Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diskon Hingga 50 Persen, Seberapa Murah Harga Tiket Pesawat di 10 Destinasi?

Adapun 10 destinasi wisata yang dimaksud meliputi Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pinang, dan Tanjung Pandan.

Dikutip berita Kompas.com, Sabtu (29/2/2020) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah telah menganggarkan Rp 500 miliar untuk pemberian insentif tersebut.

"Jadi jumlah yang akan mendapatkan diskon sekitar 430.000 orang," kata Budi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelaskan, pemberian diskon tarif insentif ini diberikan untuk penerbangan pulang pergi alias PP dan untuk semua penerbangan menuju 10 destinasi wisata.

"(Diskon) tiketnya tidak hanya dari Jakarta saja, dari destinasi manapun sepanjang tujuannya ke 10 destinasi itu diberikan diskon. Kemudian diskonnya untuk pulang-pergi ya. Kita konsisten," sebut Novie.

Kompas.com mencoba melakukan pemantauan atas harga tiket pesawat yang sudah diberi diskon hingga 50 persen untuk tiket PP. Kami memantau dua situs seputar penerbangan yaitu Skyscanner dan Wego.

Menurut situs Skyscanner, tiket pesawat untuk rute Jakarta - Batam pulang pergi berada di kisaran harga Rp 1,1 juta. Sementara untuk situs Wego juga mencatat harga yang sama yaitu di kisaran Rp 1,1 juta.

Untuk rute Jakarta - Denpasar, situs Skyscanner dan Wego mencatat harga termurahnya Rp 1,2 juta.

Rute Jakarta - Yogyakarta, Skyscanner mencatat harga termurah Rp 828.000. Sementara itu situs Wego mencatat harga Rp 803.000.

Selain itu, harga untuk rute Jakarta - Labuan Bajo melalui situs Skyscanner dan Wego berada di kisaran Rp 2 jutaan. 

Rute selanjutnya yaitu Jakarta - Lombok berada di situs Skyscanner berada pada kisaran harga Rp 1,1 juta. Sedangkan situs Wego mencatat harga Rp 1,2 juta.

Rute Jakarta - Manado melalui situs Skyscanner mencatat harga Rp 2 juta, dan situs Wego Rp 1,8 juta.

Diskon tiket pesawat hingga 50 persen menjadi kabar gembira bagi Vania Sulistyas. Ia sering bepergian dari Jakarta ke Bali untuk urusan pekerjaan menggunakan pesawat.

Menurut dia, sebelum adanya insentif harga tiket rute Jakarta - Denpasar masih berada di kisaran Rp 1,5 juta menggunakan pesawat Air Asia dan Citilink.

"Februari kemarin saya terbang harganya Rp 1,5 juta sih. Terus harga pas bulan November saya juga dapat segitu," kata Vania ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (1/3/2020).

Kini, setelah adanya insentif harga tiket pesawat rute Jakarta - Denpasar menggunakan pesawat Air Asia berada di kisaran Rp 1,2 juta. Harga tersebut dilihat dari situs Skyscanner.

Pendapat senada juga dikatakan Joshua Jeremy, warga Manado yang bekerja di Jakarta. Ia mengatakan sebelumnya pada Oktober 2019 harga tiket pesawat ke Manado berada di kisaran Rp 1,7 juta.

"Dulu pas Oktober harga Rp 1,7 juta sekali jalan, tapi belakangan udah murah kok, bisa di bawah itu. Nah adanya insentif ini saya lihat tadi bisa sampai Rp 900 ribu. Kalau pulang pergi Rp 2 juta ya," ujarnya.

Namun, pendapat berbeda datang dari Hasbi Fauzi. Pria asal Magelang ini kerap bolak-balik Jakarta - Yogyakarta untuk bekerja.

Menurutnya, harga insentif yang berlaku mulai hari ini sama saja dan belum banyak perubahan signifikan.

"Harga masih sama aja saya kira. Minggu lalu saya naik Garuda dapat harga Rp 1 jutaan," kata Hasbi.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com hingga Minggu (1/3/2020) situs Wego masih mencatat harga tiket pesawat Jakarta - Yogyakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia Rp 1,5 juta.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/01/213808127/diskon-hingga-50-persen-seberapa-murah-harga-tiket-pesawat-di-10-destinasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke