Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tempat Wisata di Korea Selatan ala Film Parasite

KOMPAS.com - Film Korea Selatan besutan sutradara Bon Joon-ho, Parasite, berhasil menyabet kemenangan besar pada Academy Awards 2020, seperti dikutip dari BBC.

Kesuksesan tersebut menjadi perhatian dunia, bahkan lokasi syuting Parasite pun menjadi populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mulai dari supermarket sampai terowongan bawah tanah, berikut set syuting Parasite di Seoul, Korea Selatan yang menjadi tempat wisata.

Berlokasi di 32, Songijeong-ro, Mapo-gu, di supermarket yang bernama asli Doijissal ini kamu dapat menemukan jajanan masa kecil khas Korea, seperti dilansir dari Visitseoul.net.

Pada adegan di film Parasite, supermarket ini diberi nama Woori. Di sinilah Kim Ki-woo, anak lelaki keluarga Kim, diberi saran untuk bekerja part-time sebagai tutor oleh temannya, Park Seo-joon.

Berkat kemenangan besar Parasite, supermarket ini menjadi tempat wisata utama bagi wisatawan, terutama untuk berfoto di bagian depan supermarket.

Dalam film, kamu bisa melihat payung pantai di depan supermarket. Namun kini sudah dipindahkan, diganti dengan kontainer es krim.

Kamu bisa berkunjung ke tempat belanja ini setiap hari pukul 08.30-00.30 waktu setempat.

Untuk menuju tempat ini kamu bisa naik subway line 2(#243) dan 5(#531), dari Exit 6 stasiun Chungjeongno jalan kaki sekitar 10 menit menuju Doijissal Supermarket.

Tak jauh dari Doijissal Supermarket, kamu akan menemukan anak tangga yang terlihat familiar.

Itulah tangga yang menjadi set desa asal Kim Ki-taek, di mana Kim Ki-jeong (anak perempuan keluarga Kim) membeli buah persik untuk dibawa ke rumah keluarga Park.

Kamu bisa berfoto di anak tangga yang tampak biasa, tetapi menjadi populer usai kemenangan Parasite meraih Piala Oscar 2020.

Berkunjung ke sini, sebaiknya kamu tak berisik mengingat tangga ini berada di area tempat tinggal.

Usai berfoto-foto di tangga, kamu dapat sekalian singgah ke destinasi wisata sekitar. Di antaranya Ahyeon-dong Furniture Complex, Seosomun Park, dan Songijeong Sports Park.

Di tangga terowongan Jahamun, keluarga Kim berjalan usai meloloskan diri dari rumah keluarga Park, ketika keluarga Park gagal kemping akibat hujan deras.

Atmosfer terowongan ini semakin menyeramkan saat hujan turun. Namun justru inilah saat di mana ingatan kamu akan kembali pada adegan kemiskinan keluarga Kim.

Jahamun Tunnel berada di 219, Jahamun-ro, Jongno-gu. Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa naik subway line 3, dari Exit 2 stasiun Gyeongbokgung bisa jalan kaki kira-kira 10 menit.

Selain terowongan Jahamun, sempatkan juga menjelajahi Istana Gyeongbokgung, Seoul Museum of Art, dan Literary Museum of Yun Dong-Ju the Poet.

Kamu bisa naik subway line 1(#136) & 9(#917), selanjutnya jalan kaki kurang lebih 10 menit dari Exit 6 stasiun Noryangjin.

Tiba di sini, kamu akan disambut foto sang pemilik pizzaria dengan sutradara Bong Joon-ho.

Di sini kamu juga akan menemukan boks pizza yang digunakan untuk syuting Parasite. Benda ini menjadi salah satu daya tarik pizzaria yang disebut Pizza Age di film arahan Bong Joon-ho ini.

Rupanya pemilik Sky Pizza inilah yang mengajarkan pemain untuk melipat boks pizza.

Bukan sekadar lokasi syuting film, bisnis keluarga ini sudah eksis selama kira-kira 17 tahun.

Tak hanya sekadar berfoto, cicipi juga sajian andalan di sini.

Seperti Rich Gold Sweet Potato Pizza yang berbahan keju alami, ayam goreng, dan dakgangjeong yang juga sajian ayam goreng dilumuri saus manis asam buatan sang pemilik.

Toko pizza ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00, bisa juga reservasi bila ingin ke sini di luar jam operasional.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/11/190000127/4-tempat-wisata-di-korea-selatan-ala-film-parasite

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke