Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 10 Mi Instan Korea Paling Enak, Cocok Jadi Oleh-oleh

Dilansir dari situs The Ramen Rater, dari sekitar 360 jenis mi instan Korea Selatan dan 326 jenis di antaranya telah ia cicipi. Berikut ini daftar 10 mi instan Korea Selatan terbaik tahun 2018 menurut situs The Ramen Rater.

Jenis-jenis mi instan ini bisa juga kamu jadikan oleh-oleh yang murah, sederhana, dan disukai banyak orang di rumah. Namun penting bagi wisatawan Muslim untuk melihat kembali kandungan ramyun Korea Selatan yang kadang mengandung babi.

Berikut 10 mie instan Korea Selatan atau ramyun terbaik versi The Ramen Rater:

10. Nongshim Shin Ramyun Black

Shin Ramyun Black ini jadi versi upgrade dari Shin Ramyun original. Dalam versi ini terdapat bumbu dasar untuk sup Sul-Long-Tap yang memberikan rasa lebih terhadap kuah mi instan ini. Mi-nya yang tebal dan sedikit rasa pedas menggigit juga punya sensasi yang berbeda.

Paldo Cheese Noodle punya kombinasi antara kuah pedas dengan keju yang kaya rasa. Mi bertekstur tebal dan cukup banyak kuantitasnya. Selain versi ini, ada juga versi lebih pedasnya yaitu Paldo Flaming Hot Savory Cheese Noodle.

8. Nongshim Champong Noodle Soup Spicy Seafood Flavor

Nongshim Champong adalah mi instan kuah dengan rasa seafood pedas. Mi instan ini mengombinasikan rasa asli ramyun Korea tapi mengganti daging yang biasanya digunakan dengan seafood.

Versi ini ternyata cukup baik dengan rasa kenyal dari mi ramyun. Rasanya mirip seperti rebusan seafood. Paling pas jika ditambah topping seafood agar rasanya makin kuat.

7. Nongshim Neoguri Stir-Fry Noodles Spicy Seafood

Mi instan ini jadi salah satu jenis baru di pasaran. Neoguri Spicy Seafood Soup sudah lama jadi favorit banyak orang. Kini muncul versi kering dari jenis tersebut.

Rasa dari versi “goreng” dari mi instan ini dianggap lebih enak. Pasalnya, terdapat juga topping yang memberikan rasa berbeda pada mi instan ini berupa kue ikan kecil.

6. Paldo Rabokki Noodle

Untuk bisa memahami rasa dari Paldo Rabokki Noodle, kamu harus mencoba tteokbokki dahulu. Tteokbokki sendiri adalah kue beras berbentuk seperti silinder yang bertekstur kenyal.

Biasanya tteokbokki disajikan dengan saus merah kental yang pedas dan manis, serta disajikan dengan kue ikan, telur, dan beberapa bahan lain. Mi ini dipasangkan dengan saus yang biasa dipakai di hidangan tteokbokki dan memberikan representasi yang baik dari tteokbokki.

Mi instan jenis ini adalah mi dingin yang cocok dimakan kapan pun. Namun jika dimakan di musim panas, akan terasa lebih nikmat. Mi ini dilapisi saus pedas manis yang menyegarkan. Mi terasa lebih enak jika dipasangkan dengan timun segar dan telur rebus.

4. Ottogi Jin Jjambbong Spicy Seafood Ramyun

Seri Jin dari Ottogi punya berbagai variasi rasa baru-baru ini. Di Taipei, terdapat restoran bernama Love Instant Noodles. Mereka memasak berbagai jenis mi instan dan menyajikannya panas-panas. Kamu bisa menemukan mi jenis ini salah satunya di sana.

Jjambbong merupakan sejenis rebusan dengan kuah pedas dan yang satu ini memiliki sedikit rasa asap di dalamnya. Rasa tersebut berpadu baik dengan mi lebar di dalamnya dengan tekstur yang sangat kenyal.

Budae Jjigae ini sempat jadi nomor satu di daftar ramen terbaik di dunia pada 2017. Budae Jjigae sendiri adalah sejenis sup campuran yang terinspirasi dari ransum pada tentara Amerika Serikat saat perang Korea yang berpadu dengan kuliner khas Korea Selatan.

2. Ottogi Budae Jjigae Ramen

Merek Ottogi juga punya variasi Budae Jjigae. Dengan berbagai toping seperti cacahan daging yang bercampur dengan rasa khas Korea Selatan, menghasilkan rasa yang nikmat. Budae Jjigae berarti “troop stew” atau rebusan tentara yang terinspirasi dari ransum donasi dari pasukan Amerika Serikat kala perang Korea.

1. Samyang Foods Paegaejang Ramen

Mi instan nomor satu dalam daftar ini adalah Samyang Foods Pagaejang. Mi instan ini punya rasa mi daging sapi yang sangat kuat, termasuk kuah yang kaya rasa. Mi-nya sendiri punya bentuk yang unik. Sedikit tipis di bagian sisi tapi tetap kenyal di dalamnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/17/140700027/daftar-10-mi-instan-korea-paling-enak-cocok-jadi-oleh-oleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke