Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini 10 Destinasi Wisata untuk Diskon Tiket Pesawat hingga 50 Persen

Insentif tersebut berasal dari pemerintah dalam upaya mendongkrak pariwisata pada 10 wilayah destinasi.

Adapun 10 destinasi wisata yang dimaksud meliputi Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan.

Masyarakat bisa menikmati potongan harga selama tiga bulan mulai Maret hingga Mei 2020. Diskon tiket pesawat ini juga berlaku untuk semua penerbangan menuju 10 destinasi wisata yang dimaksud.

Hal ini diutarakan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto.

"(Diskon) tiketnya tidak hanya dari Jakarta saja, dari destinasi manapun sepanjang tujuannya ke 10 destinasi itu diberikan diskon. Kemudian diskonnya untuk pulang pergi ya. Kita konsisten," kata Novie.

Berikut 10 destinasi wisata untuk diskon tiket pesawat hingga 50 persen dan tempat wisata mana saja yang bisa kamu kunjungi di sana:

1. Batam

Pulau Batam memiliki pesona yang mampu menjadi daya tarik wisatawan. Letaknya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia dan hanya dibatasi Selat Malaka menjadikannya kota yang sibuk oleh perdagangan.

Wisatawan yang berkunjung ke Batam bisa melalui enam pintu masuk yaitu lima dari pelabuhan dan satu dari Bandara Hang Nadim.

Ada 10 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di pulau Batam di antaranya Barelang Bridge, Ranoh Island, Mubut Island, Palm Spring Golf, dan Nuvansa Bay.

Kemudian Nagoya Hill Mall, Via via Beach, Jabal Arafah Mosque, Kepri Coral, dan Welcome to Batam Monument.

Jika kamu ingin berwisata belanja tas dan parfum murah bisa mengunjungi Nagoya Hill Mall yang merupakan salah satu tempat belanja murah di Batam.

Jika kamu ingin menikmati suasana pantai sembari berswafoto bisa berkunjung ke Via via Beach.

Sementara itu, jika kamu menginginkan wisata religi di tengah Kota Batam bisa mengunjungi Jabal Arafah Mosque yang menjadi destinasi wisata religi keluarga, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Denpasar

Pulau Bali sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Terdapat 10 obyek wisata favorit wisatawan di Bali, di antaranya Kawasan Kuta, Tanah Lot, Ubud, Pantai Pandawa, Ulundanu, Lovina, Nusa Dua, Sanur, Sangeh, dan Garuda Wisnu Kencana.

Wisatawan yang berkunjung ke Bali rata-rata bertujuan untuk mencari keindahan, ketenangan, dan budayanya.

Salah satu tempat di Bali yang terkenal lekat akan wisata budayanya adalah daerah Ubud. Kamu bisa belajar tentang kesenian, vibrasi spiritual, budaya, serta alam yang memesona di daerah tersebut.

Kamu bisa mengunjungi beberapa museum dan galeri seni di sana seperti Museum Ratna Warta, Museum Seni Agung Rai (Arma), dan Museum Seni Neka.

3. Yogyakarta

Yogyakarta menjadi tempat yang tidak henti-hentinya menjadi salah satu pilihan destinasi wisata.

Daerah yang dikenal akan budayanya ini juga menampilkan pesona alam yang tidak boleh dilewatkan.

Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta selalu mengincar pesona alamnya seperti Gunung Merapi, Pantai Parangtritis, dan beberapa pantai di Gunungkidul.

Wisatawan yang biasanya berkunjung ke Kota Yogyakarta pasti akan singgah di Malioboro, Alun-alun Kidul, dan Monumen Tugu Yogyakarta.

Kemudian usai dari kota, mereka akan mengunjungi daerah Selatan yaitu pantai seperti Pantai Parangtritis, Pantai Siung, Pantai Wediombo, Pantai Sadranan, Pantai Indrayanti, dan masih banyak pantai lainnya.

Tak lupa, di Yogyakarta juga dikenal dengan aneka ragam candinya seperti Candi Prambanan, Candi Ijo, Candi Ratu Boko, Candi Gebang dan lainnya.

4. Labuan Bajo

Berwisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur tentu amat menyenangkan dan menjadi impian setiap wisatawan. Membicarakan Labuan Bajo belum lengkap bila tak menyertakan Pulau Komodo.

Jika mengunjungi Pulau Komodo, kamu akan melihat habitat asli binatang purba komodo yang terdapat di wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain Pulau Komodo, ada beberapa pulau yang menjadi lokasi tempat tinggal komodo di antaranya Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Gili Montang, dan Pulau Nusa Kode.

Tak hanya sebagai tempat tinggal komodo, lautan yang berada di sekitar Pulau Komodo juga menjadi tempat tinggal bagi kura-kura, terumbu karang warna-warni indah, dan berbagai biota laut lainnya.

5. Lombok

Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat juga menyimpan beragam pesona keindahan yang menjadi daya tarik wisatawan.

Serupa dengan Bali, Lombok memang menawarkan pemandangan alam yang indah seperti pantai, pulau, bukit, dan gunung api Rinjani.

Dari segi budaya, Lombok juga memiliki beberapa desa adat yang biasa dikunjungi wisatawan.

Jika kamu pergi ke Lombok, ada lima tempat wisata yang perlu dikunjungi di antaranya Pantai Tanjung Aan, Gunung Rinjani, Bukit Merese, Desa Sade, dan Gili Trawangan.

Tahun depan, rencananya juga akan ada event besar yang berlangsung di Lombok tepatnya Mandalika.

Event tersebut adalah event olahraga motor balap terbesar di dunia yaitu MotoGP yang rencananya akan digelar pada 2021.

Lokasi sirkuit akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Kuta Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

6. Malang

Malang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang mendapatkan insentif tiket pesawat. Jika kamu membawa keluarga, kawasan Malang bisa menjadi salah satu pilihan untuk quality time.

Mulai dari Kota Malang, Kabupaten Malang, hingga Kota Batu menawarkan beragam tempat wisata keluarga yang unik dan cocok untuk dikunjungi.

Mulai dari kampung warna-warni Jodipan, taman hiburan instagenic, sampai destinasi bernuansa alam dapat kamu temukan di sini.

Tempat-tempat wisata di Malang yang berhasil Kompas.com rangkum di antaranya Kampung Warna-Warni Jodipan, Kampung Biru Arema, Kampung 3D, dan Alun-alun Kota Malang.

Lalu Taman Trunojoyo, Hawai Waterpark, Kebun Teh Wonosari, Desa Wisata Pujon Kidul, Jawa Timur Park 1-3, Kawasan Kusuma Agrowisata, Museum Angkut dan lainnya.

7. Manado

Presiden Joko Widodo sempat menyebut Sulawesi Utara adalah provinsi "The Rising Star" dalam sektor pariwisata pada Kamis (4/7/2019).

Jokowi mengatakan hal tersebut saat kunjungannya ke Manado untuk meninjau infrastruktur pendukung pariwisata yang ada di sana.

Apa saja tempat wisata di Manado yang menjadi daya tarik wisatawan?

Kompas.com merangkum lima tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di antaranya Taman Laut Bunaken, Pantai Malalayang, Pulau Manado Tua, Pantai Siladen, dan Danau Tondano.

Salah satu keelokan alam Manado yang biasa dikunjungi wisatawan adalah Danau Tondano. Tidak hanya pesona pantai dan lautnya yang indah, Manado juga menyimpan keindahan melalui danaunya.

Danau Tondano memiliki luas sekitar 4.000 hektar dan wisatawan bisa berkeliling danau ini dengan mengendarai perahu motor.

8. Silangit

Wisatawan yang hendak ke Danau Toba bisa turun di Bandara Silangit, Sumatera Utara. Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan di Sumatera Utara.

Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya pada Minggu (29/10/2017) pernah mengatakan Danau Toba merupakan salah satu destinasi prioritas kelas dunia.

Danau Toba juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia dengan lebar 30 kilometer, panjang 100 kilometer, dan kedalaman sekitar 500 meter.

Akses menuju Danau Toba bisa dilalui Bandara Silangit yang sudah menjadi bandara internasional.

9. Tanjung Pinang

Berwisata di Tanjung Pinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Riau juga tidak boleh dilewatkan dalam insentif tiket pesawat.

Kamu bisa mengunjungi keindahan alam yang ada di sana sekaligus mencicipi hidangan khasnya.

Untuk mengisi perut sebelum jalan-jalan, kamu bisa menikmati hidangan Mi Tarempa yang bentuknya lebar dengan warna kemerahan. Ada tiga varian Mi Tarempa di antaranya goreng, tumis, dan basah.

Selain itu, ada tiga macam topping yang digunakan seperti daging sapi, ikan, dan seafood.

Usai makan, kamu bisa pergi ke Vihara 1000 Patung yang terletak di Jalan Asia Afrika KM 14. Vihara ini memiliki banyak sekali patung Buddha dengan berbagai ekspresi.

Konon, ekspresi Buddha ini mewakili penampakannya ketika berwujud manusia. Jumlah patung Buddha di sini kabarnya tidak sampai 1.000, melainkan 500 patung.

10. Tanjung Pandan

Tanjung Pandan yang terletak di Provinsi Bangka Belitung memiliki keindahan pantai dan pulau yang bisa dikatakan juara.

Pulau Belitung dikenal karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi pada 2008.

Kamu bisa mengunjungi dan melihat sendiri keindahan alam di sini seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Kepayang, Pantai Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, dan Pantai Tanjung Pendam.

Kamu juga bisa mengunjungi desa wisata seperti Bukit Peramun yang menawarkan keindahan alam hutan yang masih asri.

Selain itu kamu juga bisa beruntung dapat melihat fauna langka yaitu Tarsius pada malam hari.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/01/153001227/catat-ini-10-destinasi-wisata-untuk-diskon-tiket-pesawat-hingga-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke