Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Koki Perempuan Terbaik di Asia pada 2020 Jatuh Pada Koki Asal Korea Selatan

KOMPAS.com - Pemilik sekaligus koki restoran Hansikgonggan di Seoul, Korea Selatan, Cho Hee Sook, dinobatkan sebagai Asia’s Best Female Chef 2020 atau Koki Perempuan Asia Terbaik pada 2020.

Penghargaan tersebut akan diberikan kepada Cho dalam acara Asia’s 50 Best Restaurants 2020 yang digelar 24 Maret 2020 di Prefektur Saga, Jepang.

“Penghargaan Best Female Chef merayakan para koki wanita yang dedikasi, kemampuan, dan kreativitasnya menetapkan beberapa standar baru dalam keunggulan gastronomi,” tutur Director of Content Asia’s 50 Best Restaurants William Drew, melansir PR Newswire, Jumat (21/2/2020).

Drew menambahkan bahwa Cho melambangkan semangat penghargaan Asia’s Best Female Chef.

Cho menunjukkan komitmen seumur hidup dalam memajukan kuliner Korea melalui pelatihan, pendidikan, dan bimbingan.

Ia dikenal menghabiskan sebagian besar kariernya dengan membagikan pengetahuan mengenai masakan Korea kepada para koki muda.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa tradisi kuliner dan resep yang unik dapat diteruskan pada generasi mendatang.

“Setelah membimbing banyak sekali koki muda sepanjang karir, saya berharap bahwa penghargaan ini dapat dijadikan sebagai sebuah inspirasi bagi para koki wanita Asia lainnya," jelas Cho.

Ia berharap banyak koki wanita di Asia terinspirasi untuk terus mengikuti hasrat dalam dunia kuliner, berambisi, dan mau membagikan pengetahuan mereka kepada orang lain.

Cho pernah berkarier di dapur hotel premium di Seoul. Sampai akhirnya ia menjadi koki eksekutif Kedutaan Besar Korea Selatan di Washington DC, Amerika Serikat.

Pada 2006, Cho  kembali ke kampung halamannya untuk memperdalam penelitian seputar kuliner dengan mengeksplorasi bahan-bahan lokal.

Dia juga menghabiskan waktunya untuk membina para anak-anak muda di sana.

Bahkan, Cho tercatat sebagau profesor gastronomi di Woosong University.

Jenjang karir Cho mengambil arah baru pada 2019, saat dirinya menjadi seorang koki dan juga pemilik restoran Hansikgonggan.

Restoran tersebut adalah restoran makanan Korea berbintang Michelin dengan spesialisasi hidangan istana korea.

Tidak hanya menghormati teknik memasak tradisional Korea, Cho mampu menafsirkan beberapa resep bersejarah melalui bahan-bahan modern, beberapa elemen khas fine dining, dan penyajian hidangan yang menarik.

Disebutkan bahwa Hansikgonggan menggambarkan sisi kreatif Cho untuk memajukan masakan negara asalnya.

Sebelum Cho, pemenang penghargaan Asia’s Best Female Chef pada 2019 dan 2018 adalah Garima Arora dan Bongkoch ‘Bee’ Satongun yang sama-sama berasal dari Thailand.

Sementara pemenang pada 2017 adalah May Chow dari Hongkong dan pada 2016 pemenangnya adalah Margarita Fores dari Filipina. 

https://travel.kompas.com/read/2020/02/24/121400927/koki-perempuan-terbaik-di-asia-pada-2020-jatuh-pada-koki-asal-korea-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke