Salin Artikel

Selain Hotel, Ini 4 Penginapan Unik Khas Jepang

Namun, terdapat beberapa fasilitas akomodasi khas Jepang yang bisa jadi alternatif menginap selama di Jepang.

Berikut daftar fasilitas akomodasi khas Jepang yang Kompas.com rangkum dari informasi resmi melalui Japan National Tourism Organization (JNTO), Jumat (7/2/2020):

Shukubo

Shukubo adalah penginapan di kuil Buddha di Jepang. Beberapa vihara menyediakan tempat menginap untuk wisatawan.

Apabila kamu berkunjung ke destinasi religi di Jepang, kamu akan menemukan banyak sekali shukubo yang dapat disinggahi peziarah dan para biksu.

Meski begitu, shukubo juga terbuka untuk umum dan wisatawan yang berkunjung. Beberapa shukubo bahkan menawarkan kesempatan untuk mencicipi makanan vegetarian tradisional dan menikmati meditasi zen.

Ryokan

Jika kamu ingin mencoba sensasi menginap di penginapan tradisional khas Jepang yang lengkap dengan ruangan beralas tatami, kamu bisa menginap di ryokan.

Kamu juga bisa memilih apakah ingin menginap di ryokan biasa atau ryokan kelas atas.

Biasanya, ryokan yang tersebar di Jepang memiliki sejarah panjang dan sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu.

Selain itu, terdapat juga jenis ryokan yang menawarkan fasilitas kolam air panas, pemandangan indah, atau hidangan menggiurkan.

Saat berkunjung ke Jepang, menginap di ryokan sangat direkomendasikan jika kamu benar-benar ingin merasakan keunikan tinggal di bangunan tradisional Jepang.

Kamu juga bisa mengenakan yukata saat berjalan-jalan mengelilingi ryokan dan tidur di futon.

Gassho Zukuri

Apabila kamu ingin berkunjung ke area Shirakawago karena desa tersebut telah ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia oleh UNESCO, kamu bisa memanfaatkan beberapa penginapan yang memiliki gaya arsitektur tradisional Jepang bernama Gassho Zukuri.

Sebab, penginapan gaya arsitektur tersebut merupakan ciri khas dari Shirakawago. Dengan begitu, jika kamu menginap di sana kamu dapat merasa seperti masyarakat lokal yang tinggal di rumah tradisional Jepang yang sudah berdiri sejak zaman dahulu.

Hotel Kapsul

Hotel kapsul cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa hotel lain.

Selain itu, jika kamu melancong sendirian ke Jepang, menginap di hotel kapsul akan lebih efektif karena satu kapsul hanya dapat diisi oleh satu orang saja.

Kamu juga tidak akan mudah melupakan barang-barang yang saat kamu beranjak keluar dari hotel.

Sebab ruang yang disediakan dalam satu kamar hotel kapsul cenderung kecil. Kamu akan lebih mudah mencari barang-barang dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/09/121300227/selain-hotel-ini-4-penginapan-unik-khas-jepang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.