean dan Simpang Lima Kota Tua Ampenan.

Sempatkan juga untuk singgah ke Kelenteng Po Hwa Kong di Jalan Yos Sudarso Nomor 180, kawasan Kampung Pecinan. Po Hwa Kong dipercaya sebagai kelenteng tertua di Nusa Tenggara Barat.

Tak susah menemukan tempat ibadah ini dengan warna pagar merahnya. Di dalam sini, terdapat sekitar 12 dewa yang berada di altar masing-masing.

Menghalau cuaca panas, kamu dapat icip es campur di Rumah Makan Ramayana. Ada juga es buah, es teler durian, dan es kacang hijau. Kamu cukup merogoh kocek kurang lebih Rp 16.000-an.

Bila sudah keburu lapar, tempat makan legendaris di Mataram ini juga menjual lontong cap go meh, gado-gado, bahkan jajanan seperti risoles. Harga mulai dari Rp 15.000-an.

Rumah Makan Ramayana buka setiap hari pukul 8.30-18.00.

Nasi kuning di Warung Rezeki Hj. Nung

Jangan lupa untuk isi tenaga sebab masih ada beberapa tempat patut masuk dalam itinerary weekend di Kota Tua Ampenan.

Saatnya untuk menyantap nasi kuning Warung Rezeki Hj. Nung di kawasan Kampung Melayu. Kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 15.000-an.

Tersedia juga nasi olah terdiri dari sayur paku dan beragam lauk seperti beberuk, ayam cincang, daging suir, maupun rendang.

Menjajal durian

Musim durian sedang melanda termasuk di Mataram. Bila kamu pecinta durian, arahkan kaki menuju sekitar Taman Jangkar Kota Tua Ampenan.

Penjual durian ada yang mangkal di sini. Kamu bisa makan durian langsung di tempat, sembari menunggu sore datang untuk melanjutkan penjelajahan Kota Tua Ampenan.

Masukkan pula Pantai Ampenan ke dalam itinerary weekend di Kota Tua Ampenan.

Bila membawa kendaraan sendiri, cukup membayar parkir senilai Rp 2.000-an untuk motor dan Rp 5.000-Rp 10.000-an untuk mobil.

Kamu cukup menikmati keindahan lautan dari pantai, sebab gelombang ombak cukup besar. Tak memungkinkan untuk berenang.

Bertandang ke sini paling seru saat menjelang senja. Kamu bisa sekallian menyaksikan matahari tebenam sembari menyantap pisang goreng yang dijual pedagang di kawasan ini.

Seafood di Pantai Ampenan

Singgah ke Pantai Ampenan, kamu akan dimanjakan aneka street food dengan harga mulai dari Rp 10.000-an.

Ada pula penjaja seafood, seperti aneka ikan, kerang, cumi, sampai kepiting. Pilih yang kamu inginkan untuk dibakar langsung di warung.

Kamu bisa menyantap olahan seafood sembari menyaksikan keindahan lautan.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/20/140800727/wisata-lombok-contek-itinerary-1-hari-di-kota-tua-ampenan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke