Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Ramdon di Film Parasite, Ini 5 Makanan Campur ala Korea

Semangkuk ramyun punya perjalanan panjang hingga akhirnya dapat mendunia. 

Akhir-akhir ini, tren ramyun yang sedang populer adalah dengan mencampur ramyun atau menambahkan twist baru ke dalamnya. “Ramyun Blending” jadi salah satu hal populer berkat aksi karakter Yoonhoo di sebuah acara berjudul “Dad! Where Are We Going?”

Yoonhoo mencampurkan Chapagetti dan Neoguri lalu memunculkan campuran baru bernama chapaguri.

Makanan ini semakin terkenal setelah tampil di film Parasite dengan tambahan steak sirloin.

Berikut ini tiga jenis makanan campur-campur ala Korea seperti dilansir dari Soompi.

1. Chapaguri: Chapa(getti) + (Neo)guri

Chapagetti pada dasarnya adalah merek jjajangmyeon siap saji. Jjajangmyeon sendiri adalah mi dengan saus kedelai hitam yang jadi salah satu hidangan paling terkenal di berbagai restoran China yang ada di Korea.

Sementara itu, Neoguri adalah merek ramen seafood pedas dengan mi tebal. Menggabungkan keduanya akan menghasilkan campuran rasa pedas dan earthy dari Neoguri dengan rasa manis dan asin dari Chapagetti.

Kamu bisa menikmati makanan ini dengan kimchi atau daikon acar untuk menambah rasa dari chapaguri.

2. Kimbura: Kim(chi) + Bu(tter) + Ra(myun)

Kimchi Butter Ramyun diperkenalkan oleh karakter Jiwon di acara “Happy Together”. Orang-orang Korea sana senang sekali menyingkat kata. Kimbura jadi salah satunya. Cara pembuatannya cukup mudah dan menghasilkan rasa yang katanya sangat enak.

Mentega yang dicampurkan ke dalam ramyun akan membuat rasa ramyun lebih lembut dari rasa pedas yang biasanya menggigit. Sementara itu, kimchi akan memberikan dimensi rasa yang benar-benar berbeda.

3. Golbim Myun: Gol(baengyi) + (Bi)bim Myun

Hidangan ini bukan untuk kamu yang lemah. Golbaengyi adalah salah satu jenis siput kecil. Siput sendiri jadi salah satu makanan yang umum ditemukan di banyak hidangan Asia serta Eropa, dan tentunya Korea.

Sementara itu, Bibim myun adalah mi campur pedas dingin. Karakter Dongwan di acara “Happy Together” yang memperkenalkan resep dari hidangan ini. Kamu bisa mencampur golbaengyi dengan timun dan daun bawang. Lalu masukkan saus asam manis dari bibim.

Jika kamu tak ingin menggunakan siput kecil, kamu bisa juga menggantinya dengan cumi atau calamari.

4. Rabokki: Ra(myun) + Tteok(bokki)

Dilansir dari My Korean Kitchen, rabokki adalah kombinasi dari ramyun alias mi instan Korea dan tteokbokki yang adalah kue beras pedas ala Korea. Banyak orang yang menyukai rabokki karena rasanya menarik dan teksturnya yang unik.

Untuk membuat rabokki, kamu membutuhkan kue beras Koera, mi instan, kue ikan Korea, kembang kol, saus pedas, dan telur rebus. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai topping tambahan seperti pangsit dan lumpia rumput laut.

Beberapa orang juga suka menambahkan jjolmyeon atau mi kenyal dibandingkan menggunakan ramyun. Ada juga yang menambahkan bumbu berupa bumbu dari mi instan Korea sebagai tambahan dari saus pedas. Selain itu, keju juga akan menambahkan rasa yang nikmat.

5. Mi Instan dengan Keju

Selain campuran antara dua makanan sekaligus, ada juga resep ramyun atau mi instan campur-campur dengan menggunakan keju Amerika ala Chef Roy Choi. Dilansir dari Tasting Table, dalam buku resepnya berjudul L.A. Son: My Life, My City, My Food, ia membagikan resep mi instan Korea dengan sentuhan keju Amerika.

Menurut Choi, aktivitas membuat mi instan bagi anak-anak Korea-Amerika sudah jadi ritual yang penuh dengan spiritual dan metodis. Choi memasukkan resep tersebut dalam sebuah bab yang membahas fase dirinya ketika jadi mahasiswa penuh kebingungan di New York.

Resep mi instan yang ia masukkan adalah gambaran bahwa setelah melalui masa yang sulit, mi instan jadi simbol kebahagiaan yang sederhana. Ia ingin memunculkan resep yang sederhana dan menyenangkan serta punya unsur budaya yang cukup kental.

Resep Choi cukup sederhana. Ia hanya memasak mi instan seperti biasa, lalu dalam rebusannya ia tambahkan bumbu instan dan tiga butir telur ke dalam rebusan dua bungkus mi yang sedang ia masak.

Setelah telur dan mi matang, tambahkan beberapa sendok makan mentega dan keju. Setelahnya tuangkan ke mangkuk, lalu tambahkan tiga lembar keju Amerika.

Lalu taburkan bawang daun yang sudah diiris tipis dan biji wijen. Aduk mi sampai rata di dalam mangkuk, dan mi instan spesial ala Chef Roy Choi siap disantap.

Keju Amerika dan mentega yang ditambahkan oleh Chef Roy Choi akan memberikan kelembutan serta rasa gurih dan creamy yang berbeda pada mi instan.

Ia berkata bahwa resep ini punya rasa yang persis sama seperti yang sering ia makan di rumah, ini adalah mi instan sempurna baginya.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/17/130600227/selain-ramdon-di-film-parasite-ini-5-makanan-campur-ala-korea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke