Salin Artikel

Kampanye Traveling Sehat ala Citilink, Berikan Jamu kepada Penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink tengah mengampanyekan Traveling Sehat kepada setiap penumpangnya.

Citilink mengajak serta beberapa media untuk melihat langsung kampanye tersebut pada penerbangan Jakarta-Denpasar, Kamis (5/3/2020).

Adapun kampanye ini dilakukan dengan beberapa program yaitu pengadaan hand sanitizer di ruang tunggu bandara, kantor customer service Citilink, dan dalam lavatory pesawat.

Direktur Utama Citilink Juliandra menjelaskan bahwa kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat.

"Gaya hidup dengan mobilitas tinggi ini menuntut masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatannya selama perjalanan agar terhindar dari penyebaran berbagai macam penyakit," kata Juliandra.

Dalam kampanye ini, Citilink juga membagikan minuman herbal kepada penumpang di berbagai penerbangan di antaranya dari Jakarta menuju Denpasar, Batam, Medan, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru.

Kemudian, penerbangan dari Surabaya menuju Balikpapan, Batam, Kupang dan Pontianak.

"Beruntung wilayah Indonesia memiliki tanah yang subur, sehingga mudah ditemui rempah-rempah yang bermanfaat bagi kesehatan. Rempah-rempah berfungsi sebagai antibodi bagi manusia untuk meningkatkan daya tahan tubuh," tambah Juliandra.

VP Marketing and Distribution Channel Citilink Amalia Yaksa mengatakan kampanye Traveling Sehat akan berjalan mulai awal Maret hingga awal April.

"Berlaku untuk keberangkatan dari bandara Soekarno-Hatta, nantinya akan kami tambah di beberapa bandara salah satunya keberangkatan dari bandara Surabaya," kata Amalia kepada Kompas.com di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (5/3/2020).

Selain pengadaan hand sanitizer, penumpang juga akan diberikan minuman herbal wedang jahe ketika penerbangan.

Pemberian minuman herbal ini bukan tanpa alasan. Wabah virus Corona membuat masyarakat kembali beralih ke minuman herbal khas Indonesia seperti jahe, kunyit, temulawak dan lainnya.

"Kan selama ini tips-tips traveling itu hanya lebih ke barang-barang yang dibawa. Nah, sekarang kita tengah kampanye Traveling Sehat untuk mengajak masyarakat mengonsumsi vitamin dari minuman herbal Indonesia ini," ujarnya.

Salah satu penumpang penerbangan ini, Dewi mengaku senang dengan adanya kampanye Traveling Sehat.

Ia mengatakan sebelum adanya virus corona pun sudah sering mengonsumsi minuman herbal.

"Saya udah sering minum jahe, karena memang berguna untuk kesehatan apalagi pas di pesawat kan dingin," katanya.

Ia berharap, kampanye seperti ini terus digalakkan pada pesawat tidak hanya ketika musim wabah penyakit saja.

"Ya terus ada saja harapannya, karena berguna bagi penumpang. Kan buat menguatkan daya tahan tubuh juga," ujarnya.

Adapun hand sanitizer telah tersedia di 37 bandara yang saat ini diterbangi Citilink serta disediakan juga di 61 pesawat Citilink.

Selain itu, Citilink juga mengkampanyekan cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, mengonsumsi makanan bergizi, memerhatikan travel warning sebelum bepergian, menggunakan masker kesehatan bila kurang sehat.

Penumpang juga diimbau untuk menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Kemudian, jika merasa kurang sehat segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Tak hanya itu, dalam penerbangan juga dijelaskan beberapa tips pola hidup bersih sehat atau PHBS.

Dejandra Deri, dokter yang menjelaskan tips tersebut dalam penerbangan Jakarta-Denpasar menjelaskan ada 7 PHBS.

"Pertama itu kita harus rajin cuci tangan dengan air bersih, mengalir, dan memakai sabun," ujarnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/05/180317127/kampanye-traveling-sehat-ala-citilink-berikan-jamu-kepada-penumpang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.