Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melelehkan Cokelat di Rumah agar Mengilap dan Lebih Enak

Dengan melakukan tempering pada cokelat, kandungan cocoa butter dalam cokelat akan lebih stabil dan menghasilkan rasa cokelat yang lebih enak serta tampilan yang mengilap.

Selain itu proses ini juga krusial untuk cokelat couverture karena berguna untuk menstabilkan kandungan cocoa butter di dalamnya.

Proses tempering cokelat bisa dengan mudah kamu lakukan di rumah. Kamu bisa menggunakan panci dan kompor biasa atau bisa juga menggunakan microwave untuk proses yang lebih sederhana.

Berikut ini cara mudah melakukan tempering atau melelahkan cokelat di rumah:

1, Potong cokelat

Pertama, cokelat batang yang akan kamu lelehkan harus dipotong kecil-kecil. Setelah dipotong, bagi menjadi dua bagian.

“Satu bagian dilelehkan hingga rata lalu angkat. Kemudian tambahkan bagian sisa cokelat lainnya, aduk hingga meleleh sempurna,” ujar Pastry Chef Hotel Pullman Jakarta Feri Sulfian ketika dihubungi Kompas.com pada Senin (10/02/2020).

2. Melelehkan cokelat

Ada dua cara untuk melakukan tempering cokelat di rumah. Kamu bisa menggunakan panci dan kompor atau microwave. Jika kamu menggunakan panci dan kompor biasa, sebaiknya lakukan metode bain marie atau double boil.

Caranya adalah menggunakan dua tingkat alat masak seperti alat pengukus. Satu panci diisi dengan air dan di atasnya diletakkan mangkuk. Proses pelelehan cokelat dilakukan di bagian mangkuk di atas air mendidih.

Proses ini berfungsi untuk menjaga agar cokelat tidak gosong. Sementara untuk proses tempering menggunakan microwave, kamu bisa menggunakan mangkuk atau gelas biasa.

Proses tempering cokelat menggunakan bain marie hanya perlu diperhatikan secara seksama untuk menjaga cokelat tidak gosong dan hingga meleleh secara sempurna. Sementara yang menggunakan microwave, kamu harus mengeluarkan cokelat dari microwave 30 detik sekali.

Proses ini dilakukan agar cokelat tidak cepat gosong dan meleleh dengan rata. Setiap 30 detik sekali, keluarkan cokelat dari microwave dan aduk hingga rata sambil ditambahkan bagian cokelat lainnya.

3. Gunakan es batu

Setelah cokelat meleleh secara sempurna dan terlihat warna yang berkilau, maka angkat dan matikan api.

“Setelah rata, letakkan wadah berisi cokelat di atas wadah berisi es batu, teruskan mengaduk cokelat hingga suhunya turun.”

Satu hal yang penting dalam proses tempering cokelat adalah suhu. Kamu harus benar-benar memperhatikan suhu cokelat yang sedang kamu lelehkan. Dan suhu yang harus kamu raih untuk setiap jenis cokelat juga berbeda.

Misalnya, untuk dark chocolate kamu harus mencapai suhu 40-45 derajat celsius dalam proses tempering. Setelah mencapai suhu tersebut, turunkan suhu cokelat hingga mencapai 28-29 derajat celsius. Dan terakhir, cokelat harus dinaikkan kembali ke suhu 30-31 derajat celsius sebelum digunakan.

Kemudian untuk milk chocolate, kamu harus melelehkan cokelat hingga mencapai suhu 40-45 derajat celsius. Kemudian turunkan hingga suhu 26-27 derajat celsius di atas mangkuk dengan es batu. Lalu dipanaskan kembali ke suhu 28-30 derajat celsius sebelum digunakan.

Dan terakhir adalah white chocolate. Kamu harus mencairkannya hingga mencapai suhu 40-45 derajat celsius. Jika sudah, angkat dari panci dan letakkan di atas es batu lalu turunkan suhu hingga 25-26 derajat celsius. Kemudian panaskan kembali ke suhu 27-28 derajat celsius sebelum digunakan.

Jika sudah mencapai suhu yang diinginkan, maka cokelat yang sudah dilelehkan siap untuk digunakan. Biasanya cokelat tempering seperti ini bisa digunakan untuk praline, hiasan sajian dessert, atau membuat chocolate dome.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/12/161800227/cara-melelehkan-cokelat-di-rumah-agar-mengilap-dan-lebih-enak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke