Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Akhir Pekan di Aceh, Menyesap Sejuk di Krueng Saweuk

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dua murid sekolah dasar terlihat berenang di Krueng Saweuk, Desa Saweuk, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (27/2/2020). Mereka datang bersama orangtuanya dari Kota Lhokseumawe.

Destinasi wisata tersebut merupakan anak sungai dari Sungai Rayap, tak jauh dari lokasi itu. Sebagai anak sungai, tentu agak dangkal. Sangat cocok untuk lokasi berenang anak.

Kawasan wisata ini pun terlihat bersih. Masyarakat lokal menjaganya dengan baik. Sekeliling sungai, hutan milik warga membentang.

Untuk menuju ke lokasi bisa melalui jalur Simpang Buloh, di sisi kiri jalan nasional Medan-Banda Aceh, persisnya di Desa Cunda, Kota Lhokseumawe. Bisa menggunakan kendaraan roda dua.

Ikutilah penunjuk arah ke Kecamatan Kuta Makmur, lurus saja sekitar 30 menit. Nanti akan ditemukan permukiman warga yang memandu ke arah objek wisata itu.

Jalanan ini terbilang padat kendaraan. Sehingga tak perlu dikhawatirkan soal keamanan.

Setiba di Saweuk, sungai agak terletak di bawah. Bebatuan di sepanjang sungai menjadi garansi air sungai bening dan bersih.

Pedagang pun menggelar lapak di sana. Menyediakan makanan ringan seperti kacang goreng, aneka gorengan?dan aneka minuman kemasan. Untuk harga sangat murah.

“Lokasi ini paling ramai dikunjungi akhir pekan. Utamanya hari Minggu,” kata seorang warga lokal, Saifullah di lokasi kepada Kompas.com.

Sesampai di lokasi, udara sejuk menyapu tubuh pengunjung. Sungguh segar. Bebas dari polusi udara perkotaan.

Untuk sarana mandi, cuci, dan kakus juga tersedia. Bahkan, menariknya, warga tidak memungut biaya parkir kendaraan di lokasi itu.

Sore itu, puluhan orang terlihat mandi di lokasi. Umumnya anak-anak yang mandi. Air nan dangkal membuat mereka nyaman berenang dan orang tua tak perlu khawatir.

“Kami sengaja membawa anak kemari. Lokasinya bersih dan tak terlalu jauh dari pusat kota. Ini sekaligus melatih anak mencintai alam dengan berenang,” kata Safwani, pengunjung di lokasi wisata itu.

Nah, jika Anda berkunjung ke Aceh Utara tampaknya destinasi ini bisa menjadi pilihan. Untuk membawa anak berenang di alam terbuka nan sejuk dan masih asri. Selamat berakhir pekan.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/29/121100227/wisata-akhir-pekan-di-aceh-menyesap-sejuk-di-krueng-saweuk-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke