Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Ketinggalan, 86 Acara Pariwisata Menarik di Lampung pada 2020

Acara tersebut tersebar di 13 kabupaten/kota selama tahun 2020 dengan fokus pada penguatan konten kearifan lokal Lampung.

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim mengatakan, agenda pariwisata ini sudah diluncurkan dan dijadwalkan. Nantinya, setiap bulan ada acara unggulan di kabupaten/kota.

"Sektor pariwisata ini sekarang jadi prioritas pemerintah provinsi, selain pertanian dan industri. Bahkan, sektor pertanian juga didorong untuk menjadi agrowisata, saling berkaitan," kata Nunik saat peluncuran calender of event Lampung, pekan lalu.

Nunik menambahkan, gairah pariwisata di Lampung mulai meningkat beberapa tahun belakangan. Wisatawan, baik nusantara atau mancanegara, mulai menjadikan Lampung sebagai destinasi wisata.

"Tahun 2019, tercatat ada 10,73 juta wisatawan datang ke Lampung. Harapannya, tahun 2020 ini bisa di atas itu," kata Nunik.

Salah satu faktor peningkatan kunjungan wisatawan ini, kata Nunik, adalah infrastruktur yang mendukung seperti kemudahan akses menuju Lampung.

"Pembangunan jalan tol membuat wisatawan, misalnya dari Palembang, jadi lebih mudah, lebih cepat. Kemudian bandara juga," kata Nunik.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kadis Pariwisata Lampung, Endarwan mengatakan, perlu adanya kerjasama dengan para pelaku pariwisata maupun pemilik tempat wisata

"Pemerintah tidak bisa apa-apa tanpa kehadiran para stakeholder (pelaku pariwisata)" kata Endarwan.

Endarwan menambahkan, ada dua agenda pariwisata di Lampung yang juga masuk kalender nasional, yakni Krui Pro (World Surf League) yang akan digelar pada 15–20 April 2020 di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat.

Kemudian Festival Krakatau yang digelar pada 28–30 Agustus 2020 di Bandar Lampung dan Lampung Selatan.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/19/111500627/jangan-ketinggalan-86-acara-pariwisata-menarik-di-lampung-pada-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke