Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka 1 Februari 2020

Melalui surat keterangan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu yang diterima Kompas.com, Kamis (30/1/2020) menyebutkan lima jalur pendakian yang akan dibuka di antaranya Jalur Selo, Suwanting, Wekas, Cuntel, dan Thekelan.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan khusus jalur pendakian Selo, pendaftaran pendakian akan dilakukan dengan mekanisme booking online.

"Mulai tanggal 1 Februari 2020 akan dibuka kembali. Khusus jalur pendakian Selo, pendaftaran pendaki melalui mekanisme booking online dengan alamat situs www.tngunungmerbabu.org pada menu pendaftaran online," kata Junita seperti dikutip surat keterangan.

Lanjutnya, ia juga mengimbau bagi para pendaki untuk mematuhi tata tertib pendakian gunung dan memperhatikan kondisi cuaca serta situasi di jalur pendakian.

Ia juga menambahkan meski jalur pendakian telah dibuka kembali, namun jika terdapat situasi yang tidak memungkinkan, maka Balai TN Gunung Merbabu akan melakukan evaluasi dan mengambil keputusan lebih lanjut.

Sebelumnya, akhir Agustus 2019 lalu kelima jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup akibat kebakaran.

Kebakaran tersebut telah merusak kelima jalur pendakian dan mengharuskan Balai TN Gunung Merbabu melakukan recovery atau pembenahan.

Momen tahun baru yang biasanya ramai oleh pendaki juga tidak terlihat di Gunung Merbabu karena masih ditutupnya jalur pendakian.

Akibatnya, pendaki banyak yang kecewa dan memilih alternatif gunung lain untuk pendakian.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/30/180300127/5-jalur-pendakian-gunung-merbabu-kembali-dibuka-1-februari-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke