Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep dan Cara Membuat Smash Burger di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com  - Banyak orang berpikir jika burger adalah makanan yang hanya bisa dinikmati di restoran dan tempat makan mewah. Jangan salah, kamu bisa membuat smash burger seperti yang ada di restoran-restoran di dapur rumahmu.

Bahan yang diperlukan sangat mudah ditemukan dan bisa didapat di pasar, pusat belanja, dan toko makanan. Chef Ian Chin, yang berpengalaman dalam hal memasak roti dari Amerika Serikat, membagikan tips untuk memasak smash burger.

"Smash burger ini sangat mudah dibuat di rumah, siapkan saja bahan-bahannya dan dua spatula, salah satunya harus yang pipih” jelas Chef Ian Chin, di Almond Zucchini Cooking Studio, Senin  (17/02/2020).

Smash burger adalah jenis burger dari Amerika yang patty (daging isian burger) berbentuk lebih tipis sehingga lebih crispy dan lebih cepat matang. Nama smash burger mengacu paty akan dipipihkan di atas teflon yang panas, seakan di-smash atau dihancurkan.

Sebelum membuat, kamu harus mempersiapkan bahan-bahan untuk paty, untuk saus, dan topping-nya. Berikut bahan yang harus digunakan :

Bahan patty smash burger :

400 gram daging sapi giling

Garam (sesuai selera)

Lada (sesuai selera)

Bahan saus, garlic aioli sauce :

1/4 Mayonaise

1 Sendok makan mustard kuning

1 Sendok teh madu

2-3 Siung bawang putih (diparut)

2 Cubit parsley (parteseli) cincang

Bahan topping :

1/2 Bawang bombai (dipotong dadu kecil-kecil)

Selada

Keju Cheddar (iris tipis-tipis)

4 roti hamburger ukuran medium (dipotong menjadi dua bagian)

Langkah-langkah membuat smash burger :

1.Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membentuk daging cincang menjadi bentuk bulat-bulat. Daging 400 gram bisa dibagi menjadi empat lalu baru dibentuk bulat-bulat.

"Sesudah membentuk daging bumbui dengan garam dan merica, jangan lupa untuk bumbui di kedua sisinya," jelas Chef Ian Chin.

2. Setelah itu panaskan wajan dengan api sedang sampai mulai muncul asap. Tambahkan 1-2 sendok teh minyak lalu masukkan daging satu per satu. Daging yang berbentuk builat dapat dipiphkan dengan spatula yang tipis dan ditekan dengan statula satunya diatasnya.

"Usahakan paty tipis dan berenda, lakukan dengan cepat sehingga sarinya tidak terlalu banyak keluar. Jika warnanya sudah baik di satu sisi, balik burgernya," papar Chef Ian.

3. Tambahkan keju. Letakan keju yang sudah diiris di atas paty. Lalu masukan bawang bombai dan tumis bawang bombai di sisi panci yang lain. Lalu tutup pancinya dan tunggu hingga meleleh sekitar 1 menit.

"Bawang bombai bisa memberi rasa juga kepada daging," jelas Chef Ian.

4. Sambil menunggu keju meleleh kamu bisa membuat saus garlic aioli. Campurkan bawang putih, mayonaise, mustard, madu, parsley (peterseli) dan campurkan menjadi satu. Setelah itu bisa dioleskan di dua sisi dalam roti.

5. Setelah kejunya meleleh angkat patynya dan diamkan di atas piring. Biarkan tumisan bawang bombai. Kamu bisa memasukan memasak roti.

6. Bagian sisi dalam roti yang sudah dioles dengan saus garlic aioli, bisa menghadap ke bawah, goreng hingga warnanya kecoklatan. Setelah itu berikan sedikit air agar tekstur rotinya lembut dan empuk.

7. Jika sudah angkat roti dan bawang bombai. Jangan lupa untuk memberi saus garlic aioli lagi pada kedua sisi dalam roti.

8. Lalu susun burger, pertama roti, patty, bawang bombay, daun selada dan roti bagian atas. Kamu juga bisa menambahkan daun parsley untuk hiasannya.

Dengan demikian smash burger bisa dinikmati. Lebih nikmat jika ditambahkan saus tomat atau saus sambal saat menyantapnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/18/140300127/resep-dan-cara-membuat-smash-burger-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke