Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkunjung ke Javanese Food Festival, Jangan Lupa Cicipi 6 Jajanan Khas Jawa Ini

JAKARTA,KOMPAS.com - Kudapan manis hingga gurih khas Tanah Jawa dijajakan di Javanese Food Festival, Mal Mangga Dua. Festival ini diadakan pada 14 Februari hingga besok 23 Februari.

Pengunjung diajak jelajah kuliner, menjajal jajanan khas Jawa seperti serabi solo, jadah bacem, bolang baling, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun ramah di kantong, dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Berikut rekomendasi camilan yang ada di Javanese Food Festival, di Atrium Mall Mangga Dua:

Makanana khas dari Kota Bengawan Solo ini berhasil mencuri perhatian. Serabi dengan tekstur yang garing di bagian pinggirnya dan lembut di tengah bisa membuat penikmatnya ketagihan.

Serabi bisa ditemukan di Javanese Food Festival, Mal Mangga Dua dengan beraneka rasa dan varian.

Tersedia serabi dengan toping cokelat, original, keju, nangka dan masih banyak lagi. Serabi dibuat dadakan dan proses pembuatannya bisa langsung dilihat pengunjung.

“Membuat serabi itu susah butuh latihan minimal seminggu,” jelas penjual Serabi di Javanese Food Festival, Mal Mangga Dua, Sabtu (22/02/2020).

Camilan manis ini juga nikmat disantap hangat-hangat. Apa lagi jika baru diangkat dari kuali, adonan santan yang masih setengah matang berkumpul di bagian tengah serabi.

Tekstur lembut, sedikit lembek dengan rasa manis, gurih berbaur dengan pas dalam satu gigitan.

Satu paket serabi dihargai Rp 5.000. Namun kamu bisa membeli dengan harga lebih murah dengan membeli paket isi 6 seharga Rp 25.000.

2. Jadah bacem

Camilan sehat khas Gunungkidul, Sleman ini juga hadir dalam Javanese Food Festival, Mal Mangga Dua. Berbentuk seperti hamburger, makanan ini bisa dikatakan burgernya orang Sleman.

Jajanan tradisional dari Yogyakarta ini terdiri dari jadah, tempe atau tahu bacem. Jadah merupakan ketan bercampur kelapa berbentuk kotak. Di atas jadah ditumpuk dengan tempe atau tahu bacem.

Kamu bisa menyantapnya layaknya makan sebuah burger. Tekstur legit dari jadah bertemu terkstur tempe bacem yang padat membuat sensasi menyantap jadah semakin nikmat.

Apa lagi jika jadah dibakar, sehingga teksturnya sedikit krispi dan keras. Untuk rasanya jangan ditanya. Rasa gurih dari jadah bercampur dengan rasa manis dari bacem membuat cita rasa yang seimbang.

Satu paket jadah bacem berisi 5 jadah, 5 tempe atau tahu bacem dihargai Rp 25.000 sedangkan untuk harga satuannya Rp 5.000 untuk satu jadah putih, lalu Rp 5.000 untuk satu tempe/tahu bacem.

Makanan ini juga berasal dari ketan, dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah yang sudah dicairkan.

Rasa manis dari gula merah sangat dominan, disusul dengan rasa gurih dari ketan dan parutan kelapa. Manis dari gula merah sangat terasa tetapi tidak membuat tenggorokan gatal.

Satu wajik dihargai Rp 7.000, untuk paket wajik isi 5 seharga Rp 35.000 dan isi 10 seharga Rp 70.000.

“Ini ada sate usus, sate kikil, sate jengkol, sate bakso, sate ati ampela,” jelas Ici, penjual aneka sate dan pecel mi di Javanese Food Festiva, Mal Mangga Dua, Sabtu (22/02/2020).

Beragam sate dengan bumbu sederhana sering kali dijadikan makanan pendamping untuk soto dan bubur ayam. Namun juga nikmat jika disantap sebagai camilan.

Rasanya yang sederhana dengan bumbu kuning, tidak menutupi cita rasa khas jeroan, tetapi rasanya tidak amis. Aneka sate ini cocok jika disantap dengan sambal ulek yang segar.

Satu tusuk sate dipatok dari harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Jenang gempol sering ditemui di Pasar Lempuyangan Yogyakarta. Jenang ini terdiri dari gempol, candil, bubur sumsum, bubur sumsum gula merah, ketan hitam, bubur mutiara.

Semua bahan itu akan diguyur dengan gula merah cair dengan wangi pandan dan santan cair yang gurih. Dalam satu mangkok jenang gempol kamu akan merasakan banyak tekstur dan cita rasa yang berbeda-beda.

Tekstur dari bubur sumsum yang lembut dengan rasa yang manis, candil yang kenyal dan legit serta rasanya gurih manis. Lalu juga gempol yang gurih cenderung asin dengan tekstur sedikit keras.

Gempol sendiri merupakan kudapan berbentuk bulat-bulat kecil berasal dari beras. Satu mangkuk jenang gempol komplet dipatok dengan harga Rp 25.000.

6. Bolang-baling

Bolang-baling, jajanan khas Jawa ini juga dapat ditemui di Jakarta dan Medan. Di Jakarta disebut kue bantal, di Medan disebut kue bohong.

Sebenarnya bentuk dan rasa dari hidangan tersebut sama. Bolang baling adalah kue berbentuk seperti bantal, yang digoreng dengan teknik dibolak-balik.

Di atas kue goreng ini terdapat taburan wijen dan gula pasir sehingga teksturnya krispi dan garing di bagian luar lalu lembut di bagian dalam.

Bolang baling di Javanese Food Festival, Mal Mangga Dua. Satuan dari bolang baling di hargai Rp. 5.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/22/180609627/berkunjung-ke-javanese-food-festival-jangan-lupa-cicipi-6-jajanan-khas-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke