Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Donat Lemper hingga Rujak, 8 Varian Donat Dough Darling x MamiToko

JAKARTA, KOMPAS.com  - Vairan donat umumnya seperti cokelat, kacang hingga selai buah. Namun, bagaimana jadinya jika varian tersebut adalah kuliner khas Indonesia seperti lemper?

Desiree Sitompoel, pemiliki MamiToko, menjawab ide out of the box tersebut dengan membuat donat dengan varian kuliner khas Indonesia.

Ada delapan donat dengan konsep varian tersebut, yakni kremes ubi, jagung bakar, colenak, coco pandan, lemon, rujak, kecombrang higga lemper.

Donat denga rasa kuliner khas Indonesia ini diluncurkan MamiToko berkolaborasi dengan Dough Darling.

Desiree MamiToko mengaku jika idenya ini datang dari kenangan masa kecilnya yang gemar menyantap kudapan khas Indonesia.

Ibu dari Bams eks Samsons ini mengaku jika padu-padan toping khas Indonesia dengan donat dari Dough Darling adalah hal yang tidak sulit.

"Adonan dari donat Dough Darling ini tidak terlalu manis, sehingga rasanya mudah untuk dimasukan dan dicocokan," jelas MamiToko kepada Kompas.com, Jumat (28/2/2020).

Desiree yang menciptakan semua toping dan varian rasa, setelah itu diuji coba pihak Dough Darling. Proses pengemasan ide hingga matang antara MamiToko dan Dough Darling berjalan selama dua bulan. 

Donat hasil kolaborasi Dough Darling x MamiToko bisa dinikmati mulai dari 1 Maret di kedai Dough Darling Jakarta dan 7 Maret di seluruh kedai Dough Darling di Bali.

Berikut rasa dari varian delapan donat Dough Darling x MamiToko :

Kemudian lemper juga memiliki rasa manis dari gula dan diberi bumbu, kemiri, ketumbar, bawang merah dan lain-lain.

"Lemper dipilih sebagai varian donat karena lemper termasuk salah satu makanan favorit orang Indonesia," kata Desi.

"Jadi kalau orang Indonesia ditanya makanan favoritnya apa, pasti kebanyakan ada yang bilang lemper," lanjutnya.

Donat lemper satu ini di atasnya terdapat taburan ayam suir. Daging ayamnya memiliki manis dan gurih.

Daging ayam yang ditaburkan di atas donat memiliki rasa manis dari gula dan gurih dari ketumbar layaknya isian ayam dalam lemper sungguhan.

Kecombrang atau bunga honje adalah jenis tumbuhan rempah yang memiliki aroma dan rasa yang khas dan sangat kuat.

Donat dengan variasi rasa kecombrang ini juga memiliki aroma yang khas bunga tersebut. Di atas donat terdapat irisan kecombrang, dipadukan dengan potongan cabai merah dan ikan teri.

Menyantap donat dengan varian kecombrang memiliki sensasi seperti memakan sebuah pizza, tetapi dengan toping kecombrang.

Cita rasa kecombrang yang kuat berpadu dengan pas bersama irisan cabai merah. Selain itu, terdapat rasa asin dan gurih dari ikan teri.

  • Donat Kremes Ubi

Varian berikutnya adalah varian donat kremes ubi. Camilan manis kremes ubi merupakan ubi yang parut menjadi kecil dan tipis. Kemudian digoreng, dilumuri gula merah, lalu dibentuk menjadi bulat.

Donat dengan varian kremes ubi diberi parutan ubi yang sudah dilumuri cairan gula merah di atasnya, tanpa dibentuk bulat. Di bawahnya diberikan krim kopi yang rasanya kuat dan manis.

Rasa kremes ubi manis dan berbaur cocok dikombinasikan bersama selai kopi. Tekstur dari kremes ubi tidak terlalu crispy, serta krim kopinya sangat lembut.

Dough Darlings x Mami Toko membuat donat dengan varian jagung bakar lengkap dengan butiran jagung bakar sebagai toping.

"Kalau memakan donat jagung bakar seakan sedang menikmati jagung bakar di puncak," jelas Desiree.

Donat dengan varian ini dilengkapi dengan krim karamel yang manis legit. Saat dimakan bersamaan krim karamel, butir jagung seakan meletus-letus di mulut, lalu mengeluarkan rasa manis khas jagung.

  • Donat Colenak

Colenak merupakan makanan yang terdiri dari campuran tapai bakar, parutan kelapa dan gula merah. Kuliner ini disulap jadi toping donat oleh Dough Darling x MamiToko.

Donat colenak terdiri dari krim tapai, parutan kelapa dan irisan nangka.

Jangan khawatir, rasa dari tapai yang diolah sebagai krim tidak terlalu mendominasi. Krim terasa manis dan sekilas rasa khas tapai mampir di lidah.

Setelah itu, parutan kelapa dan potongan nangka segar juga dapat dirasakan dalam satu gigitan.

Sau hal yang membuat pengalaman menyatap donat colenak ini tambah seru adalah menuangkan gula meranya sendiri. Gula merah dimasukan ke dalam wadah kecil mirip seperti infus.

Wangi pandan sangat mencolok dalam hidangan ini.

Saat menyantap donat ini, kamu akan merasakan sirup cocopandan yang berbaur dengan legitnya krim dan empuknya donat.

"Ini salah satu minuman favorit saya saat masih kecil, rasa cocopandan saat ini mungkin tidak lagi terkenal seperti zaman saya kecil dulu. Anak-anak zaman sekarang tidak tahu bagaimana rasa cocopandan," papar desi.

  • Donat lemon

"Saat memakan donat satu ini, (kamu) seakan merasakan sensasi 'good morning sunshine' jadi langsung melek," Desiree.

Ternyata benar, donat ini memiliki rasa yang asam-asam nagih dari lemon. Rasa khas hidangan tropis lemon berpadu dengan pestasio di tengah dan cokelat putih yang dibentuk seperti bunga.

Rasa asam dari lemon tidak begitu menonjol, tetapi berpadu dengan pas bersama rasa manis dari cokelat putih. Pestasio menambah tekstur crunchy dalam hidangan ini.

Susunan dari donat rujak ini, yakni donat, saus kacang gula merah dan tumpukan buah-buahan. Jika disantap bersamaan, untuk beberapa orang akan merasa sedikit tidak wajar.

Namun jangan salah, saus kacang gula merah bersama potongan buah bertemu dengan empuknya donat menciptakan sensasi rasa baru.

Bagi kamu yang hobi mencicipi donat dengan rasa unik, donat rujak satu ini wajib untuk disantap.

Tertarik dengan delapan donat khas kudapan Indonesia?

Kamu bisa ke gerai Dough Darling di Jakarta mulai 1 Maret 2020; dan di Bali mulai 7 Maret 2020. Harga satu donat dibanderol Rp 35.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/01/121000827/donat-lemper-hingga-rujak-8-varian-donat-dough-darling-x-mamitoko

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke