Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Wabah Virus Corona, Rusia Larang Kunjungan Pelancong dari China

KOMPAS.com - Larangan kunjungan (travel ban) untuk pelancong yang baru berkunjung dari China dilakukan sejumlah negara sebagai tindakan pencegahan penyebaran wabah virus corona.

Dikutip dari Reuters, terdapat 2 kasus penemuan virus corona di Rusia pada Jumat (31/01/2020). Oleh karena itu, Rusia melarang adanya penerbangan langsung ke China, mitra dagang terbesar Rusia.

Dilansir dari Bloomberg, Rusia menutup perbatasan darat di Kremlin dengan China sejauh 4.209 kilometer bagi seluruh pelancong, untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kementerian Luar Negeri Rusia menghimbau warganya untuk tidak berkunjung ke China. Pemerintah juga membatasi penerbitan visa untuk warga negara China.

Pada Sabtu (01/02/2020) Rusia menangguhkan perjalanan bebas visa bagi pelancong yang hendak pergi atau dari China untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

Untuk sementara waktu, Rusia juga akan berhenti menerima aplikasi maupun menerbitkan visa kerja bagi warga negara China.

Industri pariwisata digadang-gadang akan mengalami kerugian paling besar akibat dari penutupan perbatasan di Kremlin tersebut.

Perusahaan kereta api Rusia, JSC, memberhentikan sebagian besar layanan kereta api ke China, namun tetap mengadakan rute Moscow-Beijing.

Asosiasi Operator Perjalanan Rusia mengatakan larangan kunjungan terhadap tur grup dari China akan mengakibatkan kerugian bagi agensi perjalanan lokal sekitar 100 juta dollar dalam kurun waktu kuarter pertama tahun ini.

Diketahui bahwa Rusia dikunjungi pelancong dari China sekitar 1,3 juta pada 9 bulan pertama tahun 2019.

Bahkan Sheremetyevo, bandara terbesar Moskow, berfungsi sebagai pusat maskapai utama yang menghubungkan Eropa dan China. 

Pihak militer Rusia mulai mengevakuasi warga negara Rusia yang berada di China.

Menurut Reuters, proses evakuasi akan dilakukan pada Senin (03/02/2020) dan Selasa (04/02/2020) mendatang.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/02/162913327/cegah-wabah-virus-corona-rusia-larang-kunjungan-pelancong-dari-china

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke