Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telanjur Pesan Paket Wisata ke China? Agen Perjalanan Tawarkan Alternatif

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah China melarang agen perjalanan setempat untuk melakukan aktivitas terkait wisata. Kebijakan ini berlaku sejak Senin (27/1/2020). 

“Para travel agent di China diberhentikan aktivitasnya untuk sementara waktu. Jadi mereka tidak boleh mendatangkan atau mengirimkan turis ke dalam maupun luar negeri,” kata Executive VP Ayo Wisata, Osean A Untung, dalam pesan singkat yang dikirim pada Selasa (28/1/2020).

Terkait larangan agen perjalanan China untuk beraktivitas, In-Con selaku wholesaler yang menjual produk perjalanan ke Biro Perjalanan Wisata di Indonesia setuju dan ikut serta dalam mendukungnya.

“Kita mau yang terbaik untuk para pelanggan. Semoga dengan ini tidak terjadi penyebaran virus corona ini ke wilayah NKRI tercinta. Walaupun mungkin akan berdampak pada bisnis kami, tapi kami rasa kepentingan bangsa lebih utama dan penting,” tutur Product Division In-Con Dewi saat dihubungi Kompas.com.

Sejauh ini, sudah ada sekitar 500 orang yang membeli paket tur wisata ke China In-Con untuk periode hingga Maret mendatang. Pembelian tersebut dilakukan sebelum adanya pemberitaan mengenai penyebaran wabah virus corona.

Dari seluruh pembelian paket tur tersebut, hampir 90 persen tamu memilih untuk melakukan penjadwalan ulang perjalanan akibat wabah virus corona.

“Sebagian besar reschedule ke bulan April ke atas. Untuk tamu yang memilih refund juga ada, akan kami proses,” kata Dewi.

Apabila ada tamu yang tidak melakukan penjadwalan ulang perjalanan ke China dan tidak melakukan pembatalan, In-Con memiliki beberapa alternatif pilihan negara lain untuk dikunjungi.

Beberapa di antaranya dialihkan ke India, Korea, Jepang, Taiwan, dan beberapa negara di Eropa.

Hal yang sama juga disebutkan oleh Chief Operating Officer Dwidayatour Hendriyapto. Sebagai salah satu agen perjalanan yang mengedepankan keselamatan pelanggan, mereka juga mendukung langkah Pemerintah China.

Sebab, langkah tersebut dinilai merupakan langkah yang tepat dalam menanggulangi penyebaran virus corona.

“Kami juga akan terus melakukan monitor secara berkala demi keselamatan para pelanggan kami,” tutur Hendriyapto saat dihubungi Kompas.com.

Sementara untuk pembelian paket tur wisata ke China, Dwidaya juga sudah memiliki beberapa pelanggan yang telah memesannya dari jauh hari.

Namun, karena adanya wabah virus corona, mereka menawarkan beberapa alternatif, seperti penjadwalan ulang perjalanan atau permintaan pembatalan.

“Selain penjadwalan ulang (dan pembatalan paket tur wisata ke China), kami juga memberikan suggestion untuk tetap melakukan perjalanan wisata ke destinasi lain selain China,” kata Hendriyapto.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/29/161700527/telanjur-pesan-paket-wisata-ke-china-agen-perjalanan-tawarkan-alternatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke