Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Batalkan Pendaftaran saat Salah Input di Antrian Paspor Online, Kenapa?

Mereka mengeluh karena bingung antrean online tersebut untuk perpanjangan atau justru membuat paspor baru.

Jika menemui kesalahan dan kebingungan seperti itu, sebaiknya jangan melakukan pembatalan antrean.

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat Sigit Adikya Putra mengimbau pemohon tidak langsung membatalkan jika menemukan kesalahan tersebut.

"Nah ini tahapan terakhir dari Apapo, jadi ada pilihan permohonan paspor baru dan penggantian paspor," kata Sigit ketika ditemui di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

"Biasanya orang tidak meng-klik pilihan tersebut, maunya yang paspor baru atau penggantian? Awal-awal banyak kejadian seperti itu," lanjutnya.

Kesalahan-kesalahan tersebut kerap ia temukan saat pemohon salah meng-klik atau tidak memerhatikan kolom pilihan pada tahap akhir.

Sigit melanjutkan, pemohon yang terlanjur bingung pada saat itu langsung melakukan pembatalan. Padahal, lanjutnya, akan terjadi penguncian akun selama 30 hari ke depan jika pembatalan dilakukan.

"Jadi dia tidak bisa mengakses untuk mendapatkan kuota lagi selama 30 hari," ujarnya.

Nantinya, masyarakat hanya perlu membawa barcode tersebut dan menginformasikan kepada petugas imigrasi tentang kesalahan input antrean.

"Kami kasih kebijakan apabila mereka salah dalam meng-klik permohonan tersebut, silakan datang saja ke kantor Imigrasi," kata Sigit.

"Nanti kami akan proses, namun harus diinformasikan kepada petugas customer service bahwa ini paspor baru atau penggantian," lanjutnya.

Ia menjelaskan, jika pembatalan dilakukan, maka pemohon harus menunggu selama 30 hari ke depan untuk dapat mendaftar kembali atau terpaksa membuat akun yang baru.

"Pokoknya tetap aja lanjutkan kalau ada salah input, sampai QR code-nya keluar. Itu enggak masalah kok, bawa barcode-nya aja ke sini," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/03/072926727/jangan-batalkan-pendaftaran-saat-salah-input-di-antrian-paspor-online-kenapa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke