Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Religi Dongkrak Kunjungan Wisnus ke Jawa Timur di Tahun 2019

Sementara untuk wisatawan mancanegara mencapai 860.000 orang, melebihi target yang ditetapkan, 700.000 orang. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur Sinarto, pencapaian target, khususnya wisnus, tak lepas dari banyaknya agenda acara pariwisata dan budaya di daerahnya.

"Banyak acara yang disukai wisnus, contohnya di wilayah pesisir Utara yaitu wisata religi, setiap hari itu selalu ada wisnus ke sana," kata Sinarto saat peluncuran Calendar of Events (CoE) 2020 Jawa Timur, Senin (27/1/2020).

Dalam catatan Kompas.com, beberapa wisata religi yang sohor di Jawa Timur seperti Makam Sunan Bonang, Tuban; Makam Sunan Ampel, Surabaya; hingga Makam Sunan Giri di Gresik.

Capaian kunjungan wisnus dan wisman ke Jatim pada 2019 menjadi catatan penting bagi pemerintah tahun 2020.

Pasalnya, menurut Sinarto, Pemprov Jatim tahun ini tidak lagi berfokus pada kuantitas, melainkan kualitas wisatawan. Hal ini menyangkut berapa banyak wisatawan spending dan tinggal di Jawa Timur.

"Pasti kita mengejar lama tinggal, banyak spending, banyak belanja, dan banyak pengeluaran. Nah itu yang kita inginkan," jelasnya.

Untuk mencapai fokus baru tersebut, Pemprov Jatim menyelenggarakan 445 acara pariwisata dan budaya.

Acara-acara itu dibagi menjadi bentuk festival dan non-festival. Untuk festival terdapat 113 event, sisanya 332 non-festival.

Adapun kategori acara terdiri dari 40 acara olahraga, 31 acara musik, 33 acara kuliner, 60 tradisi atau keagamaan dan 35 acara pameran.

Tahun ini, acara-acara populer dan unggulan di Jawa Timur seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Jember Fashion Carnaval, Jazz Gunung Bromo dan Tour de Banyuwangi Ijen.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/28/221900527/wisata-religi-dongkrak-kunjungan-wisnus-ke-jawa-timur-di-tahun-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke