Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Valentine, Harga Bunga Mawar Merah di Pasar Rawa Belong Naik

JAKARTA, KOMPAS.com  - Sudah menjadi sebuah kebiasaan jika harga mawar merah akan melonjak naik saat peringatan hari kasih sayang, termasuk di Pasar Bunga Rawa Belong.

Di hari valentine, harga bunga mawar merah akan melonjak naik hingga 70 persen. Hal ini tak lepas karena permintaan yang tinggi dari konsumen.

"Biasanya bisa naik 70 persen, bahkan lebih. Mawar merah pernah sampai Rp 350.000, seikat mawar enggak dapat kalo Rp 100.000," jelas Aris salah satu pedagang mawar, saat di temui di Pasar Bunga Rawa Belong, Selasa (04/02/2020).

Mawar yang didatangkan adalah mawar merah dari Malang dan Bandung. Mawar merah Malang lebih murah yaitu Rp 30.000 di hari biasa dan bisa menjadi Rp 70.000 hingga Rp 100.000 saat hari valentine.

Sementara itu, mawar Bandung pada hari biasa dibanderol Rp 60.000, sedangkan untuk hari valentine bisa mencapai Rp 200.000.

Adapun perbedaan mawar Bandung dan Malang terletak pada warna serta kelopak. Jika mawar merah Malang warnanya lebih maroon dan cenderung hitam di ujung kelopaknya.

Sementara mawar merah Bandung lebih berwarna merah terang. Selain itu kelopak mawar merah Bandung lebih besar.

Tips berburu bunga untuk valentine

Aris mengatakan, waktu yang tepat berburu bunga untuk valentine adalah tanggal 11-13 Februari.

"Kalau mau dateng tanggal 11 sampai 13 Februari itu pasti sudah pada ramai dan banyak mawar merah," papar Aris.

Bunga segar dikirim dari penyuplai yang ada di beberapa daerah dataran tinggi di Jawa. Setiap Minggu dan Rabu malam biasanya bunga yang baru akan tiba di Rawa Belong dan akan dijajakan pada keesokan harinya.

Sebab pada Kamis dini hari, bunga-bunga baru berdatangan. Harga juga ditentukan dari keadaan pasar. Jika ramai dan banya peminat, maka harganya akan tinggi.

Aris mengaku, tahun lalu peminat bunga mawar untuk valentine menurun, sehingga harganya tidak naik terlalu besar.

Pedagang lain, Dadun mengklaim berbelanja bunga di Pasar Bunga Rawa Belong merupakan pilihan yang tepat bagi para pengunjung. Pasar ini disebut menawarkan bunga yang segar dengan kualitas baik.

"Di sini pasti barang turun dari perkebunan dua kali seminggu, pasti yang dijual juga bagus-bagus dan segar. Kalau sudah layu dan tidak baik, maka langsung dibuang dan diganti yang baik," papar Dadun, (62) salah seorang pedagang bunga di Pasar Rawa Belong, Selasa (04/02/2020).

Ia juga mengatakan jika harga yang ditawarkan di Pasar Rawa Belong sudah terjangkau.

Selain itu, di pasar bunga ini pengunjung juga disodorkan banyak pilihan jenis bunga, dari mawar hingga tulip tersedia.

Pasar Bunga Rawa Belong tidak pernah tutup, alias buka 24 jam. Kamu bisa langsung datang ke Jalan Sulaiman No.56, RT.10/RW.3, Sukabumi Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat. Jika ingin mencari bunga hidup langsung saja mampir ke Pasar Rawa Belong blok A dan B.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/07/115000527/jelang-valentine-harga-bunga-mawar-merah-di-pasar-rawa-belong-naik

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+