Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TRAVEL] Paspor Elektronik | 10 Kuliner Legendaris di Malang

Adapun empat berita tersebut, yakni waktu yang disarankan untuk mengganti paspor, cara ganti paspor biasa ke elektronik.

Kemudian penegasan istilah penggantian paspor, bukan perpanjangan, lalu pengalaman buat paspor baru di ULP Semanggi yang hanya makan waktu 10 menit.

Untuk lengkapnya, berikut lima berita populer Travel Kompas.com pada 5 Maret 2020.

Sebab, pemilik harus mengganti paspor lamanya ke paspor baru agar kembali bisa digunakan.

Lalu kapan waktu yang baik untuk mengganti paspor?

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat Sigit Adikya Putra menjelaskan, waktu yang diperbolehkan untuk mengganti paspor yaitu sekurang-kurangnya enam bulan sebelum masa berlaku habis.

"Bukan perpanjang paspor ya, tapi diganti karena nomor paspornya pun akan baru, dan masa berlaku akan ditambahkan," kata Sigit kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Rentang waktu tersebut bukan tanpa alasan. Biasanya hampir di setiap negara mengharuskan pendatang memiliki paspor dengan masa berlaku paling sedikit tersisa enam bulan.

Baca selengkapnya di sini.

Hal tersebut bisa saja kamu lakukan tanpa perlu menunggu enam bulan sebelum masa berlaku habis.

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat Sigit Adikya Putra mengatakan, masyarakat bisa mengganti kapan saja paspor biasa lama non elektronik ke e-paspor.

"Khusus pemilik paspor yang diterbitkan di atas 2009, kalau mau penggantian ke paspor elektronik, persyaratannya cukup E-KTP dan paspor lama," kata Sigit kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Sigit melanjutkan, tahapan atau alurnya juga sama seperti ketika membuat paspor baru. Namun yang membedakan hanya persyaratan saja yang lebih sedikit.

Baca selengkapnya di sini.

Banyak publik yang bingung apakah perpanjangan paspor dan penggantian paspor adalah suatu hal yang berbeda.

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Jakarta Pusat Sigit Adikya Putra menegaskan, tidak ada istilah perpanjangan paspor, namun penggantian paspor.

"Hal ini karena pemohon paspor akan diberikan nomor paspor yang baru dengan masa berlaku yang sudah ditambahkan jadi lima tahun lagi," kata Sigit ketika ditemui di Unit Layanan Paspor Plaza Semanggi Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

Baca selengkapnya di sini.

Saya sudah berencana membuat paspor sebagai persiapan jika suatu waktu pergi ke luar negeri.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengunduh aplikasi Apapo atau Antrian Paspor Online lewat Google Play Store untuk Android atau Appstore untuk iPhone.

Pengunduhan aplikasi merupakan cara pertama dalam langkah-langkah sebelum datang ke kantor Imigrasi terdekat.

Baca selengkapnya di sini.

Dari rawon, pecel, bakso hingga sate bisa memeriahkan agenda jelajah kulinermu di kota berhawa sejuk ini.

Beberapa rekomendasi tempat makan legendaris di Kota Malang yang bisa masuk dalam itinerary liburanmu, seperti Toko Oen, Bakso President hingga Depot Hok Lay.

Baca selengkapnya di sini.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/05/062232727/populer-travel-paspor-elektronik-10-kuliner-legendaris-di-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke