Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kuliner Legendaris Ramah Muslim di Bali, Ada Sajian Bebek Dimasak Belasan Jam

JAKARTA, KOMPAS.com  - Keindahan Pulau Dewata bukan hanya sebatas alamnya saja, tetapi cita rasa dari ragam kulinernya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Jika berlibur ke Bali, kamu tak perlu khawatir mengenai makanan. Pulau Dewata menawarkan sejumlah kuliner legendaris ramah muslim. Dari olahan ikan, ayam betutu, bebek timbungan, sampai nasi campur.

Kamu bisa membebaskan diri untuk jelajah kuliner di Bali. Berikut 10 rekomendasi tempat kuliner legendaris ramah muslim di Bali.

Sambal nikmat dari warung ini berhasil membawanya menjadi salah satu ikon ternama di kawasan Sanur.

Saat ke sini di musim liburan jangan kaget dengan panjangnya antrean, hal itu adalah pemandangan yang lumrah di Warung Mak Beng.

Terletak di Jalan Hang Tuah No 45, Sanur, Denpasar, warung ini tidak pernah sepi pengunjung dari siang hingga malam.

Warung Mak Beng terkenal dengan sup ikan dan ikan goreng sederhananya, keduanya dilengkapi dengan sambal pedas.

Semangkuk sup ikan berisi kuah yang segar dan terdapat timun di dalamnya, sedangkan tekstur ikannya padat dan gurih.

Semuanya berpadu sempurna dengan sambal khas Warung Mak Beng yang mirip dengan sambal bajak beraroma terasi.

Seporsi sup, ikan goreng, dan nasi dihargai Rp 40.000-an. Warung Mak Beng buka pukul 08.00 hingga 22.00 WITA.

Nasi campur, hidangan andalan dari Warung Wardani. Terdapat paket nasi campur anak, nasi campur 1,2,3 dan nasi campur komplet. Satu porsi harganya sekitar Rp 50.000.

Sepiring nasi campur komplet terdiri dari ayam bakar suwir, dendeng balado, udang krispi, rendang, telur, dan tempe goreng kentang.

Lalu juga ada sayur kalasan, sayur nangka, sate sapi, sate lilit, dan pastinya sambal.

Kamu yang ingin menikmati sajian di Warung Wardani bisa langsung pergi ke Jalan Yudistira No. 2, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Denpasar.

Selain itu juga ada cabang di Jalan  Waringin No. 3 Kuta. Patokannya berada di sebelah utara patung kuda Bandara Ngurah Rai.

Warung ini melayani pengunjungnya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

Banyak yang bilang, belum ke Bali kalau belum ke Jimbaran. Kawasan ini cocok bagi kamu pecinta seafood.

Sepanjang bibir Pantai Jimbaran dilengkapi meja dan kursi yang tertata rapi dan siap 'menyambut' pengunjung.

Jimbaran terdiri dari deretan rumah makan yang menyediakan menu makanan laut. Kamu bisa mencicipi lobster, kepiting, aneka kerang, aneka jenis udang, macam-macam ikan bakar, cumi dan masih banyak lagi.

Jimbaran mulai ramai pada jam makan malam atau sesudah matahari terbenam. Kamu akan merasakan sensasi menikmati hidangan laut dengan suara ombak Pantai Jimbaran di malam hari.

Harga yang dipatok setiap restoran bervariasi sesuai dengan jenis biota laut yang dipilih dan berapa beratnya.

Siapa yang tidak tahu mengenai Bebek Tepi Sawah? Kalau begitu cobalah mampir dan mencicipi krispinya bebek goreng yang dihidangkan dengan side dish khas Bali.

Makanan terkenal dari Ubud ini terdiri dari bebek setengah ekor ditemani dengan nasi putih, sayur kacang panjang yang diberi bumbu santan, lalu tidak lupa tiga macam sambal.

Bebek Tepi Sawah telah memiliki cabang di beberapa kota besar di Indonesia. Namun tidak ada salahnya jika langsung mencoba bebek di tepi sawah dengan nuansa Desa Ubud yang khas.

Untuk menikmati satu porsi paket bebek tepi sawah lengkap, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 135.000.

Kamu juga bisa menikmati hidangan lain seperti bebek betutu, ayam terasi, udang bumbu kuning dan makanan Indonesia lainnya.

Rumah makan Bebek Tepi Sawah yang wajib dikunjungi saat berada di Bali berada di Jalan Raya Goa Gajah, Br. Teges, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Warung Made sudah melayani pengunjungnya sejak 1969-an. Tempat kuliner legendaris ini menyediakan makanan khas Bali, Indonesia, masakan western hingga Jepang.

Makanan yang terkenal dari Warung Made adalah nasi campurnya. Kamu bisa memilih varian nasi campur seperti nasi campur ayam to-too, nasi campur bebek to-too dan masih banyak lagi.

Selain hidangan nasi campur, Warung Made kini memiliki pilihan makanan lain.

Kamu bisa menemukan sup tom yam, salat vietnam, aneka sate lilit, aneka pasta, pepesan ikan khas Bali dan masih banyak lagi.

Harga sajian di Warung Made berkisar dari Rp 20.000 hingga Rp 300.000. Warung Made terletak di Jalan Raya Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Warung Made juga memiliki cabang di penjuru Bali.

Bebek Bengil merupakan salah satu tempat kuliner legendaris di Bali. Restoran dengan hidangan andalan bebek ini sudah berdiri sejak 1990-an.

Restoran bebek bengil yang original terletak di Ubud Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Bali.

Selain bebek krispi dan garing, di Bebek Bengil pengunjung juga bisa menyantap hidangan lain seperti nasi campur bebek, nasi goreng bebek, nasi campur bali, nasi campur vegetarian, bebek palalah dan lain-lain.

Bebek Bengil juga menyediakan aneka hidangan penutup yang menggugah selera. Selain itu juga ada makanan bergaya barat hingga tumpeng. Harga hidangan di restoran ini mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 350.000.

Selain digoreng dan disajikan bersama nasi campur, Bali punya salah satu hidangan bebek yang sudah mulai langka yaitu bebek timbungan.

Pada kuliner ini, bebek diolah secara tradisional yang memakan waktu lebih dari 12 jam.

Proses lama tersebut lantaran memakai bebek yang sudah tua dan dimasak menggunakan api kecil. Semula, kuliner khas Bali ini hanya dihidangkan pada ritual adat.

Untuk mencicipi bebek timbungan, kamu bisa mampir ke Restoran Bebek Timbungan – Balinese Heritage Cuisine yang berada di Secret Garden Village, Bedugul, Bali.

Seporsi bebek timbungan dihargai Rp 125.000 untuk separuh ekor dan Rp 215.000 untuk satu ekor utuh.

Ayam betutu merupakan makanan khas Bali yang sudah sangat terkenal. Cita rasa pedas membuat sajian ini semakin digemari terutama bagi para pecinta pedas.

Restoran ayam betutu yang terkenal adalah Ayam Betutu Gilimanuk yang berlokasi di Jalan Raya Tuban, Bali.

Ayam disajikan dengan tumis kacang panjang dengan bumbu santan dan aneka sambal yang bisa membangkitkan selera makan, ditambah kacang goreng.

Satu ekor ayam betutu dijual dengan harga Rp 110.000-an. Ayam Betutu Gilimanuk buka pukul 10.00-22.00 WITA.

Kamu juga bisa memesan tempe goreng dan tahu goreng dengan sambal hijau. Lalu ada plecing kangkung yang juga nikmat.

Nasi Campur Bali Sukreni berada di Jalan Kediri, Kuta, Bali. Rumah makan ini buka dari pukul  07.30 hingga 23.00 WITA.

Di antaranya lauk pauk ayam, urap, sayur lodeh, usus goreng, kulit ayam yang renyah, tempe manis dan masih banyak lagi. Semuanya ditata di lemari kaca, memudahkan pengunjung untuk memilih.

Harganya bervariasi sesuai dengan lauk yang dipilih untuk disantap, sekitar Rp 25.000-an.

Nasi pedas biasanya dinikmati oleh wisatawan domestik. Sebab rasa makanan yang sangat pedas, membuat wisatawan luar negeri sulit menikmati hidangan satu ini.

https://travel.kompas.com/read/2020/03/05/200300827/10-kuliner-legendaris-ramah-muslim-di-bali-ada-sajian-bebek-dimasak-belasan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke