Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Imun Cegah Corona, Ini Ragam Jamu Khas Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat beredar kabar bahwa virus corona bisa ditangkal dengan ramuan jamu, yang terdiri dari ramuan jahe yang disebut mpon-mpon atau empon-empon.

Dilansir dari artikel Kompas.com, kabar ini dikaitkan dengan penelitian seorang profesor asal Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya, Prof Dr Chairul Anwar Nidom MS, Drh.

Terkait efeknya terhadap virus corona, Nidom berkata bahwa mpon-mpon mengandung curcumin yang berfungsi mencegah terjadinya badai sitokin di dalam paru.

Di samping itu, minuman tradisional kaya khasiat asal Indonesia ini memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit (imunitas).

Terkait imunitas, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa mereka yang kondisi imunitasnya baik tidak akan tertular virus corona.

"Tidak semua yang kontak akan sakit. Yang sakit imunitas tubuhnya rendah," kata Menkes, dikutip dari berita Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Jamu menjadi andalan bagi beberapa orang untuk menangkal segala jenis penyakit.

Tidak ada salahnya kita mengonsumsi jamu karena nyatanya bisa untuk meningkatkan anti-body dalam tubuh.

Jamu sering ditemukan di sudut-sudut daerah ataupun perkotaan di Indonesia. Mulai dari jamu gendong, toko obat, dan toko jamu.

Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu yang sering kali ditemukan.

Jamu yang satu ini bermanfaat menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Beras kencur memiliki rasa yang manis dan sedikit pedas dari jahe.

Selanjutnya ada kunyit, siapa yang tidak mengenal minuman satu ini. Kunyit asam berguna untuk meredakan sakit dan mengatasi infeksi.

Ada lagi jamu yang terkenal memiliki rasa sangat pahit adalah jamu pahitan.

Jamu ini terdiri dari aneka daun pahit, seperti sambiloto atau brotowali. Deretan dedaunan tersebut berfungsi untuk detoksifikasi atau mengurangi kadar racun di dalam tubuh.

Mungkin jamu yang satu ini terdengar asing, jamu watukan namanya. Dalam bahasa Jawa, "watuk" memiliki arti batuk. Sesuai namanya, jamu ini bermanfaat sebagai pereda batuk dan meriang.

Selanjutnya yang tidak kalah berkhasiat ada jamu cabe puyang. Bagi kamu yang merasa pegal linu dan kecapekan, bisa mengonsumsi jamu ini untuk meredakannya.

Ada pula jamu leruh kencur yang dapat membersihkan racun dalam tubuh.

Walaupun jamu sering kali dikonsumsi dengan cara diminum, ada juga jamu yang dimasak bersama ayam. Cia po merupakan jamu Tionghoa yang biasanya disantap dengan tim ayam.

Deretan jamu tersebut bisa ditemukan di penjual jamu gendong, toko jamu, dan obat-obatan. Untuk Cia po, kamu bisa menemukannya di kawasan Glodok, Jakarta Barat.

Kamu yang ingin mengetahui lebih detail informasi mengenai jamu bisa mengunjungi tempat wisata tematik jamu yang ada di beberapa kota di Indonesia.

Salah satunya di Pasar Jamu Nguter, Kabupaten Sukoharjo; lalu ada di Dusun Kiringan, Yogyakarta; dan Hortus Medicus, Tawangmangu-Karanganyar.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/02/174039027/tingkatkan-imun-cegah-corona-ini-ragam-jamu-khas-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke