Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Corona, Tersedia Hand Sanitizer di Seluruh Stasiun KA Bandara

JAKARTA, KOMPAS.com - Virus corona sudah memasuki kawasan Ibu Kota, warga Jakarta diimbau untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan.

Terkait hal tersebut, PT Railink memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah potensi penyebaran virus corona (Covid-19) terutama di lingkungan Stasiun dan Kereta Api Bandara.

Mengingat PT Railink merupakan gerbang transportasi masyarakat domestik dan internasional.

Hal ini bertujuan untuk mencegar penyebaran virus corona yang saat ini menjadi permasalahan dunia.

Upaya pencegahan secara nyata dilakukan PT Railink dengan menempatkan hand sanitizer di tujuh Stasiun KA Bandara (Medan dan Jakarta).

Selain itu, PT Railink mengimbau kepada penumpang yang akan menggunakan layanan KA Bandara untuk menjaga kebersihan tangan secara rutin.

Terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata setelah memegang instalasi publik.

Selanjutnya imbauan dari PT Railink adalah penumpang harus mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas selama setidaknya 20 detik.

Cuci tangan dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai.

Jika tidak ada fasilitas cuci tangan dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70-80%. Gunakan penutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk.

Ketika memiliki gejala infeksi saluran nafas diantaranya seperti batuk, bersin, demam, sesak nafas agar menggunakan masker dan berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Hindari mengusap mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan. Lalu melakukan pengobatan dan istirahat apabila sakit.

Selain itu diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga, mengonsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi cukup.

Selain menghimbau beberapa hal di atas, sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) telah dilakukan sejak dini oleh Railink mulai awal februari 2020 lalu.

Sosialisasi berupa membagikan masker di Stasiun KA Bandara baik Medan dan Jakarta.

PT Railink juga memastikan kebersihan kereta dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior KA Bandara dengan desinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

Namun demikian, bagi penumpang tidak perlu khawatir berlebihan dan tetap tenang untuk menggunakan KA Bandara selama menjalankan petunjuk yang telah disebutkan.

Masyarakat diimbau bila menemukan penumpang dan/atau pegawai yang terindikasi terpapar virus, agar dapat segera menghubungi nomor telepon hotline virus corona di 021-5210 410 atau 0812-1212 311.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/03/201200327/antisipasi-corona-tersedia-hand-sanitizer-di-seluruh-stasiun-ka-bandara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke