Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisatawan Indonesia Tetap Pergi ke Singapura, Tak Takut Virus Corona

Menurut Area Director Singapore Tourism Board (STB) untuk Indonesia, Mohamed Firhan Abdul Salam, wisatawan Indonesia adalah turis yang konsisten berkunjung ke Singapura.

“Kalau kita belajar dari kasus SARS tahun 2003 kemarin, Indonesia adalah market yang paling resilient (konsisten). Orang lain mungkin takut ke Singapura tapi market Indonesia tetap saja ke sini,” ujar Firhan ditemui di acara Singapore Toursim Board Year End Gathering di Ritz Ccarlton Pacific Place Jakarta, Selasa (18/2/2020).

“Kita yakin bahwa pertumbuhan Indonesia akan tumbuh lagi selepas kondisi ini. Setelah bebas virus corona, Indonesia jadi market yang kuat untuk Singapura,” lanjutnya.

Jumlah kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Singapura pada 2019 mencapai 3,11 juta kunjungan.

Jumlah kunjungan ini bertumbuh sebanyak 3 persen dari tahun sebelumnya yang juga mencapai rekor jumlah kunjungan wisatawan Indonesia terbanyak ke Singapura sepanjang sejarah.

"Selain dari segi jumlah, pertumbuhan juga ada dari segi belanja. Kemarin pertumbuhan itu sebanyak 6 persen. Pendapatan pariwisata dari Indonesia mencapai 2,26 miliar dolar Singapura,” ujar Firhan

Dengan jumlah ini, Indonesia selalu konsisten berada di posisi kedua untuk negara penyumbang turis terbesar ke Singapura.


Posisi pertama diisi oleh turis China dengan jumlah total kunjungan wisatawan di 2019 sebanyak 3,11 juta orang.

Namun untuk saat ini, penerbangan Singapura-China ditutup karena wabah virus corona.

"Memang kebanyakan turis China karena mereka nomor satu jumlah wisatawan ke Singapura. Kedatangan turis dari China biasanya sekitar 20 persen dari jumlah total kedatangan internasional. Jadi dengan ada travel restriction itu, otomatis sudah menurun 20 persen,” jelas Firhan.

Selain Indonesia, pada 2019 wisatawan dengan pertumbuhan jumlah kunjungan tinggi di Singapura adalah China dengan pertumbuhan 6 persen dan Amerika Serikat dengan jumlah pertumbuhan 13 persen.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/19/134944427/wisatawan-indonesia-tetap-pergi-ke-singapura-tak-takut-virus-corona

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke