Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumas

JAKARTA, KOMPAS.com  - Diusulkan menjadi menjadi warisan budaya tak benda 2020 tempe mendoan merupakan kudapan khas Banyumas.

Mendoan, tempe goreng setengah matang yang membuat ketagihan ini bisa kamu buat di dapur rumahmu.

Kamu perlu menyiapkan bahan dan peralatan yang sederhana untuk membuat sepiring mendoan.

Deskart Sotyo djatmiko, SH, MSi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Banyumas, menjelaskan bagaimana cara membuat tempe mendoan.

Cara membuat mendoan cukup mudah, pertama siapkai kedelai lalu cuci, rebus, dan beri ragi. Setelah itu bungkus dengan daun pisang.

"Diamkan sehari untuk berjamur, hingga menjadi tempe," Sotyo Djatmiko saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Chef Stefu Santoso juga membagi tips dan cara membumbui mendoan. Tempe mendoan bisa dibuat sendiri atau menggunakan tempe yang sudah jadi di pasaran untuk lebih ringkasnya.

"Kalau mendoan itu yang penting tempenya bisa diiris tipis, tetapi kadang sesuai selera aja bisa ada yang mau tebel juga," jelas President of Association of Culinary Professionals sekaligus Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat mendoan selain tempe adalah adonan dari tepung serta bumbu dan minyak goreng. Adonan tepung tidak terlalu kental alias agak encer.

Siapkan garam, lada, ketumbar, bawang putih, dan sedikit gula lalu ulek sampai lembut. Masukkan bumbu tersebut ke dalam tepung dan air, aduk sampai rata. Tambahkan potongan daun bawang.

Sementara untuk teknik menggorengnya, cukup sederhana. Mendoan merupakan tempe goreng setengah matang, maka dari itu tidak perlu digoreng terlalu lama.

Langkah dalam menggoreng tempe, pertama kamu perlu memanaskan minyak. Setelah minyak panas bisa masukan tempe yang sudah dilumuri adonan tepung, lalu goreng hingga setengah matang.

Tekstur tempe akan lemas dan sedikit lembek, tidak garing. Rasa khas tempe akan berpadu dengan pas bersama rasa gurih dari ketumbar dan bawang putih.

Mendoan sangat nikmat saat disantap hangat-hangat bersama irisan cabai yang dicampur kecap manis.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/04/212900427/resep-membuat-tempe-mendoan-khas-banyumas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke