Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cobain 10 Kuliner Legendaris di Kota Malang, Ada Warung Sate Berusia 1 Abad

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berlibur ke Kota Malang, jangan lupa untuk mencicipi 10 kuliner legendaris yang bisa membuatmu kangen dan ingin kembali ke sini.

Dari rawon, pecel, bakso hingga sate bisa memeriahkan agenda jelajah kulinermu di kota berhawa sejuk ini.

Berikut 10 rekomendasi tempat makan legendaris di Kota Malang yang bisa masuk dalam itinerary liburanmu.

Restoran yang terkenal dengan es krim legendarisnya ini sudah berdiri sejak zaman kolonial, tepatnya sekitar tahun 1930-an.

Toko Oen menyediakan aneka rasa es krim dari vanila, cokelat, sampai buah-buahan. Harga per scoop sekitar Rp 25.000.

Di sini kamu juga bisa menemukan makanan khas Nusantara seperti gado-gado, dan sate ayam

Lalu juga ada aneka steak, di antaranya beff tenderloin steak, chicken steak, galantine steake, dan masih banyak lagi.

Untuk harga steak mulai dari Rp 55.000, sedangkan makanan lainnya ada yang mulai dari Rp 30.000-an.

Toko dengan bangunan kuno khas Belanda ini berjarak berada tak sampai 200 meter dari Alun-alun Kota Malang.

Lokasinya berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 5, Kauman, Kecamatan Klojen. Rumah makan.

Tempat kuliner legendaris ini melayani pengunjung mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.30 WIB.

Siapa yang tidak terlena dengan makanan satu ini, terdiri dari bulatan daging giling dengan kuah kaldu yang siap bikin penikmatnya ketagihan.

Di Malang terdapat salah satu tempat makan bakso legendaris, namanya Bakso President. Tempat makan ini sudah menyajikan bakso sejak tahun 1977.

Selain sajian lezat, Bakso President terletak di lokasi yang terbilang unik, tepat di pinggir rel kereta api. Di tengah makan, tak jarang kereta api lewat. Sebaiknya menghindari area rel.

Sampai di restoran ini pengunjung bebas memilih varian bakso yang hendak disantap.

Ragam pilihan yang disediakan ada bakso halus, bakso urat, bakso telur, pangsit basah, pangsit kering, mi, siomay, lontong, hingga jeroan ampela, dan tahu.

Selain itu, pengunjung juga bisa memesan bakso bakar yang menggugah selera. Kamu bisa memesan menu paket bakso yang harganya lebih ekonomis, Rp 15.000 hingga Rp 31.000.

Bakso President berada di Jalan Batanghari Nomor 5, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen. Kalau dari Taman Balai Kota Malang, bisa ditempuh dengan berkendara selama kira-kira 10 menit.

Tak jauh dari Alun-alun Kota Malang, juga terdapat depot legendaris bernama Depot Hok Lay, sudah berdiri sejak tahun 1946.

Sajian populer dari depot ini adalah Fosco, susu sapi murni dicampur cokelat. Uniknya, minuman ini disajikan dalam kemasan botol kaca Coca-Cola.

Lumpia Semarang sentuhan bumbu Malang dan Pangsit Cwiemi, dua hidangan yang patut kamu coba. Untuk harga makanan Rp 20.000-an dan minuman legendaris seperti Fosco Rp 13.000-an.

Depot ini melayani pengunjungnya setiap hari dari pukul 09.30-13.30 WIB dan berlanjut 17.00-20.30 WIB.

Berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 10, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, kamu cukup berjalan selama 5 menit dari Alun-alun Kota Malang untuk mencapai tempat ini.

Dari Alun-alun, lanjutkan ke Jalan Agus Salim (Swalayan Gajahmada). Setelah menemui Toko Aster, kamu akan melihat perempatan. Dari situ lurus sedikit, Depot Hok Lay berada di sisi kanan.

Depot es ini digadang-gadang sebagai depot es pertama di Kota Malang yang telah eksis sejak tahun 1950-an.

Sajian es di depot ini menggunakan sirup racikan sendiri. Terdapat campuran tape ketan hitam yang membuat es ini memiliki rasa berbeda.

Depot es legendari ini menyajikan es campur sebagai hidangan anadalannya. Selain es campur, tersedia es buah, es teler, aneka jus hingga es tape ketan hitam. 

Kamu perlu merogoh kocek Rp 12.000 sampai Rp 15.000-an untuk menikmati aneka es.

Kamu juga bisa sekalian mengisi perut dengan hidangan seperti rujak cingur, gado-gado, tahu campur, dan mi pangsit.

Depot Es Talun buka mulai pukul pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Arif Rahman Hakim Nomor 2, Kelurahan Talun, Kecamatan Klojen.

Agar jelajah kuliner ke Malang lebih lengkap, kamu bisa menikmati varian Rawon Tutup Dengkul (lutut sapi) dan Rawon Buntut (ekor sapi).

Rawon legendaris yang berdiri sejak tahun 1983 berada di sekitar Alun-alun Kota Malang, tepatnya di Jalan Zainul Arifin Nomor 62, Kiduldalem, Kecamatan Klojen.

Di sini juga disediakan Nasi Gule Kambing, Nasi Lodeh Pecel, dan Nasi Campur. Rumah makan ini buka dari pukul 07.00 hingga 15.30 WIB.

Di Warung Sate Gebug, kamu bisa menikmati sate dengan daging yang empuk. Warung sate ini sudah menjajakan satenya dari tahun 1920-an, berada di  Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kecamatan Klojen.

Cukup mudah menemukan tempat ini, cukup ingat-ingat saja warungnya terletak tepat di sebelah McD Kayutangan.

Untuk menikmati sate ini kamu harus membayar mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 30.000-an per satu tusuk sate gebug.

Selain sate ada juga sop, rawon, dan soto. Harganya Rp 25.000-an. Warung ini buka setiap hari, kecuali Jumat, pukul 08.00-16.30 WIB.

Jika kamu ingin mencari kudapan manis bisa mampir ke Ronde Titoni. Ronde Titoni buka sejak 1948, berada di Jalan Zainul Arifin Nomor 17.

Ronde terbuat dari tepung ketan dibentuk bulat berisi potongan kacang, disiram kuah jahe manis hangat dan ditaburi kacang tanah.

Di sini tersedia ronde dan angsle. Tersedia dua varian ronde, kering dan basah. Ronde basah disiram kuah jahe hangat, ronde kering disiram bubuk kacang.

Mengingat hawa Kota Malang yang sejuk, lebih nikmat menyantap ronde basah berkuah jahe yang membuat badan terasa lebih hangat.

Ada juga angsle, berisi petulo (berbentuk seperti mi padat terbuat dari adonan tepung beras & santan), kacang hijau, roti tawar, mutiara, disiram kuah santan manis.

Harga ronde basah dan angsle Rp 10.000-an, ronde kering Rp 12.000-an. Kamu juga bisa menjajal roti goreng dan cakue seharga Rp 4.000-an.

Ronde Titoni buka mulai pukul 18.00. Jika datang pada musim liburan, luangkan waktu untuk datang lebih awal agar tidak kehabisan.

Bagi yang mau mencari sajian untuk sarapan, bisa mampir ke Warung Lama H. Ridwan. Warung legendaris ini berdiri sejak tahun 1925 dengan hidangan andalan pecel.

Nasi pecel nikmat disantap dengan aneka lauk dan sayur seperti telur dadar, tempe mendol, bakwan jagung, rawon, dan aneka lauk lainnya.

Selain nasi pecel kamu juga bisa memilih hidangan nasi campur. Nasi campur ini dilengkapi  beragam lauk dan sayuran yang dapat dipilih sesukamu. Seperti sate usus, tempe goreng, kering tempe, dan gulai.

Kamu cukup merogoh kocek Rp 15.000-an sampai Rp 20.000-an. Untuk nasi campur, harga disesuaikan dengan lauk yang kamu ambil.

Warung Lama Haji Ridwan berada di dalam Pasar Besar Kota Malang, buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Warung Nasi Brintik berada di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 39, Sukoharjo, Kecamatan Klojen.

Rawon brintik semakin nikmat jika disantap dengan lauk jeroan sapi seperti paru, otak, dan usus. Untuk harga nasi rawon dipatok Rp 27.500-an.

Sedangkan lauk jeroan Rp 10.000-an per biji. Warung ini juga menjual semur daging, kari ayam, dan bumbu rujak ayam. Warung Nasi Rawon Brintik buka setiap hari pukul 06.00-16.00 WIB.

Dibuka sejak 1975, restoran ini terkenal dengan sajian pecelnya. Untuk menemani makan pecel, tersedia aneka lauk dan sayur seperti telur dadar, tempe mendol, bakwan jagung, rawon, dan lainnya.

Pecel Kawi juga menjual bumbu pecel dalam kemasan botol yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh. Pecel Kawi Hj. Musilah beralamat di Jalan Kawi Nomor 43 B, Bareng, Kecamatan Klojen.

Tempat kuliner legendaris di Malang ini buka sedari 06.00 WIB dan buka sampai 20.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/04/180400927/cobain-10-kuliner-legendaris-di-kota-malang-ada-warung-sate-berusia-1-abad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke