Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Lengkap ke Raja Ampat di Akhir Pekan, Harga Mulai Rp 8,7 Juta

Namun, sering kali wisatawan harus menunggu jatah cuti untuk dapat pergi ke sana.

Jangan khawatir, kini kamu bisa berwisata ke Raja Ampat pada akhir pekan. Dengan harga mulai dari Rp 8,7 jutaan kamu bisa berangkat pada Jumat.

Adapun paket wisata yang menjual wisata Raja Ampat akhir pekan salah satunya dari Raja Ampat Wholesale.

Menurut Sales and Reservation Raja Ampat Wholesale Yayam Maryami, paket wisata ini berlangsung selama 4 hari 3 malam. Para peserta tur akan diajak menikmati keindahan laut Raja Ampat mulai dari snorkeling, diving, dan hal seru lainnya.

"Seluruh alam Raja Ampat memang semuanya bagus dan indah. Apalagi untuk alam bawah lautnya, jadi banyak digemari oleh wisatawan yang suka snorkeling, diving lebih cocok di sana," kata Yayam kepada Kompas.com, di sela-sela acara TTC Travel Mart Jakarta 2020, Senin (17/2/2020).

Berikut itinerary perjalanan wisata Raja Ampat 4 hari 3 malam pada akhir pekan:

1. Hari pertama tiba di Sorong menuju Waisai

Sekitar pukul 07.00 WIT peserta tur tiba di Bandara Domine Eduard Osok Sorong. Kemudian, peserta langsung diantar menuju Pelabuhan Sorong.

Para peserta mulai berangkat ke Waisai Raja Ampat dengan kapal Express Marina namun bisa juga dengan kapal Belibis atau Bahari. Perjalanan penyebrangan dijadwalkan pukul 09.00 WIT hingga pukul 11.00 WIT.

Sekitar pukul 11.00 WIT, peserta sudah tiba di Waisai dan menuju resort atau penginapan untuk melakukan check in kamar.

Satu jam kemudian, tepatnya pukul 12.00 WIT, peserta makan siang dan dilanjutkan dengan acara bebas.

2. Hari kedua memulai perjalanan tur Raja Ampat

Perjalanan tur Raja Ampat akan dimulai pukul 07.00 WIT dengan diawali makan pagi di penginapan. Baru kemudian sekitar pukul 08.00 WIT, peserta berangkat menuju Piaynemo Raja Ampat.

Para peserta akan diajak melihat puncak Piaynemo Raja Ampat yang merupakan puncak terindah dengan pemandangan birunya lautan Papua, dan gugusan karst nan cantik.

Namun, sebelumnya peserta perlu mendaki sejenak atau trekking menuju puncak Piaynemo selama lebih kurang 15 menit. Jarak dari bawah hingga puncak Piaynemo sekitar 200 meter.

Setelah puas menikmati puncak Piaynemo, peserta akan melakukan santap siang di Piaynemo Homestay sekitar pukul 11.00 WIT.

Satu jam kemudian, peserta akan menuju Telaga Bintang untuk trekking dan melihat bintang lagoon. Pada trekking kali ini, peserta disarankan untuk memakai sepatu karena jalur trek yang dilalui cukup keras dan berbatu.

Puas melihat Telaga Bintang, peserta lalu melanjutkan perjalanan ke Kampung Wisata Arborek untuk aktivitas yang ditunggu yaitu snorkeling. Perjalanan dimulai pukul 14.00 WIT.

Peserta juga akan diajak memberi makan ikan dari tepung buatan penduduk setempat ketika sampai di Kampung Sawinggrai pada pukul 15.00 WIT.

Sekitar pukul 16.00 WIT, perjalanan dilanjutkan menuju Pasir Timbul di mana peserta bisa berfoto dan melakukan aktivitas lainnya di sini.

Satu jam berikutnya, perjalanan wisata hari kedua diakhiri dengan kembali ke penginapan sekitar pukul 17.00 WIT.

Peserta akan melakukan santap malam di penginapan sekitar pukul 18.00 WIT.

3. Hari ketiga tur Raja Ampat menuju Teluk Kabui

Perjalanan hari ketiga ini diawali dengan sarapan pukul 07.00 WIT. Dua jam berikutnya, peserta memulai tur menuju Teluk Kabui. Tempat wisata ini berada di wilayah perairan Pulau Waigeo dan dapat ditempuh dari Waisai.

Para peserta akan dibuat takjub dengan melihat sebuah batu besar berbentuk menyerupai pensil.

Batu tersebut dinamai oleh warga setempat dengan nama Batu Pensil. Kapal bisa bersandar di dermaga kecil dekat batu itu, dan para peserta bisa berfoto di sana.

Tak jauh dari sana, juga ada batu besar nan unik lainnya. Batu ini dinamai Batu Wajah karena jika dilihat dari arah samping akan terlihat seperti bentuk wajah dengan hidung mancung.

Sekitar pukul 11.00 WIT, setelah puas berfoto di batu pensil dan batu wajah, peserta diajak menuju Yuembuba untuk aktivitas snorkeling.

Satu jam kemudian, peserta melakukan santap siang dan dilanjutkan menuju Sauwandarek untuk kembali snorkeling.

Tak cukup sampai di situ, para peserta juga kembali diajak snorkeling ria di Friwen Wall sekitar pukul 14.00 WIT.

Berikutnya setelah puas snorkeling, peserta melanjutkan perjalanan ke pantai Friwen untuk melihat keindahan pantai dan bersantai di pulau tersebut.

Puas bersantai dan bercanda bersama warga lokal di Pulau Friwen, peserta akan mengakhiri tur hari ketiga dengan kembali ke penginapan pukul 17.00 WIT. Para peserta melakukan santap malam di penginapan pukul 18.00 WIT.

Hari keempat Waisai - Sorong, kembali ke Jakarta

Perjalanan wisata Raja Ampat selama 4 hari 3 malam segera berakhir. Para peserta memulai aktivitas sebelum kembali ke Jakarta dengan diawali makan pagi di penginapan.

Kemudian, sekitar pukul 08.00 WIT peserta akan check-out dan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Waisai.

Pukul 09.00 WIT, kapal akan menuju ke Sorong dan dijadwalkan tiba di Sorong pukul 11.00 WIT.

Para peserta tiba di Sorong dan langsung menuju bandara Domine Eduard Osok Sorong. Perjalanan tur wisata Raja Ampat akhir pekan pun selesai.

Harga paket wisata ke Raja Ampat mulai Rp 8,7 juta per orang

Adapun harga paket wisata ini mulai dari Rp 8,7 juta. Harga tersebut sudah termasuk tiket pesawat, penginapan di Resort Waisai, tiket kapal, speedboat pribadi selama trip pulau, makan, transportasi antar jemput bandara, pemandu lokal, dan asuransi perjalanan.

Harga tidak termasuk tip pemandu lokal Rp 200.000 per orang, pin turis domestik Rp 500.000 per orang, dan pin turis asing Rp 1 juta per orang.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/19/170700927/panduan-lengkap-ke-raja-ampat-di-akhir-pekan-harga-mulai-rp-87-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke