Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Wisata Keluarga di Malang, Terbaru Ada Spot ala Korea di Taman Bunga

KOMPAS.com - Kawasan Malang Raya dapat menjadi pilihan tepat untuk quality time bersama keluarga.

Dari Kota Malang, Kabupaten Malang, sampai Kota Batu menyuguhkan tempat wisata keluarga dengan beragam keistimewaan masing-masing.

Mulai dari kampung tematik, taman hiburan instagenic, sampai destinasi bernuansa alam. Berikut daftar 25 tempat wisata keluarga di Malang yang bisa masuk itinerary weekend-mu.

1. Kampung Warna-warni Jodipan

Kota Malang mempunyai 3 kampung tematik yang berlokasi di satu kawasan.

Salah satunya Kampung Warna-warni Jodipan, seluruh aspek di area ini disulap menjadi berwarna. Mulai dari rumah sampai jalanannya, dilengkapi pula dengan pernak-pernik warna-warni.

Puaskan berswafoto di setiap sudut destinasi ini, bisa juga sekalian melewati jembatan kaca.

Tiket Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) Rp 3.000-an untuk seharian (bisa masuk-keluar tanpa bayar lagi) dan parkir motor Rp 5.000-an. Tempat wisata ini buka pukul 07.00-18.00.

KWJ beralamat di Kelurahan Jodipan, sekitar 10 menit jalan kaki dari Stasiun Kota Malang.

2. Kampung Biru Arema

Tempat wisata keluarga di Kota Malang ini berada di seberang Kampung Warna-warni Jodipan. Tiket masuknya Rp 3.000-an, ditambah parkir motor Rp 2.000-an.

Bukan hanya kampung yang diselimuti warna biru, di sini kamu dapat mengetahui sejarah Arema FC (klub sepak bola Malang) melalui display berisi tulisan dan logo Arema FC.

Masih ada lagi kampung tematik bernama Kampung 3D atau disebut Kampung Tridi.

Keliling area ini, kamu akan disambut mural di dinding maupun jalanan berbentuk 3D. Mulai dari sayap, gelas terbalik, sampai aliran sungai.

Tiket masuk Kampung Tridi Malang sekitar Rp 3.000-an per orang.

Alun-alun Kota Malang juga dapat menjadi tujuan berwisata bersama keluarga. Masuk ke sini tak dipungut biaya.

Di sini kamu bisa bersantai di tempat duduk yang tersebar ke penjuru alun-alun. Ada pula arena bermain anak dan air mancur.

Penjual street food pun cukup banyak, sebut saja cilok, bakso, soto, dan es degan.

Di sekitar Alun-alun Kota malang terdapat beragam wisata seperti Masjid Jami’, GPIB Immanuel, Toko Oen, sampai Pasar Besar.

Destinasi ini berada tepat di seberang Stasiun Kota Malang. Bila melihat patung singa, maka itulah letak Taman Trunojoyo.

Di dalamnya terdapat wahana bermain anak, seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan air mancur.

Fasilitas di sini ada tempat duduk di bawah pohon rindang dan kamar mandi. Di sekitarnya ada beberapa penjual kuliner street food.

Tepat di depan Balai Kota Malang, terdapat taman yang menjadi tempat wisata keluarga. Cukup jalan kaki kurang lebih 5 menit.

Kamu bisa duduk bersantai, berfoto-foto, maupun makan bekal atau jajanan di sini.

Tempat ini dilengkapi kolam teratai yang di tengahnya terdapat Tugu Balai Kota Malang. Di sini ada juga lampu berbentuk unik dan taman bunga.

Seperti Waikiki Beach (kolam tsunami), Waimea Stream River (kolam arus), dan Hawai Water House (aneka permainan anak seperti ember air raksasa).

Tempat wisata keluarga di Malang ini buka setiap hari pukul 09.00-16.30. Tarif masuk Rp 75.000-an saat weekday dan Rp 110.000-an ketika weekend.

Hawai Waterpark berada di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari. Berbatasan langsung dengan Kota Malang, sekitar 10 menit berkendara dari Terminal Arjosari.

Atraksi bertema lampu-lampu gemerlap dapat kamu nikmati, sebut saja Taman Lampion yang berisi Dancing Water Fountain sampai Lighting Tunnel.

Ada pula Taman Dinosaurus lengkap dengan replika hewan ini. Coba juga aneka permainan mulai dari Flying Car sampai Digging Site (bermain pasir menggunakan alat tertentu).

Atraksi menarik lainnya adalah Magic Journey, kamu diajak menyusuri sungai naik perahu. Untuk mengakses wahana satu ini harus merogoh kocek lagi Rp 30.000-an.

Tiket masuk ke Malang Night Paradise sekitar Rp 50.000-an untuk weekday (Senin-Kamis) dan Rp 65.000-an untuk weekend (Jumat-Minggu).

Tarif tersebut sudah termasuk mengakses semua wahana kecuali The Magic Journey dan Adventure Land.

Tempat wisata keluarga bernuansa alam dapat kamu temukan di Kebun Teh Wonosari atau disebut juga Kebun Teh Lawang.

Di sini kamu bisa menjelajahi kebun teh di atas jembatan kayu yang instagramable. Usai berkeliling, bisa juga mampir ke pusat oleh-oleh yang menjual beragam jenis teh.

Untuk mengakses Kebun Teh Wonosari, kamu harus merogoh kocek Rp 20.000-an saat weekend dan Rp 15.000-an untuk weekday.

Kebun Teh Wonosari berada di kawasan Lawang, kalau dari Terminal Arjosari sekitar 1 jam.

Bila naik angkutan kota rute LA (Lawang-Arjosari) berwarna hijau atau bison (seperti angkot tetapi lebih besar), turun di Stasiun Lawang.

Lanjutkan naik ojek pangkalan menuju ke lokasi Kebun Teh Wonosari, dari seberang Stasiun Lawang sekitar 20 menit berkendara.

Inilah taman yang ditumbuhi ratusan bunga, baik digantung maupun di dalam pot. Kamu bisa duduk-duduk santai di taman.

Kamu juga bisa jalan-jalan keliling dunia di sini. Ada spot instagramable ala luar negeri, sebut saja bangunan Korea, Belanda, dan Italia.

Tiket masuk seharga Rp 20.000-an saat weekday, Rp 25.000-an ketika weekend. Tempat wisata keluarga yang baru buka Desember 2019 ini beroperasi setiap hari pukul 09.00-17.00.

Desa Wisata Pujon Kidul sebuah one-stop entertainment yang dikelilingi sawah.

Ada pusat kuliner, belanja, sampai atraksi menarik seperti naik kuda. Kamu cukup merogoh kocek Rp 5.000-an per orang untuk tarif masuk.

Nantinya tiket masuk di gerbang utama dapat kamu tukarkan dengan tiket masuk ke wahana-wahana yang ada di kawasan ini.

Kamu bisa mencoba beragam kuliner di Cafe Sawah yang berada di paling ujung Desa Wisata Pujon Kidul. Ada beragam makanan, mulai dari nasi jagung, olahan ikan, dan aneka sayur.

Sistemnya prasmanan, setelah kamu ambil makanan, langsung menuju kasir untuk membayar. Harga makanan di sini mulai dari Rp 5.000-an.

Kalau kamu ingin masak di rumah, bisa belanja sayuran segar yang biasanya baru dipanen oleh petani setempat. Untuk satu kantong sayur (setara sekitar 1 kilogram) cukup membayar Rp 10.000-an.

12. Taman Kelinci Pujon

Taman Kelinci berlokasi di Jalan Paralayang, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Di sinilah rumah para kelinci, ada pula Rumah Hobbit dan Taman Stroberi. Tak hanya berinteraksi langsung dengan kelinci, kamu bisa sekalian berswafoto di berbagai sudut Taman Kelinci.

Tempat wisata keluarga yang berlatar Gunung Panderman ini mematok harga tiket Rp 10.000-an. Taman ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

Beberapa sudut hutan bambu ini serupa dengan Sagano Bamboo Forest di Kyoto.

Kamu cukup merogoh kocek Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Bisa juga keliling naik kendaraan seperti sepeda motor roda tiga, Rp 5.000-an per orang.

Di Boonpring Andeman ada juga wahana seperti perahu angsa, boat, ATV, bola air, panahan, sampai kolam renang.

Tempat wisata keluarga di Malang ini buka setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB. Tiket masuk ke sini kira-kira Rp 30.000-an, bisa mengakses semua wahana kecuali Kolam Pesona Primitif.

Terdapat beragam kolam renang dan wahana permainan mulai dari komidi putar sampai sepeda air.

Tak perlu bingung kelaparan, tinggal mampir Sengkaling Kuliner (food court) yang berada di dekat gerbang masuk. Buka setiap hari pukul 10.00-23.00 WIB. Di sini ada pula coffee shop bernama Ruang Coffee.

Memasuki Jatim Park 1, kamu akan masuk ke area indoor berisi replika rumah tradisional beserta patung lengkap dengan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Di area outdoor, terdapat aneka roller coaster mulai dari Ulat Coaster (untuk anak-anak) sampai Spinning Coaster yang membawamu berputar-putar di ketinggian.

Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika Nomor 2, Sisir. Tempat wisata di Batu ini buka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB.

Tiket masuk Rp 75.000 untuk weekday, Rp 120.000 saat weekend.

Jatim Park 2 atau dikenal sebagai Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang dikemas modern, lengkap dengan kolam renang dan food court.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo Nomor 9, Kota Batu. Kamu bisa berkunjung setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB.

Tiket masuk Jatim Park 2 saat weekday Rp 100.000-an, sedangkan weekend Rp 130.000-an.

Jatim Park 3 berlokasi di Jalan Jalan Ir. Soekarno Nomor 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Jatim Park 3 menyuguhkan beragam wahana instagramable, seperti The Legend Star, Milenial Glow Garden, dan Dino Park.

Area yang patut masuk daftar kunjung adalah The Legend Star.

Terdapat berbagai landmark di dunia. Beberapa di antaranya Zona Jepang, Korea, Forbidden City (China), Istana Negara, maupun Kerajaan Majapahit.

Kamu harus siapkan budget Rp 100.000-an untuk keliling The Legend Star. Jatim Park 3 buka setiap hari pukul 12.00-21.00 WIB.

The Bagong Adventure Museum Tubuh berada satu kawasan dengan Jatim Park 1, tepatnya di seberang loket.

Tempat wisata di Batu ini buka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB. Tarif masuk sekitar Rp 55.000-an saat weekday, untuk weekend Rp 120.000-an.

Menjelajahi Museum Tubuh, seolah masuk ke dalam tubuh manusia sungguhan. Ada replika pembuluh darah, kulit, sampai organ.

Kamu juga bisa berlagak sebagai dokter gigi maupun pasiennya dengan berswafoto di zona gigi. Tersedia juga layanan pemeriksaan medis gratis.

Bahkan kamu akan menemukan ruang kadaver, berisi jenazah yang sudah diawetkan untuk dijadikan media pembelajaran.

Dikatakan hanya orang dewasa yang boleh masuk ke sini dan pengunjung tak boleh mengabadikan ruangan ini dengan kamera maupun handphone.

Batu Night Spectacular (BNS) berlokasi di Jalan Hayam Wuruk Nomor 1, Oro-Oro Ombo, tempat ini buka setiap hari pukul 15.00-24.00 WIB.

Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 30.000 untuk weekday, Rp 40.000 saat weekend untuk tiket masuk, beberapa wahana dikenakan biaya tambahan.

Ajak keluarga untuk naik macam-macam wahana, seperti Go Kart dan Drop ‘N Twist. Kamu juga bisa menyaksikan Dancing Fountain di BNS.

Menuju pintu keluar kamu akan melewati Night Market, pusat belanja oleh-oleh khas Batu dan Malang.

Alun-alun Kota Batu dapat menjadi alternatif tempat wisata keluarga gratis. Di sini ada arena bermain anak, air mancur, bianglala, dan spot instagramable.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah saat matahari sudah terbenam. Duduk santai sembari mengobrol maupun kulineran bisa kamu lakukan di sini.

Cukup banyak pedagang makanan sampai mainan mangkal di area Alun-alun Kota Batu. Di seberang, ada pula tempat kuliner legendaris seperti Pos Ketan Legenda 1967.

Taman Selecta, wahana wisata keluarga yang dipenuhi bunga-bunga indah. Beralamat di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

Selain taman bunga, ada pula wahana lain di sini seperti sky bike, perahu ayun, maupun kolam renang.

Tiket masuk Taman Selecta sekitar Rp 40.000-an. Tempat wisata di Batu ini buka pukul 06.00-17.00 WIB.

The Onsen Hot Spring Resort memberikan pengalaman liburan seolah sedang berada di Jepang.

Pengunjung tak perlu menginap di sini untuk bisa berfoto-foto. Cukup membayar tiket masuk Rp 50.000-an.

Kamu bisa menjelajahi taman khas Negeri Sakura, dilengkapi dengan taman, jembatan, dan Torii Gate (gerbang merah khas Kuil Shinto).

Biar lebih terasa seperti di Jepang, kamu bisa sewa yukata dengan tarif Rp 150.000-an untuk perempuan, Rp 100.000-an untuk pria dan anak-anak.

Tempat wisata ala Jepang di Malang ini berlokasi di Jalan Arumdalu Nomor 98, Songgokerto, Kecamatan Batu.

Rasakan sensasi berendam di Genki Onsen dengan tarif sekitar Rp 150.000 per orang. Jam operasional pemandian air panas ini pukul 14.00-17.00 WIB.

Bila ingin merasakan suasana Kota Batu yang sejuk, kamu bisa ke Kawasan Kusuma Agrowisata di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik.

Kamu bisa ikut petik apel dengan biaya kurang lebih Rp 65.000-an. Biaya tersebut termasuk makan apel di tempat sampai tiket masuk ke Water Park dan De Tjangkul.

Tempat wisata di Malang ini buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.

Pecinta mobil klasik bisa singgah ke Museum Angkut di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik.

Kamu bisa berfoto dengan latar macam-macam jenis kendaraan lawas sampai modern.

Tersedia pula zona yang dikemas seolah berada di negara tertentu, seperti Pecinan, Menara Eiffel, sampai Buckingham Palace.

Kamu harus menyediakan budget Rp 100.000-an untuk mengakses Museum Angkut. Destinasi liburan keluarga ini buka setiap hari pukul 12.00-20.00 WIB.

Di sini kamu bisa petik stroberi dengan biaya paket Rp 30.000-an. Kamu akan diberi caping, gunting, keranjang, dan jus stroberi.

Bila mau bawa pulang stroberi harus merogoh kocek tambahan Rp 6.000-an per ons.

Lumbung Stroberi tidak begitu jauh dari Alun-alun Kota Batu, sekitar 10 menit berkendara.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/26/090700927/25-wisata-keluarga-di-malang-terbaru-ada-spot-ala-korea-di-taman-bunga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke