Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Virus Corona, Penutupan Tempat Wisata dan Update Lion Air Rute Wuhan

Tak itu saja, beberapa tempat wisata populer di China juga tutup. Langkah ini diambil untuk mencegah virus corona kian tersebar, mengingat saat ini lebih dai 2.000 orang terinfeksi.

Kompas.com mengulas lengkap perihal dampak virus corona terhadap industri pariwisata dunia, mulai dari penerbangan hingga tempat wisata yang ditutup.

Hong Kong batalkan karnaval Tahun Baru China

Hong Kong Tourism Board membatalkan kegiatan Karnaval Tahun Baru China yang sedianya akan digelar pada 25 - 28 Januari 2020.

Semula kegiatan tersebut akan digelar di Art Park, West Kowloon, untuk memperingati Tahun Baru China yang jatuh pada 25 Januari 2020.

Karnaval akan menampilkan parade seni dan budaya yang mengusung tema tahun tikus. Namun, dalam keterangan resminya, Hong Kong Tourism Board memastikan acara tersebut batal.

Pembatalan ini terkait berkembangnya virus corona yang menyerang manusia di sejumlah negara.

Klik link berikut untuk mengetahui pembatalan karnaval Tahun Baru China di Hong Kong.

Ocean Park dan Disneyland Hong Kong tutup

Selain membatalkan karnaval Tahun Baru China, Hong Kong pun juga menutup Disneyland dan Ocean Park sebagai langlah pencegahan penyebaran virus corona.

Dua taman tematik terbesar di Hong Kong ditutup mulai Minggu (26/1/2020) hingga waktu yang belum ditentukan.

Ocean Park dan Hong Kong Disneyland Resort mengumumkan penutupan mereka pada hari kedua Tahun Baru Imlek, satu hari pasca Chief Executive Hong Kong Carrie Lam Cheng Yuet-ngor menaikkan respon pemerintah terhadap wabah ini jadi ke level tertinggi.

Klik link berikut untuk mengetahui penutupan Ocean Park dan Disneyland terkait virus corona.

Sejarah tradisi menyantap kelelawar

Virus corona diduga berasal dari kelelawar dan ular berjenis krait dan kobra yang dijual di Pasar Wuhan, China. Pasar tersebut terkenal menjual banyak jenis hewan eksotis.

Virus dapat berpindah dari hewan ke manusia yang berada dalam satu area yang sama. Lantas, bagaimana tradisi makan kelelawar muncul?

Mengutip buku “Strange Food” (1999) terbitan Tuttle Publishing dengan penulis Jerry Hopkins, terdapat sebuah kepercayaan, kesuburan seseorang akan semakin bertambah setelah makan kelelawar.

Kelelawar juga dianggap dapat meningkatkan kesempatan untuk hidup lebih lama dengan bahagia. Di kebudayaan China sendiri, ada kepercayaan terkait simbol lima kelelawar.

Simbol tersebut menandakan keberkahan atas kekayaan, kesehatan, kebajikan, usia tua, dan kematian secara alami. Bahkan, memakan kelelawar juga dipercaya dapat meningkatkan kejelian mata.

Klik link berikut untuk mengetahui sejarah menyantap kelelawar.

Update Lion Air terkait penerbangan Denpasar-Wuhan

Lion Air dalam keterangan resminya menuturkan, layanan penerbangan internasional Lion Air rute dari Denpasar tujuan Wuhan, China, sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan dijalankan menurut aturan yang berlaku.

Rute ini menghubungkan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) dengan Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan (WUH).

Pada Minggu (26/1/2020), operasional penerbangan Lion Air rute Denpasar ke Wuhan bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang. Penerbangan ini membawa tujuh kru dan 81 penumpang.

Adapun penerbangan Wuhan–Denpasar dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang.

Klik link berikut untuk mengetahui update informasi soal penerbangan Lion Air Denpasar-Wuhan-Denpasar.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/27/094000727/virus-corona-penutupan-tempat-wisata-dan-update-lion-air-rute-wuhan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke