Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Beli Tiket hingga Naik Kereta Bandara di Stasiun Manggarai

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta api (KA) bandara bisa jadi salah satu alternatif jika kamu ingin ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Salah satu keuntungan naik kereta bandara adalah keberangkatan yang terjadwal dan memiliki waktu tempuh lebih cepat dibanding pilihan transportasi lain.

Tiket kereta bandara bisa kamu beli via online atau offline. Khusus untuk offline yakni stasiun, kamu bisa beli di beberapa stasiun yang jadi pemberhentian, termasuk Stasiun Manggarai.

Berikut panduan cara pembelian tiket kereta bandara di Stasiun Manggarai yang dirangkum Kompas.com.

  • Sebrangi peron 7 untuk menuju peron 8

Stasiun Manggarai adalah stasiun keberangkatan pertama kereta bandara. Oleh karena itu, stasiun ini bisa jadi pilihan kamu jika ingin naik kereta bandara.

Proses tap out sama seperti ketika kamu berada di stasiun kereta pada umumnya. Namun yang membedakan yakni kamu akan langsung diarahkan menuju ke eskalator oleh petugas yang berjaga.


  • Beli tiket melalui vending machine di lantai 1 Stasiun Manggarai

Sesampainya di lantai 1, kamu bisa langsung berjalan ke arah kanan dan belok kiri. Di sana, kamu akan melihat beberapa vending machine berwarna kuning.

Ada juga beberapa petugas yang siap membantu jika kamu merasa bingung. Sistem pembelian tiketnya dilakukan dengan transaksi non-tunai. Prosesnya juga cukup mudah.

Pertama, tekan "Tickets" yang terdapat pada layar sentuh. Kemudian, pilih "Buy Ticket" untuk dibawa ke tahap berikutnya.

Saat berkunjung ke lantai 1 stasiun Manggarai, Kompas.com membeli tiket menuju Stasiun BNI City.

Apabila kamu juga hanya ingin pergi ke sana, kamu bisa langsung tekan pilihan "Stasiun BNI City" yang diberi kode "SDB" dalam lingkaran kecil berwarna oranye.

Jika ingin ke Duri, kamu cukup tekan kode “DU”. Sementara Batu Ceper memiliki kode “BPR” dan Bandara Soekarno-Hatta memiliki kode “BST”.

Setelah memilih stasiun tujuan, kamu akan di bawa ke tampilan yang menunjukkan jadwal keberangkatan KA Bandara dari Stasiun Manggarai.

Saat Kompas.com mencoba membeli tiket menggunakan vending machine, beberapa jadwal keberangkatan KA Bandara yang ditampilkan menuju Stasiun BNI City adalah keberangkatan pukul 10:10 WIB, 10:40 WIB, dan pukul 11:10 WIB.

Setiap jadwal keberangkatan KA Bandara memiliki selisih sebanyak 30 menit. Mulai dari keberangkatan kereta pertama pada pukul 04:40 WIB dan keberangkatan kereta terakhir pada pukul 21:40 WIB.

Setelah kamu memilih jadwal keberangkatan KA Bandara yang diinginkan, kamu bisa pilih jumlah pembelian tiket yang berada tepat di atas jadwal keberangkatan.

Harga tiket KA Bandara dari Stasiun Manggarai ke Stasiun BNI City adalah Rp 10.000 per orang.

Sementara untuk stasiun tujuan lain, harga yang ditampilkan akan menyesuaikan pilihanmu. Setelah kamu memilih jadwal keberangkatan dan jumlah tiket, kamu akan disuruh untuk memasukkan nomor telepon sebelum diantar ke langkah selanjutnya.

Untuk pembayaran, kamu akan diberikan beberapa pilihan, seperti debit/credit card, prepaid card dan QR payment.

Untuk pembayaran menggunakan debit/credit card, kamu bisa menggunakan seluruh kartu yang berlogo MasterCard.

Sementara prepaid card, kamu bisa gunakan E-Money, Flazz, atau JakCard. Sementara QR payment bisa pakai LinkAja.

Setelah membayar tiket, kamu bisa tunggu di ruang tunggu yang telah disediakan. Nantinya, kamu akan mendengar pengumuman kedatangan KA Bandara.

Kereta tersebut akan datang sekitar 2-3 menit sebelum waktu keberangkatan.


  • Naik KA Bandara

Saat pengumuman kedatangan KA Bandara terdengar, seorang petugas akan menunggu di dekat lift menuju lantai dasar untuk scan tiket yang sudah kamu beli.

Selanjutnya, kamu bisa langsung masuk ke lift dan menuju lantai dasar. Sesampainya di lantai dasar, kamu bisa langsung masuk menuju KA Bandara.

Kamu juga bisa menaruh koper di bawah tempat duduk. Namun, jika kamu ingin duduk leluasa, maka bisa menaruh koper di tempat yang tersedia di setiap pintu masuk gerbong.

Waktu menunggu dalam kereta tidak terlalu lama. Dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Duri, menurut laman resmi Railink, waktu tempuh KA Bandara adalah lebih kurang 23 menit.

Kemudian, dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Batu Ceper sekitar 39 menit, sedangkan Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta lebih kurang adalah 50 menit.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/01/071000727/simak-cara-beli-tiket-hingga-naik-kereta-bandara-di-stasiun-manggarai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke