Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tour de Bintan 2020, Perpaduan Sempurna antara Balapan dan Wisata

KOMPAS.com –Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar mengatakan, komposisi balapan terbaik tetap disajikan dalam gelaran Tour de Bintan 2020.

“Mereka nantinya akan melintasi beragam destinasi menarik yang ada di Bintan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (12/2/2020).

Buralimar melanjutkan, Ajang yang akan digelar Jumat (27/3/2020) hingga Minggu (29/3/2020) itu menyajikan lima nomor dengan venue berbeda.

Pada hari pertama, nomor Individual Time Trial sepanjang 175 kilometer (km) akan digelar di Plaza Lagoi, Bintan.

Hari berikutnya, Gran Fondo Classic 146 km dan Gran Fondo Challenge 85 km akan digelar di Simpang Lagoi, Bintan.

Hari terakhir, nomor Gran Fondo Century 108 km dan Gran Fondo Discovery 55 km akan hadir di Bintan Lagoon Resort.

“Dijamin, jalannya balapan makin menarik karena mereka akan disuguhi view eksotis khas Bintan di sepanjang track,” kata Buralimar.

Pemandangan tersebut di antaranya kawasan wisata Lagoi, Pantai Trikora, Pantai Sakera, Gurun Pasir Bintan, dan Gunung Bintan.

Beberapa nomor yang akan melintasi lima destinasi tersebut, antara lain Gran Fondo Classic 146 km, Gran Fondo Challenge 85 km, dan Gran Fondo Century 108 km.

Sajian pemandangan Bintan

Balapan akan dimulai dari kawasan wisata Lagoi yang menawarkan banyak spot eksotis dan instagramable.

Kawasan ini menawarkan spot Lagoi Bay Beach, Treasure Bay, Lantern Park, Foodstagram, hingga Yeah Lounge.

Lagoi Bay Beach adalah kawasan belanja dengan berbagai tempat fotoinstagramable berlatar pantai. Salah satunya spot tulisan Lagoi Bay menyala penuh warna pada malam hari.

Kawasan lainnya adalah Treasure Bay yang dikenal sebagai kolam renang terbesar di Asean.

Ada pula Lantern Park yang menawarkan lampu warna dengan beragam bentuk, khususnya satwa.

Koleksi tempat instagramable makin terbentang dengan Yeah Lounge dan Foodstagram yang menyajikan beragam kuliner otentik dengan cita rasa nikmat.

Buralimar melanjutkan, banyak obyek wisata di sana yang menawarkan banyak spot nyaman untuk bersantai dan melepas penat, khususnya di malam hari.

Eksotisme Pantai Trikora dan Pantai Sakera

Selain Kawasan Wisata Lagoi, beragam warna eksotis juga ditawarkan Pantai Trikora dengan garis pantai sepanjang 21 km dan terbagi dalam tiga zona.

Kawasan itu memiliki zona hamparan batu granit raksasa. Beberapa aktvitas yang ditawarkan adalah snorkeling, menyelam, banana boat, dan kano.

Pantai Sakera di Tanjung Uban, Bintan Utara, Bintan pun makin melengkapi destinasi bahari dengan hamparan pasir putihnya yang landai dan rindangnya pepohonan.

Tak kalah menarik, ada banyak aktivitas khas yang bisa dilakukan di sana saat air surut, seperti mencari siput, gonggong, dan teripang.

Bintan, antara gunung dan laut

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Wan Rudy Iskandar menambahkan, ada pula gurun dan Gunung Bintan.

Gurun Pasir Bintan, imbuh dia, akan mengajak wisatawan seolah berada di Timur Tengah.

“Sejauh mata memandang terhampar pasir putih bergunung-gunung, lengkap dengan oase. berupa telaga dengan air berwarna biru,” kata Wan Rudy.

Dia menambahkan, area bekas tambang itu memang menjadi rujukan wisatawan mancanegara dari Asia dan Eropa.

Untuk wilayah pegunungan, Gunung Bintan memiliki puncak tertinggi dengan banyak keunikan, serta kaya akan flora dan fauna khas.

Bahkan, ada air terjun di salah satu sudut gunung yang menjadi lokasi terbaik untuk menikmati durian. Saat panen, digelar acara Bintan Mountain Tracking and Durian Party.

“Track balapan Tour de Bintang 2020 memang sangat menarik. Destinasi yang dilalui itu populer dan terkenal dengan keindahannya,” kata Iskandar.

Manjakan para peserta

Senada, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelengggara Kegiatan (Event) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani mengatakan, Bintan akan memanjakan para peserta lomba.

“Komposisinya lengkap, mulai dari pantai hingga pegunungan. Selain alam, peserta juga bisa menikmati warna budayanya. Semuanya masih otentik,” ujar dia.

Selain lima destinasi yang masuk track balap Tour de Bintan 2020, Bintan sejatinya masih memiliki banyak spot eksotis.

Warna baharinya dikuatkan melalui Pulau Beralas Pasir, Pantai Senggiling, juga Kapal MV Doulos Phos. Titik lain yang dihadirkan adalah Bukit Panglong dan Rumah Arang.

“Ada banyak sekali obyek yang bisa dijelajah. Jadi, idealnya mereka tinggal lebih lama di Bintan,” ungkapnya.

Dengan begitu, lanjut Rizki, beragam spot eksotis yang ditawarkan bisa dinikmati lebih maksimal.

“Yang jelas, kami rekomendasikan Tour de Bintan 2020 dengan beragam sisi lain eksotisnya sebagai spot berlibur,” imbuh dia.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/14/182534327/tour-de-bintan-2020-perpaduan-sempurna-antara-balapan-dan-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke