Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mengolah Kepiting Ala Chef Arnold di MasterChef Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengolah kepiting bisa dikatakan susah-susah gampang. Terkadang untuk memisahkan daging dari kulit kepiting saja membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra.

Belum lagi untuk mengolah dagingnya, cita rasa daging harus dipertahankan dan harus bisa menonjol.

Chef Arnold, salah satu juri MasterChef Indonesia 2020, membagikan tips mengolah hidangan crab congee. Hidangan yang terdiri dari sup ini populer di Macau. kepiting Tips ini dibagikan dalam demo masak menjelang tantangan preassure test yang tayang Minggu (16/2/2020).

"Kita sudah tau pasti kita akan mengolah kepiting, kita akan membuat hidangan yang sangat simple, yaitu bubur kepiting," kata Chef Arnold.

Untuk memasak kepiting langkah pertama yang dilakukan adalah merendam kepiting di dalam mangkuk berisi es batu. Proses pendinginan ini bertujuan untuk membius kepiting secara alami.

Selanjutnya bersihkan kepiting, lalu pisahkan ingsang dari kepiting dan buang ingsang dan jeroan dari kepiring. Setelah itu langsung di kukus agar matang.

"Kepiting yang segitu besar bisa di-steam kira-kira 10 menit," ujar Chef Arnold.

Selain itu kepiting yang sudah dibuka atau dipotong, lebih baik dikukus. Hal tersebut untuk menghindari keptingnya berair dan tidak terlaru larut dengan air rebusan.

Setelah matang kepiting dapat diangkat dan dimasukan kembali di dalam mangkuk berisi es batu agar mudah dipisahkan dari cangkangnya. Jika sudah direndam dalam es batu, maka bisa langsung mengupas kepiting.

"Jangan sampai cangkangnya hancur, biar tidak masuk ke dalam dagingnya," papar Chef Arnold.

Daging kepiting yang sudah terpisah dari cangkangnya maka bisa langsung dimasak dengan bumbu-bumbu pilihanmu. Di MasterChef Indonesia, kepiting dimasak sebagai congge atau bubur sup. 

https://travel.kompas.com/read/2020/02/16/212142627/tips-mengolah-kepiting-ala-chef-arnold-di-masterchef-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke